Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBenarkah Istilah ABS Adalah Singkatan dari Dunia Penerbangan?

    Benarkah Istilah ABS Adalah Singkatan dari Dunia Penerbangan?

    Memahami sistem ABS adalah singkatan dari Anti-lock Braking System, sebuah fitur keselamatan kendaraan bermotor, termasuk motor dan mobil.

    News.OLX – ABS adalah singkatan dari Anti-lock Braking System. Ini adalah fitur penting untuk keselamatan pada kendaraan bermotor, termasuk mobil dan motor. Tujuannya adalah mencegah roda terkunci ketika pengereman mendadak.

    Namun, benarkah ABS adalah singkatan dari istilah dunia penerbangan? Ketahui jawabannya berikut. 

    Teknologi Anti-Lock Braking System (ABS) Diambil dari Dunia Penerbangan

    Anti-lock Braking System, tentunya jika kamu pengguna kendaraan setidaknya mengetahui istilah tersebut. Namun, tahukah kamu bahwa istilah tersebut diadopsi dari pesawat terbang?

    Pada pesawat, fitur ini berguna untuk mencegah ban terkunci saat sedang mendarat.

    Hanya saja, fitur tersebut tidak menyandang nama ABS. Namun, Anti Skid System. Meski begitu, tetap memiliki makna yang serupa.

    Sistem yang digagas oleh Dunlop Maxaret pada 1950 tersebut mulai tersemat pada beberapa jenis pesawat tempur, jet hingga komersial.

    Selain berfungsi mencegah ban agar tidak selip, sistem tersebut juga mampu mengurangi jarak pengereman hingga 30 persen dalam kondisi jalan dingin dan basah.

    Fungsi lainnya, adalah memperpanjang usia roda hingga membantu pendaratan agar semakin halus. 

    Bedanya dengan kendaraan bermotor, peranti ini memiliki sistem tambahan berupa indikator temperatur pengereman hingga kipas.

    Manfaat ABS pada Kendaraan Bermotor

    Fungsi utama peranti ini adalah mencegah roda terkunci saat terjadi pengereman secara mendadak. Dengan begitu, akan mencegah potensi terjadi kecelakaan saat kontrol kendaraan hilang.

    Saat kamu menekan tuas rem mendadak, maka peranti ini akan mengatur tekanannya secara otomatis pada masing-masing roda. Roda tetap dapat bergerak sehingga kamu masih bisa mengontrol kendaraan, dan tetap stabil.

    Kemudian, kegunaan lainnya adalah pengendara memiliki waktu yang dibutuhkan untuk menghindar dari tabrakan. Saat kamu berada di jalanan yang licin karena hujan, maka kamu akan lebih berisiko tergelincir. Peranti ini memastikan hal tersebut tidak terjadi. 

    Kamu pun akan memiliki kepercayaan diri dan terhindar dari kekhawatiran karena memiliki sistem rem yang baik. Sehingga kamu akan lebih berkendara dan tidak panik selama berada di jalan. Ketika menghadapi situasi darurat, kamu akan tetap tenang menanganinya.

    ABS adalah singkatan dari Anti-lock Braking System. Manfaat yang ada dari peranti tersebut menjadi salah satu kunci keselamatan kamu selama berkendara. Maka, tidak ada salahnya jika kamu menambahkan fitur ini pada kendaraan kamu demi memberikan keamanan.

    Nah, kamu bisa mendapatkan berbagai jenis kendaraan, mobil maupun motor yang mengadopsi sistem ABS lewat OLX. Download aplikasinya melalui Google Play Store dan App Store, sekarang juga!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait