Rabu, Juli 24, 2024
Lainnya
    ReviewBenarkah Video IG Reels Lebih Digemari daripada TikTok?

    Benarkah Video IG Reels Lebih Digemari daripada TikTok?

    IG Reels vs TikTok, mana yang lebih digemari saat ini?

    News.OLX – Dalam dunia media sosial yang selalu berkembang, terdapat pergeseran menarik dalam preferensi penonton antara Instagram Reels (IG Reels) dan TikTok. Hal ini diungkapkan melalui riset yang dilakukan oleh perusahaan perangkat lunak asal Amerika, Emplifi.

    Emplifi menyoroti perubahan dinamika ini melalui penelitian yang melibatkan 1.305 akun Instagram dan TikTok dari berbagai merek pengiklan di seluruh dunia. Periode riset berlangsung dari 1 Mei hingga 31 Oktober 2023.

    Lantas, dari hasil analisis, siapakah yang menjadi pemenang antara IG Reels dan TikTok? Untuk mengetahuinya, yuk simak ulasan berikut ini.

    IG Reels vs TikTok

    Dari analisis data yang divisualisasikan, terlihat bahwa IG Reels saat ini memiliki jumlah penonton rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan TikTok. Bahkan untuk kategori video pendek (di bawah 30 detik), IG Reels mencapai 6.145 views.

    Sementara itu, jumlah penonton TikTok berkisar antara 2.000 hingga 3.000 views. Begitu juga pada kategori video sedang (30 detik-90 detik), dimana IG Reels memiliki rata-rata 7.830 views, sedangkan TikTok tetap berada pada rentang 2.000 hingga 3.000 views.

    Menariknya, pergeseran ini terlihat pada kategori video panjang (di atas 90 detik), di mana IG Reels meraih angka rata-rata tertinggi di atas 8.000 views, sementara TikTok masih bertahan di atas 3.000 views.

    Hal ini menciptakan paradigma baru mengingat beberapa tahun sebelumnya, TikTok selalu mendominasi Instagram dalam hal popularitas.

    Laporan dari The Wall Street Journal pada September 2022 menyebutkan bahwa waktu yang dihabiskan pengguna Instagram tidak lebih dari sepersepuluh dari waktu yang dihabiskan di TikTok. Hal ini tentu merupakan sebuah penemuan yang menarik.

    Zarnaz Arlia, Chief Marketing Officer (CMO) Emplifi, menjelaskan bahwa temuan ini mencerminkan perubahan perilaku penonton dalam memilih platform dan durasi video yang mereka konsumsi.

    Dia menyoroti fakta bahwa durasi video panjang di IG Reels sekarang mampu memperoleh engagement yang lebih tinggi dibandingkan video pendek.

    ig reels (1)

    Video pendek Facebook juga makin populer

    Tidak hanya IG Reels yang mencuri perhatian, Facebook Reels juga menunjukkan performa yang sangat baik dibandingkan dengan konten video biasa.

    Rata-rata penonton Facebook Reels mencapai lebih dari 1.500 views, sementara konten video biasa hanya mendapatkan di bawah 500 views, tiga kali lipat lebih rendah.

    Meskipun demikian, Emplifi mencatat bahwa masih banyak pelaku bisnis dan kreator yang memilih untuk mengunggah atau mempromosikan konten melalui format video yang lebih tradisional.

    Contohnya, IG Reels memiliki rata-rata penayangan yang lebih tinggi daripada IG Stories, namun pelaku bisnis lebih memilih untuk mempromosikan kontennya melalui IG Stories.

    Dengan temuan ini, Emplifi berharap dapat memberikan pandangan baru kepada pelaku bisnis dan kreator agar mereka dapat mempertimbangkan ulang strategi mereka dalam menghadapi pergeseran preferensi penonton.

    Kesimpulannya, konten yang menghibur dan memiliki nilai menjadi kunci utama dalam mempertahankan ketertarikan penonton.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya di OLX. Kamu juga bisa menemukan berbagai barang bekas seperti mobil atau motor bekas impianmu dengan download aplikasi OLX di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait