Jumat, Mei 31, 2024
Lainnya
    InformasiAstra International (ASII), Ini Sejarah dan Profil Singkatnya

    Astra International (ASII), Ini Sejarah dan Profil Singkatnya

    Penasaran dengan profil dan sejarah Astra International atau ASII hingga sebesar sekarang? Yuk, cek informasinya!

    News.OLX – Astra International (ASII) merupakan salah satu perusahaan perdagangan umum terbesar Indonesia yang memiliki banyak segmen usaha. Dengan kesuksesannya sekarang, kamu mungkin penasaran dengan profil maupun sejarah ASII.

    Nah, untuk memenuhi rasa penasaran kamu, kami sudah merangkum beberapa penjelasan penting pada artikel di bawah ini. Yuk, simak informasinya!

    Profil Astra International (ASII)

    Sebelum memasuki sejarah Astra International, mari kita kupas sedikit mengenai profilnya lebih dahulu, agar kamu paham apa sebenarnya Astra.

    Jadi, Astra berdiri pertama kali tahun 1957 di Jakarta bernama Astra International Inc dan bergerak sebagai perusahaan perdagangan umum. Lalu, perusahaan ini melakukan pergantian nama di tahun 1990 sebagai PT Astra International Tbk.

    Pergantian nama ini bertujuan agar bisa melakukan menawarkan saham persereoan kepada umum dan mencatatkannya di BEI (Bursa Efek Indonesia) memakai tiket ASII.

    Setelah itu, Astra terus berkembang hingga mampu menjalankan tujuh tipe usaha di 286 anak perusahaannya, seperti:

    • Properti
    • Otomotif
    • Alat berat pertambangan, konstruksi, dan energi
    • Jasa keuangan
    • Infrastruktur dan logistic
    • Agribisnis
    • Teknologi Informasi

    Karena banyaknya bidang usaha yang dijalankan oleh Astra, maka tidak mengherankan jika perusahaan ini mampu menggapai berbagai sudut kehidupan di Indonesia.

    Berkat usaha keras dan konsistensinya dalam menjalankan berbagai usaha, maka tidak mengherankan, jika Astra menjadi salah satu grup paling besar di Indonesia dan memiliki reputasi yang baik.

    Astra Internasional

    Sejarah Awal Astra International

    Setelah resmi berdiri di Indonesia, Astra International telah melewati beberapa perjalanan panjang.

    Pertama, di tahun 1969, secara resmi Astra menjadi distributor Toyota di kawasan Indonesia. Lalu, setahun kemudian, grup  ini berhasil mendapatkan posisi distributor tunggal untuk mesin perkantoran Xerox dan motor keluaran Honda.

    Setelah menjalankan usahanya selama beberapa tahun, ASII mulai mengembangkan sayapnya untuk menolong perusahaan yang masih berada dalam skala kecil hingga menengah dengan mendirikan YDBA (Yayasan Dharma Bhakti Astra).

    Pada tahun 1989, akhirnya Astra membangun AETC (Astra Training Executive Centre), yang lalu berubah nama sebagai AMDI (Astra Management Development Institute).

    Memasuki era 1990, Astra membuat fasilitas yang memudahkan pegawainya untuk melakukan simpan pinjam dengan mendirikan Koperasi Astra International. Lalu ,di tahun yang sama, mereka akhirnya menerbitkan hingga tiga puluh juta lembar saham yang tercatat di Bursa Efek Jakarta dan Surabaya.

    Pada rentang 1999 hingga 2000, Astra melakukan empat hal penting, yaitu penandatanganan kesepakatan restrukturisasi hutang tahap satu, peluncuran Daihatsu Taruna melalui Astra Daihatsu Motor, serta melakukan strukturisasi bisnis motor dan BMW.

    Perkembangan Astra International Sekarang

    Memasuki tahun 2001 hingga 2010, Astra International terbilang sangat aktif mengembangkan usaha dan berperan dalam memajukan bangsa Indonesia.

    Di rentang ini, beberapa hal yang sudah dilakukan oleh Astra International adalah:

    • Peluncuran SATU (Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia).
    • Produksi motor ke-25 juta.
    • Peluncuran kapal ketiga dari PT, Toyofuji Serasi Indonesia, bernama MV SERASI III.
    • Pengoperasian PT. Patria Maritime Lines oleh PT. United Tractors Pandu Engineering.
    • Penerbitan obligasi pada beberapa anak perusahaan.
    • Pembangunan pabrik baru.

    Tidak cukup sampai di situ, hingga sekarang pun ASII terus melakukan berbagai terobosan mengagumkan dalam berbagai bidang. 

    Beberapa di antaranya berkaitan dengan investasi dan akuisisi saham, peluncuran aplikasi pembayaran digital, mendirikan perusahaan baru, pengembangan gudang logistik modern, dan lainnya.

    Nah, setelah tahu beberapa profil dan sejarah ASII atau Astra International, kamu dapat singgah dulu ke laman OLX untuk menemukan berbagai barang dan kendaraan bekas menarik. Untuk akses lebih mudah, unduh aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait