Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBegini Cara Menghilangkan Lalat di Rumah, Mudah!

    Begini Cara Menghilangkan Lalat di Rumah, Mudah!

    7 cara menghilangkan lalat di rumah dengan cepat dan mudah hanya dengan bahan-bahan dapur.

    News.OLX – Lalat adalah serangga kecil yang sangat menyebalkan. Ia bisa hinggap dan mengkontaminasi makanan juga minuman. 

    Selain mengganggu ketenangan dengan seliweran juga suaranya, kehadirannya juga berpotensi menyebarkan penyakit! Lalu, bagaimana cara menghilangkan lalat di rumah dan membuatnya tak kembali lagi?

    1. Meletakkan Wewangian yang Dibenci Lalat

    Ada sejumlah bahan dapur yang bisa kamu manfaatkan untuk mengusir lalat. Pastinya, bahan-bahan ini aman untuk kamu gunakan dan tidak membahayakan karena tanpa racun. Bahan tersebut adalah:

    • Kemangi,
    • Daun pandan,
    • Cengkih,
    • Jeruk atau lemon,
    • Mint,
    • Bawang putih,
    • Lavender,
    • Jahe,
    • Kayu manis, juga
    • Sari cuka apel.

    Kamu bisa menanam tanaman aromatic dalam pot kecil. Kemudian menaruhnya di ruangan untuk membuat wewangian dengan memarut bahan aromatik. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan produk berbahan tersebut menjadi minyak esensial, lilin, minyak atsiri, hingga diffuser.

    2. Semprotan Pengusir Lalat

    Cara menghilangkan lalat di rumah dengan cepat selanjutnya adalah menciptakan ramuan pengusir lalat. Ramuan ini menggunakan bahan berupa:

    • Sabun cuci piring,
    • Air,
    • Soda kue, dan
    • Cuka.

    Pertama-tama, siapkan botol semprotan. Kemudian, isi dengan air secukupnya atau gunakan takaran gelas. Per satu gelas, masukkan 5-10 tetes sabun, satu sendok makan cuka, dan setengah sendok teh soda kue. Setelahnya, kocok hingga semua tercampur. Cairan siap kamu gunakan untuk mengusir lalat.

    3. Perangkap Lalat dari Sari Cuka Apel

    Cara menghilangkan lalat di rumah yang ketiga memanfaatkan sari cuka apel untuk menjebak lalat.

    Caranya ambil mangkok. Kemudian, tuangkan 5-10 sendok makan sari cuka apel, 5-10 tetes sabun cuci piring, dan satu sendok makan gula. Aduk tercampur semua. Setelahnya, posisikan mangkok di tempat lalat kerap berkumpul atau hinggap.

    Adanya aroma manis dari gula dan sari cuka apel mampu menarik atensi lalat, sedangkan sabunnya akan memerangkap lalat agar susah terbang dan terjatuh kemudian tenggelam di mangkok.

    4. Semprotan Pembunuh Lalat

    Masih berkaitan dengan sabun cuci piring, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat larutan pembunuh lalat. Bedanya, di sini kamu membutuhkan tambahan bahan berupa isopropil alkohol.

    Cara membuatnya mudah. Pertama-tama, siapkan botol semprotan. Kemudian, masukkan setengah gelas air dan isopropil alkohol. Tambahkan juga satu sendok teh sabun. Setelahnya, kocok hingga semua bahan tercampur. Larutan siap kamu gunakan untuk menyemprot lalat.

    5. Jebakan Buah Busuk

    Cara menghilangkan lalat di rumah selanjutnya memakai buah busuk. Caranya, ambil toples yang sudah tidak kamu gunakan. Kemudian, masukkan buah busuk. Bagian atas, tutup dengan plastik. Lubangi plastik seukuran lalat bisa masuk. Begitu lalat masuk, lalat akan terjebak di dalamnya.

    6. Larutan Pemutih

    Lalat beterbangan di bak cuci piring, wastafel, atau kloset?

    Gunakan pemutih atau cairan desinfektan. Kamu bisa gunakan pemutih sachet dan lihat petunjuk penggunaannya. Setelahnya, tuangkan di area yang kerap dihinggapi lalat.

    7. Perangkap Lilin

    Cara menghilangkan lalat di rumah yang terakhir menggunakan lilin. Nyalakan lilin di sebuah wadah tahan api. Kemudian, masukkan air sedikit. Nyala api akan menarik perhatian lalat. Lalat yang terlalu dekat dengan api akan terbakar dan terjatuh ke air.

    Masih belum berhasil mengusir lalat? Coba cari produk seperti lem lalat atau obat lalat di OLX

    Untuk memudahkan, gunakan aplikasi OLX yang bisa kamu unduh di Google Play Store atau App Store. Dengan aplikasi, akses pencarian dan pemesanan produk pengusir lalat menjadi lebih praktis.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait