Rabu, Juli 24, 2024
Lainnya
    MotorBattle Motor Listrik: Honda EM1 e: atau Yamaha Neo's

    Battle Motor Listrik: Honda EM1 e: atau Yamaha Neo’s

    Lagi bingung mau pilih motor listrik Honda EM1 e: atau Yamaha Neo’s? Cek komparasinya di sini!

    News.OLX – Gelaran Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun 2023 lalu jadi saksi peluncuran Honda EM1 e:, yang dikabarkan akan mulai produksi secara resmi di Indonesia pada awal tahun ini.

    Dengan harga berkisar antara Rp 40 juta hingga Rp 45 juta, motor listrik ini menjadi pesaing ketat untuk Yamaha NEO’S, yang lebih dulu hadir di Vietnam dengan harga sekitar Rp 50 jutaan.

    Perbandingan harga yang relatif kecil, antara Rp 10 juta hingga Rp 5 juta, menjadikan kedua motor listrik ini patut untuk dibandingkan, mengingat keduanya seringkali menjadi pilihan dalam pertimbangan konsumen.

    Nah kali ini kami akan membandingkan tidak hanya sebatas harga, melainkan juga mencakup spesifikasi dan performa keduanya. Berikut ulasan lengkapnya.

    Tenaga lebih besar Yamaha NEO’S 

    Spesifikasi mesin Honda EM1 e: mengesankan dengan penggunaan in-wheel 3 phase brushless motor, sebuah motor hub dengan tenaga 1,7 kW yang setara dengan 2,3 Tk dan torsi 90 Nm.

    Kecepatan maksimalnya mencapai 45 Kpj, menjadikannya sangat cocok untuk digunakan di perkotaan atau perjalanan jarak pendek.

    Di sisi lain, Yamaha NEO’S mengusung dinamo 2nd generation YIPU electric motor air cooled, dengan tenaga 2,3 kW atau setara 2,0 Tk, dan torsi mencapai 138,3 Nm di 40 rpm.

    Daya jelajah NEO’S unggul

    Kedua motor listrik ini juga memiliki perbedaan yang mencolok dalam hal baterai. Honda EM1 e: menggunakan baterai dengan kapasitas 50,26V 26,1Ah atau sekitar 1,3 kWh dengan bobot 10,3 kg, mampu menempuh jarak hingga 41,1 km.

    Sementara itu, baterai Yamaha NEO’S memiliki kapasitas 51,1V 23,2Ah dengan jarak tempuh mencapai 72 km pada kondisi konstan 30 kpj dengan berat pengendara 75 kg.

    motor listrik (4)

    Dimensi lebih besar NEO’S

    Tak hanya dalam hal spesifikasi mesin dan baterai, perbandingan dimensi juga menjadi pertimbangan. Honda EM1 e: memiliki dimensi 1.795 x 680 x 1080 mm, sedangkan Yamaha NEO’S lebih besar dengan dimensi 1.875 x 695 x 1.120 mm.

    Seiring dengan semakin berkembangnya industri otomotif, khususnya motor listrik, konsumen semakin memiliki pilihan yang beragam dan lebih ramah lingkungan.

    Dengan meluncurnya Honda EM1 e: dan Yamaha NEO’S di 2023 lalu, maka pasar motor listrik di Indonesia semakin terbuka lebar, memberikan peluang bagi konsumen untuk beralih ke kendaraan ramah lingkungan dengan performa yang tak kalah menarik.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan download aplikasi OLX di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait