Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    ReviewAwas Salah Beli, Ini Fungsi Microwave dan Oven

    Awas Salah Beli, Ini Fungsi Microwave dan Oven

    Oven dan microwave memiliki fungsi yang sangat berbeda. Ketahui perbedaan fungsi keduanya di sini!

    News.OLX Oven dan microwave memang memiliki tampilan dan fungsi yang mirip, yaitu untuk memanaskan. Namun, sebetulnya keduanya memiliki fungsi spesifik yang berbeda, lho.

    Lantas, fungsi apa  yang membuat keduanya berbeda? Simak selengkapnya dalam rangkuman tentang perbedaan microwave dan oven di bawah ini.

    Fungsi Microwave

    Sesuai namanya, microwave ini menggunakan radiasi gelombang mikro untuk menghasilkan panas. Karena frekuensinya mikro, panas yang microwave hasilkan tidak akan bisa membuat reaksi kimia seperti halnya penggorengan, pencoklatan atau pemanggangan.

    Sehingga, fungsi dari microwave sendiri memang tidak diperuntukkan untuk memasak sesuatu. Melainkan hanya untuk memanaskan makanan agar kembali hangat seperti frozen food

    Microwave juga seringkali orang gunakan untuk mencairkan sesuatu, misalnya seperti bahan makanan yang berasal dari freezer

    Namun, terkadang memang ada yang menggunakan microwave untuk memasang mie instan atau mie cup. Meski begitu, hasilnya tentu akan berbeda dari proses memasak di atas kompor.

    oven (1)

    Fungsi Oven

    Berbeda dengan microwave, panas yang oven hasilkan ini lebih tinggi. Karena itu, peralatan dapur yang satu ini bisa kamu gunakan untuk memasak sesuatu. Namun, penggunaan utamanya biasanya adalah untuk memanggang.

    Selain memasak, peralatan yang satu ini juga bisa kamu gunakan untuk memanaskan makanan. Tentunya, dengan mengatur suhunya agar lebih rendah dengan waktu yang lebih pendek juga.

    Karena fungsinya yang beragam, tipenya pun juga cukup beragam. Misalnya ada yang menggunakan listrik, gas, api dan sebagainya. Material yang digunakan juga tidak selalu besi, ada yang berupa tungku seperti alat pemanggangan pizza.

    Perbedaan Microwave dan Oven

    Tidak sedikit orang yang salah mengira microwave sebagai oven listrik, begitu pun sebaliknya. Bila dilihat sepintas, keduanya memang memiliki tampilan yang hampir mirip.

    Namun, sebetulnya keduanya memiliki perbedaan di beberapa bagian sebagai berikut.

    1. Ukuran

    Perbedaan microwave dan oven yang pertama adalah pada ukuran atau kapasitas ruang di dalamnya. Karena penggunaan microwave ini lebih untuk menghangatkan makanan, kapasitasnya pasti tidak melebihi 30L.

    Sedangkan, oven memiliki kapasitas ruang yang lebih besar karena penggunaannya untuk memasak makanan. Namun, besaran pastinya ini tergantung pada jenisnya apakah gas, listrik dan sebagainya.

    2. Proses Pemanasan

    Perbedaan kedua terletak pada proses pemanasannya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, panas pada microwave ini berasal dari gelombang elektromagnetik dengan frekuensi mikro.

    Sehingga, panas akan diserap oleh makanan dan memanaskan dari bagian dalam lebih dulu. Sedangkan, oven menggunakan listrik maupun gas untuk menghasilkan panas yang tersebar ke permukaan makanan. Dengan begitu, makanan akan mulai matang dari bagian luar lebih dulu.

    3. Fitur

    Fitur yang tersedia pada kedua peralatan ini sebetulnya tidak terlalu berbeda. Pada microwave, kamu akan menemukan pengaturan suhu dalam bentuk level seperti low, medium, medium high dan high.

    Selain itu, ada pula pengaturan timer dan pemilihan fitur untuk memanaskan, defrost dan sebagainya. Sedangkan, oven umumnya hanya memiliki fitur pengaturan suhu dan timer.

    4. Konsumsi Daya

    Meskipun microwave menggunakan gelombang mikro, nyatanya peralatan ini mengonsumsi lebih banyak daya dari oven. Namun, proses pemanasannya jauh lebih cepat karena memanaskan makanan dari bagian dalam.

    Sedangkan, oven butuh lebih banyak waktu untuk memanaskan dan mematangkan makanan. Sehingga, pada akhirnya konsumsi daya dari peralatan ini pun juga bisa menjadi lebih besar dari microwave.

    Tampilan antara microwave dan oven memang tampak mirip, tetapi fungsi keduanya sangatlah berbeda. Karena itu, sebaiknya kamu ketahui perbedaan antara keduanya di atas.

    Bila kamu ingin mencari peralatan dapur untuk memasak maupun menghangatkan makanan, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store untuk pengalaman belanja yang lebih nyaman!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait