Kamis, Mei 23, 2024
Lainnya
    Panduan PembeliBerapa Lama Umur Ban Mobil Sebelum Diganti?

    Berapa Lama Umur Ban Mobil Sebelum Diganti?

    Umur ban mobil memiliki usia pakai yang terbatas. Setiap pemilik mobil wajib tahu kapan ban mobil harus diganti untuk keselamatan dan performa kendaraan.

    News.OLX – Umur ban mobil menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap keselamatan berkendara kamu.

    Apalagi, jika kamu sering berkendara dengan melintasi jalan atau cuaca yang kurang ideal. Kondisi ini bisa mengurangi daya lentur dan kenyamanan. 

    Lantas, berapa sih idealnya umur ban mobil kamu ganti? Maka, ketahui tanda-tanda saatnya kamu mengganti komponen itu sesegera mungkin.

    Kapan Sebaiknya Ban Mobil Diganti

    Umur ban mobil sesungguhnya bisa bertahan hingga 10 tahun lamanya sejak diproduksi.

    Tentu saja, durasi tersebut dapat berkurang dengan frekuensi penggunaan kendaraan. Umumnya, ban dapat bertahan untuk layak pakai hingga 3 tahun. 

    Namun, hal tersebut tidak selalu menjadi patokan utama. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengetahui umur ban mobil yang ideal dengan mengecek tanda-tanda berikut ini.

    1. Ketahui tanda fisik

    Terdapat beberapa tanda fisik yang menjadi pertanda bahwa sudah saatnya kamu mengganti komponen tersebut.

    Ban terbuat dari material karet elastis. Kelenturannya tentu akan berubah seiring berjalannya waktu. Bahkan, akan menjadi getas lama kelamaan, akibat dari penggunaan kendaraan.

    Umumnya, usia komponen tersebut secara ideal adalah 3 tahun. Jika sudah mencapai durasi tersebut, maka sebaiknya kamu segera untuk menggantinya.

    Bahkan, jika ukirannya masih tebal karena penggunaan yang jarang. 

    Mengapa demikian? Karena jika sudah di atas 3 tahun, maka tidak akan memberikan kenyamanan yang baik. Hal ini karena dindingnya sudah mulai mengeras. 

    2. Jika jarak tempuh sudah 40 ribu kilometer

    Umur ban mobil

    Jika kamu sudah menempuh jarak hingga 40 ribu kilometer, maka artinya kamu harus segera mengganti komponen tersebut.

    Meski umur ban kamu baru 2 tahun, namun jika sudah melebihi jarak tersebut, maka segeralah menggantinya. 

    Mengapa demikian, sebab komponen tersebut sudah cukup aus. Normalnya, penggunaannya adalah 15 ribu hingga 20 ribu kilometer per tahun. 

    3. Ban Sering Kempes

    Kita memang tidak bisa memprediksi kondisi jalan. Kondisi jalan yang buruk tidak jarang menjadikan komponen penggerak roda itu gampang kempes.

    Jika hal ini sering terjadi, maka sebaiknya kamu segera menggantinya. Karena dapat mengganggu kenyaman dan berpengaruh terhadap keselamatan kamu.

    Itulah informasi soal umur ban mobil yang ideal sebelum diganti. Jangan tunda penggantian komponen demi menjaga keselamatan kamu. 

    Pastikan kamu mendapatkan produk-produk ban terbaik hanya di OLX. Tersedia berbagai pilihan produk berkualitas dan varian brand terkemuka. Segera download aplikasi OLX melalui Google Play Store dan App Store, sekarang juga!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait