Senin, Juli 22, 2024
Lainnya
    Tips & TrikApa Itu Warna Monokrom, Ini 5 Pilihannya

    Apa Itu Warna Monokrom, Ini 5 Pilihannya

    Warna monokrom bukan cuma hitam dan putih. Ini di lima pilihan warna monokromatik lainnya sebagai alternatif.

    OLX News – Kamu sering mendengar istilah “warna monokrom”, tapi belum yakin apa sih sebenarnya konsep warna yang satu ini?

    Sebetulnya, definisi warna monokrom atau skema warna monokromatik sederhana saja. Istilah ini berarti skema warna yang didasarkan pada satu warna dasar atau satu hue tunggal dan variasi tint, shade, serta tone yang berbeda.

    Misalnya, kalau kamu memilih warna biru sebagai warna dasar, kamu bisa menggunakan berbagai nuansa biru, mulai dari biru muda sampai biru gelap, serta variasi yang berbeda dari berbagai versi terang dan gelap warna tersebut. Inilah yang dinamakan warna monokromatik.

    5 Pilihan Warna Monokrom selain Hitam Putih

    Banyak orang salah kaprah mengira kalau hitam putih adalah satu-satunya skema warna monokrom. Padahal, secara teknis, warna monokrom mencakup semua variasi dari satu warna dasar dengan menggunakan tint, shade, dan tone aneka ragam.

    Dengan begitu, warna monokromatik bisa diterapkan pada warna apa pun, tidak terbatas pada hitam putih saja. Contoh pilihan warna monokrom lainnya yaitu:

    1. Ungu

    Untuk menciptakan suasana yang elegan dan mewah di dalam rumah, kamu bisa mengaplikasikan skema warna monokromatik ungu.

    Untuk dinding dan langit-langit, contohnya, gunakan warna ungu pastel untuk dinding utama sebagai efek lapang dan cerah. Kemudian, tambahkan aksen dengan warna ungu yang lebih gelap di satu dinding sebagai background-nya.

    Kamu bisa mewarnai langit-langit dengan ungu pucat untuk menambah depth tanpa membuat ruangan terasa tertutup.

    2. Merah

    Warna merah cenderung mencolok. Maka, tidak sedikit orang yang menghindari warna ini untuk desain interior. Padahal, kalau tidak berlebihan, warna monokrom merah justru bisa memberikan nuansa hangat dan bersemangat.

    Contoh palet warna merah monokromatik antara lain merah marun (untuk elemen utama seperti sofa), merah bata (untuk furnitur), merah muda (untuk aksesoris seperti bantal dan tirai), dan dusty red (untuk elemen yang lebih halus dan lembut).

    Dengan variasi ini, kamu bisa menghindari kesan mencolok warna merah sambil tetap menciptakan desain interior yang rich dan balanced.

    3. Hijau

    Ciptakan suasana segar, alami, dan menenangkan menggunakan warna monokrom hijau. Faktanya, ada banyak variasi warna ini yang bisa kamu gunakan untuk memperkaya estetika ruangan tanpa terasa membosankan.

    Contohnya, untuk area dapur, gunakan cat hijau sage untuk kabinet. Sementara itu, meja makan dengan aksen hijau bisa menjadi focal point yang menarik. Kemudian, pilih peralatan makan dan aksesoris dengan berbagai nuansa hijau untuk menyatukan tampilan secara keseluruhan.

    4. Kuning

    Warna kuning adalah warna yang cerah, hangat, namun penuh energi. Karena karakteristiknya yang ceria dan memancarkan semangat inilah warna monokrom kuning cocok diaplikasikan di ruangan-ruangan tertentu, seperti kamar anak-anak.

    Untuk itu, gunakan warna kuning pastel pada dinding lalu tambahkan kuning cerah di tempat tidur, mainan, dan dekorasi dinding. Kamu juga bisa mencampurkan kuning dengan warna-warna lain seperti putih untuk membuat keseluruhan look lebih seimbang.

    5. Abu-Abu

    Siapa bilang warna monokrom abu-abu ngebosenin? Ternyata, ada beberapa trik yang bisa kamu terapkan untuk menciptakan desain interior yang menarik dan dinamis menggunakan skema warna monokromatik abu-abu. Seperti menggunakan berbagai versi abu-abu, mulai dari abu-abu muda sampai abu-abu gelap.

    Atau mencampurkan berbagai tekstur seperti wol, kulit, atau beludru dalam elemen dekoratif seperti sofa, karpet, dan gorden. Tekstur yang berbeda akan menambah estetika visual serta memecah efek monoton warna abu-abu.

    Kalau kamu mau menyontek inspirasi warna monokrom di atas, kamu tidak perlu repot-repot lagi ke toko. Pasalnya, belanja cat sekarang lebih mudah dengan aplikasi OLX

    Yuk, download sekarang di Google Play Store atau App Store dan jelajahi ribuan penawaran dari penjual tepercaya di OLX!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait