Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBenarkah Telat Ganti Oli Motor Bisa Bikin BBM Tekor?

    Benarkah Telat Ganti Oli Motor Bisa Bikin BBM Tekor?

    Ini alasan mengapa ganti oli secara rutin sangat penting!

    News.OLX – Ganti oli merupakan salah satu perawatan rutin pada sepeda motor. Sebab oli memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan mesin. 

    Meskipun begitu, masih ada sejumlah pemilik motor yang mengabaikan kebutuhan ini, tanpa menyadari dampak serius yang bisa timbul. Mengganti oli tidak hanya sekadar keharusan, tetapi juga kunci untuk menjaga performa mesin agar tetap optimal.

    Pentingnya penggantian oli terletak pada fungsinya sebagai pelumas, yang membantu mengurangi gesekan dan melindungi mesin dari kontaminasi debu dan kotoran. 

    Tanpa penggantian rutin, berbagai risiko dapat muncul dan menghantui kesehatan mesin sepeda motor.

    Lantas, apa saja yang terjadi jika pengguna jarang mengganti oli motor? Untuk mengetahuinya, yuk simak penjelasan berikut ini.

    1. Overheat mesin

    Telat ganti oli dapat meningkatkan risiko overheating pada mesin. Oli mesin memiliki peran penting dalam menyerap panas yang dihasilkan selama proses kerja mesin. 

    Jika oli tidak diganti secara rutin, kemampuannya dalam menahan suhu tinggi menurun. Ini mengakibatkan overheating yang dapat merusak komponen mesin yang lebih sensitif dan memerlukan perbaikan mahal.

    2. Penurunan kinerja mesin

    Oli yang terkontaminasi karena telat ganti dapat menyebabkan penurunan kinerja mesin secara keseluruhan. Pelumasan yang tidak optimal pada komponen mesin meningkatkan gesekan di antara mereka, merugikan akselerasi, daya tarik, dan responsivitas mesin.

    ganti oli (1)

    3. Konsumsi BBM boros

    Telat ganti oli membuat mesin bekerja lebih keras karena kurang mendapatkan pelumasan yang diperlukan. Akibatnya, mesin memerlukan lebih banyak bahan bakar, meningkatkan konsumsi BBM dan memberikan beban finansial tambahan bagi pemilik motor.

    4. Komponen mesin rentan aus

    Minimnya pelumasan yang disebabkan oleh telat ganti oli dapat memicu gesekan berlebih, mempercepat keausan pada komponen mesin seperti piston, ring piston, dinding silinder, dan poros engkol.

    5. Pembentukan endapan yang merusak saluran oli dan filter

    Telat ganti oli dapat menyebabkan pembentukan endapan yang merugikan. Endapan ini dapat menghambat aliran oli yang bersih ke seluruh komponen mesin, menyebabkan gesekan yang lebih besar, dan akhirnya mengurangi umur pakai mesin.

    6. Resiko kerusakan pada sistem pendingin mesin

    Overheating akibat oli yang tidak optimal dapat memberikan tekanan tambahan pada sistem pendingin mesin. Ini dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pendingin, yang merupakan komponen vital dalam menjaga suhu mesin tetap optimal.

    7. Peningkatan Biaya Perawatan dan Perbaikan

    Keseluruhan akibat dari telat ganti oli mencakup penurunan kinerja, overheating, keausan komponen, dan risiko kerusakan sistem pendingin. Ini pada akhirnya akan menghasilkan biaya perawatan dan perbaikan yang lebih tinggi. Investasi dalam penggantian oli secara rutin jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan biaya perbaikan yang mungkin terjadi akibat kelalaian ini.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Kamu juga bisa cari mobil dan motor bekas impianmu dengan download aplikasi OLX di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait