Jumat, Mei 31, 2024
Lainnya
    InformasiApa Perbedaan Nomor KTP dan NIK 2023? Cek di Sini

    Apa Perbedaan Nomor KTP dan NIK 2023? Cek di Sini

    Kartu Tanda Penduduk (KTP) adalah salah satu dokumen penting. Seperti dokumen resmi pada umumnya, KTP juga memiliki nomor. Sedangkan di KTP sendiri juga tertera Nomor Induk Kependudukan (NIK).

    News.OLX – Apa perbedaannya nomor KTP dan NIK 2023?

    NIK

    NIK merupakan nomor induk yang dimiliki setiap penduduk warga negara Indonesia. Aturan mengenai NIK diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan.

    Diberlakukannya Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan PP Nomor 40 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Undang-undang Administrasi Kependudukan.

    Dalam NIK terdiri atas 16 digit dan nomor identitas penduduk yang bersifat unik dan khas, tunggal, serta melekat pada seseorang (dan hanya pada orang itu) sepanjang masa yang terdaftar sebagai penduduk Indonesia, yang mana NIK tidak dapat diubah sampai orang tersebut meninggal dunia.

    KTP

    Kartu Tanda Penduduk (KTP) wajib dimiliki setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah menginjak usia 17 tahun. Selain berisi informasi pribadi seperti nama, tempat tanggal lahir, dan alamat, KTP juga memuat Nomor Induk Kependudukan (NIK).

    Meski fungsinya sangat penting, tak sedikit masyarakat yang masih bingung nomor KTP yang mana. Agar tidak keliru, kamu perlu mengetahui letak penulisan nomor KTP. Angka ini berada di bagian paling atas KTP, tepatnya di samping tulisan “NIK”.

    Biasanya, masyarakat juga menyebut NIK dengan nomor KTP.

    Perbedaan nomor KTP dan NIK

    Jika kamu bingung apa perbedaan nomor KTP dan NIK, mulai sekarang kamu sudah bisa tidur nyenyak. Hal ini karena nomor KTP adalah sebutan lain dari NIK. Keduanya merupakan hal yang sama.

    Terlebih di KTP, memang hanya tertera NIK, tidak ada nomor lain. Jika tidak percaya, coba cocokan Nomor KTP mu dengan NIK yang tertera di Kartu Keluarga (KK). Tentunya akan sesuai.

    Pada dasarnya kegunaan NIK atau nomor KTP ini menjadi sangat penting untuk proses administrasi dan urusan surat menyurat. Bahkan, ini sangat penting untuk proses pembuatan SIM A maupun SIM C.

    Kunjungi OLX atau unduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store untuk mendapatkan informasi terbaru tentang otomotif lainnya.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait