Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    InformasiJasa & KeuanganAsuransi Astra Gelar Workshop Muda Mudi di Universitas Indonesia

    Asuransi Astra Gelar Workshop Muda Mudi di Universitas Indonesia

    Acara Muda Aman Mengemudi & Paham Literasi Keuangan Sedari Dini atau Muda Mudi, merupakan acara yang diinisiasi oleh Garda Oto, produk asuransi kendaraan dari Asuransi Astra

    News.OLX – Jumlah kendaraan bermotor terus mengalami peningkatan khususnya di Ibu Kota sebagai jantung para generasi muda berkelana.

    Hal ini disebabkan oleh tren kepemilikan kendaraan pribadi yang semakin marak, yang kemudian menjadi tolak ukur eksistensi anak muda sehingga mereka berlomba-lomba untuk memiliki kendaraan pribadi.

    Beberapa diantaranya bahkan belum sepenuhnya memahami ilmu berkendara yang baik dan benar. Situasi tersebut sering memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas.

    Berdasarkan data yang diperoleh Polda Metro Jaya terkait jumlah kasus kecelakaan di DKI Jakarta berhasil menyentuh angka 8.254 kasus sejak Januari hingga Agustus 2023.

    Angka tersebut mengalami kenaikan sekitar 43 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

    Asuransi Astra sebagai perusahaan asuransi yang dapat diandalkan berupaya untuk meminimalisir risiko dan angka kecelakaan lalu lintas tersebut dengan menghadirkan edukasi defensive driving yang bekerja sama dengan The Real Driving Center (RDC) dan literasi manajemen finansial kepada para anak generasi muda dalam Workshop Muda Mudi yang dilakukan di Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Indonesia (UI) (21/11).

    Acara Muda Aman Mengemudi & Paham Literasi Keuangan Sedari Dini (Muda Mudi) merupakan acara yang diinisiasi oleh Garda Oto, produk asuransi kendaraan dari Asuransi Astra untuk mendukung sekaligus menyosialisasikan kampanye keselamatan berkendara #AlwaysDriveSafely Garda Oto yang telah tercanangkan selama 14 tahun lamanya.

    Berhasil terlaksana di beberapa universitas di Jakarta, acara ini tak hanya memberikan edukasi keselamatan berkendara namun juga dilengkapi dengan literasi keuangan sebagai bentuk dukungan peningkatan literasi keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

    Tak hanya dibungkus dengan kelas seminar, Muda Mudi juga menyuguhkan booth aktivasi sebagai bagian dari literasi dan pengenalan beragam produk dan layanannya melalui games berhadiah yang dapat diikuti para mahasiswa.

    Edukasi Defensive Driving

    Kasus kecelakaan di DKI Jakarta dianggap sangat mengkhawatirkan. Dari sekian banyak faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas, salah satu penyebab terbesar adalah kelalaian pengemudi ketika di jalan.

    Oleh karena itu, guna mengurangi risiko dan penyebab terjadinya kecelakaan, Asuransi Astra memberikan edukasi defensive driving yang disampaikan oleh The Real Driving Center (RDC) Trainer, Marcell Kurniawan.

    Dalam materinya, Marcell menjelaskan pentingnya melakukan persiapan sebelum berkendara, saat berkendara, hingga sebelum meninggalkan kendaraan yang dilengkapi dengan tips guna memudahkan para peserta.

    Marcell juga menekankan tak hanya kondisi kendaraan yang perlu dipastikan, namun juga keadaan lingkungan hingga kondisi fisik serta mental pengemudi.

    Penyampaian materi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman mengenai risiko berkendara sehingga menciptakan perilaku proaktif bagi generasi penerus bangsa agar selalu mengutamakan keselamatan dan bertanggung jawab di jalan raya.

    Literasi Manajemen Keuangan

    Asuransi Astra Gelar Workshop Muda Mudi

    Pada sesi selanjutnya, yaitu literasi keuangan disampaikan secara langsung oleh Business Unit Manager 4W 2W, Account Management Asuransi Astra, Andreas Imanuel Tobing.

    Topik yang diangkat pun telah menyesuaikan kebutuhan para anak muda mengenai pengelolaan keuangan yang baik melalui penjelasan sebab dan akibat terjadinya masalah finansial pada masa kini, yang biasanya mengacu pada sisi konsumtif yang dapat dihindari.

    Kemudian ditutup dengan solusi hingga tips agar lebih cerdas dalam mengelola keuangan guna terbebas dari krisis finansial untuk masa depan.

    Untuk melengkapi pesan yang ingin disebarkan, materi juga mendorong para anak muda untuk berani melindungi diri dan aset dari berbagai risiko yang merugikan.

    “Kecelakaan hingga kerugian yang diakibatkan dapat diminimalisir atau bahkan dihindari sepenuhnya sebelum terjadi. Sebagai langkah awal dalam mengupayakannya dapat dimulai dengan membekali diri mengenai pengetahuan keselamatan berkendara agar terciptanya perilaku bijak dan penuh informasi yang baik,” ujar Head of PR, Marcomm, & Event Asuransi Astra, Laurentius Iwan Pranoto.

    “Untuk menyempurnakannya, dapat dengan memberikan perlindungan terbaik sebelum risiko terjadi agar terhindar dari kerugian dan pengelola keuangan tetap berjalan dengan baik,” lanjutnya.

    Harapannya, acara Muda Mudi di UI ini dapat memberikan manfaat dan rasa tanggung jawab lebih baik bagi mahasiswa yang sering berkendara agar dapat memberikan peace of mind yang tidak hanya dapat dirasakan diri sendiri namun juga orang lain.

    Asuransi Astra menawarkan berbagai macam asuransi untuk memberikan perlindungan untuk diri sendiri, keluarga hingga aset pribadi.

    Untuk kebutuhan pribadi, asuransi mobil Garda Oto hadir untuk aset kendaraanmu, melalui aplikasi myGarda, para pelanggan dapat dengan mudah melakukan proses pembelian dan upgrade polis hingga mengajukan klaim di mana pun dan kapan pun.

    Selain itu, asuransi kesehatan perorangan berbasis platform digital Garda Healthtech juga kami hadirkan untuk memenuhi kebutuhan perlindungan kesehatan seperti memudahkan proses pembelian polis, melakukan konsultasi dengan dokter hingga penebusan obat. Serta perlindungan lainnya seperti asuransi perorangan Garda Me, asuransi biaya pendidikan anak Garda Edu, asuransi rumah dan properti Garda Home, dan asuransi perjalanan Garda Trip yang akan memberikan perlindungan ekstra dan rasa peace of mind kepada pelanggan. Seluruh produk asuransi dapat dibeli melalui website gardaoto.com.

    Dapatkan informasi tentang mobil Wuling bekas dengan kondisi terbaik hanya di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait