Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    InformasiAwas Tertukar! Ini 2 Jenis Air Aki Mobil dan Perbedaannya

    Awas Tertukar! Ini 2 Jenis Air Aki Mobil dan Perbedaannya

    Air aki mobil punya dua jenis dengan komposisi dan fungsi masing-masing. Ketahui perbedaan antara air zuur dan air accu di sini.

    News.OLX – Kalau kamu mau aki mobil awet, tanggung jawabmu ialah memastikan tingkat dan konsentrasi elektrolit yang tepat. 

    Namun, apa kamu tahu kalau ada dua jenis air aki mobil yang berbeda? Keduanya, berbeda dari segi komposisi dan fungsi. Mengambil pilihan yang keliru dapat menyebabkan konsekuensi merugikan.

    Dua Jenis Air Aki Mobil

    Berikut ini ada dua jenis air aki mobil yang perlu kamu kenal.

    1. Air Zuur

    Air zuur (asam sulfat) berperan sebagai elektrolit dalam aki. Asam sulfat merupakan cairan super korosif yang tidak berwarna ketika masih murni, namun seringkali tampak kecoklatan karena tercemar.

    Air zuur adalah asam mineral yang kuat dengan rumus kimia H₂SO₄. Dalam aki, asam sulfat berfungsi sebagai media yang mengalirkan ion antara terminal positif dan negatif aki selama pengecasan dan pengeringan. Kemudian, aliran ion ini membuat aki menyimpan dan melepaskan energi listrik.

    Air zuur dapat memicu luka bakar parah jika terkena kulit atau mata. Oleh karena itu, cairan ini harus mendapatkan perlakuan teliti. Selain itu, prosedur keamanan ekstra ketat wajib kamu terapkan saat berhadapan dengan larutan elektrolit ini.

    2. Air Accu

    Di sisi lain, air accu (air suling) digunakan untuk mengisi ulang larutan elektrolit pada aki yang butuh maintenance, di mana level elektrolitnya, mesti diisi ulang secara berkala. Air accu mempertahankan konsentrasi yang tepat antara asam sulfat dan air untuk mengoptimalkan kinerja dan umur aki.

    Pada dasarnya, air accu adalah air murni yang sudah melalui proses penyulingan, yang terdiri dari merebus air hingga terbentuk uap dan kemudian mengembunkan uap tersebut kembali menjadi air.

    Sistem ini mampu menyingkirkan kotoran, mineral, dan kontaminan lainnya, sehingga cuma menyisakan air dengan tingkat kemurnian yang sangat tinggi.

    Air suling mengandung gas terlarut dan zat-zat lain dalam jumlah kecil berkat proses penyulingan yang mengangkat sebagian besar kontaminan. 

    Komposisi utama air accu yaitu H2O, yang berarti tersusun atas molekul air yang mengandung dua atom hidrogen yang terikat pada satu atom oksigen.

    Perbedaan Air Zuur dan Air Aki

    Jenis air aki mobil

    Air zuur dan air accu punya fungsi yang berbeda. Terlebih lagi, keduanya juga tak sama dari segi komposisi.

    1. Komposisi

    Air zuur adalah asam mineral kuat yang terdiri dari sulfur, hidrogen, dan oksigen (H₂SO₄). Sebaliknya, air accu sebenarnya ialah air murni yang telah melewati serangkaian proses penyulingan untuk menghilangkan zat pencemar. 

    Komposisi kimiawi utamanya adalah H2O, yang tersusun atas molekul air dengan kandungan dua atom hidrogen yang terikat pada satu atom oksigen.

    2. Kegunaan

    Air zuur digunakan sebagai elektrolit dalam aki. Air aki mobil yang satu ini melancarkan aliran muatan listrik antara terminal positif dan negatif aki selama charging dan discharging.

    Di sisi lain, air accu dipakai untuk mengisi kembali larutan elektrolit dalam aki ketika level elektrolit anjlok di bawah batas tertentu. Larutan ini dicampurkan untuk mengencerkan asam sulfat.

    3. Fungsi

    Terakhir, air zuur bertindak sebagai perantara ion-ion mengalir di antara elektroda baterai, sehingga dapat terjadi penyimpanan dan pelepasan energi listrik. Sedangkan air accu dimanfaatkan guna menjaga tingkat elektrolit yang tepat dalam aki.

    Jika kadar elektrolit dalam aki drop, maka sebaiknya tambahkan air accu. Menambahkan air zuur langsung ke aki dapat berisiko meningkatkan konsentrasi asam berlebih yang justru berujung pada korosi.

    Sebaliknya, air accu bebas dari kotoran dan mineral, minim risiko kontaminasi dan memastikan elektrolit tetap murni.

    Sekarang, karena kamu sudah mengenal perbedaan dari dua air aki mobil ini, jangan sampai ketuker saat melakukan perawatan. Pastikan memakai air aki mobil yang sesuai saat dibutuhkan.

    Berniat meng-upgrade mobil di rumah untuk keluarga atau niaga? Cari saja di OLX. Temukan berbagai pilihan mobil bekas terbaik dengan harga bersaing. Permudah transaksi dengan download aplikasi OLX sekarang juga di Google Play Store atau App Store!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait