Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBikin Skripsi Lebih Mudah dengan 5 Aplikasi AI Ini

    Bikin Skripsi Lebih Mudah dengan 5 Aplikasi AI Ini

    Lagi garap skripsi? Udah coba pakai 5 aplikasi AI ini belum?

    News.OLX – Teknologi Artificial Intelligence (AI) punya beragam format yang kemudian bisa dimanfaatkan untuk membantu berbagai aktivitas pengguna. Salah satunya menyusun skripsi atau karya ilmiah pada pendidikan Sarjana.

    Seperti yang kita ketahui dalam pengerjaan skripsi, terdapat beberapa proses dan bagian yang perlu dilakukan pengguna, seperti mencari ide judul, referensi, membuat kerangka atau outline memahami referensi yang digunakan, serta masih banyak lainnya.

    Dalam hal ini, AI berfungsi sebagai alat bantu dengan pengendaliannya tetap terletak pada kemampuan pengguna sendiri. Lewat AI, pengguna dapat memperoleh bantuan untuk mengerjakan proses dan bagian skripsi ini sehingga sedikit lebih mudah.

    5 Aplikasi AI Permudah Skripsi

    Di era saat ini, banyak aplikasi AI yang bisa dimanfaatkan untuk membantu mengerjakan kebutuhan manusia, termasuk skripsi. Apa saja kah daftar aplikasinya?

    1. Chat GPT

    Salah satu aplikasi yang cukup populer di kalangan mahasiswa untuk membantu skripsi. Program AI buatan OpenAI ini dibekali kemampuan untuk menjawab aneka pertanyaan dan perintah pengguna.

    Lewat kemampuan itu, pengguna juga bisa meminta Chat GPT untuk melakukan tugas yang dapat membantu menyelesaikan skripsi. Contohnya seperti mencari ide judul, menyarankan referensi buku, dan lainnya.

    Kamu bisa mengakses Chat GPT melalui https://chat.openai.com/.

    2. ChatPDF

    Seperti namanya, aplikasi ini memiliki fitur utama mendeteksi teks yang terdapat dalam dokumen PDF. ChatPDF dapat membantu pengguna memahami referensi yang hendak dipakai di skripsi.

    Lewat ChatPDF, pengguna bisa mengunggah dokumen referensi format PDF. Kemudian, ChatPDF akan membacanya dan pengguna bisa mengajukan pertanyaan terkait dokumen tersebut.

    ChatPDF bisa diakses di https://www.chatpdf.com.

    3. Consensus

    Dalam proses mengerjakan skripsi, mahasiswa umumnya diminta untuk menyertakan teori atau konsep dari tokoh untuk menjelaskan masalah yang diangkat.

    Oleh karenanya, mahasiswa dapat memanfaatkan aplikasi AI Consensus untuk membantu melakukan hal ini. Di Consensus, pengguna dapat mengajukan pertanyaan tentang masalah penelitian.

    Kemudian, Consensus akan memberikan jawaban yang disertai referensi dari buku atau jurnal. Consensus bisa diakses di https://consensus.app.

    Skripsi (1)

    4. Elicit

    Cukup mirip dengan Consensus, Elicit menyediakan jawaban atas pertanyaan pengguna berdasarkan referensi ilmiah seperti jurnal.

    Di Elicit, pengguna bisa bertanya tentang bagaimana informasi atau penjelasan mengenai skripsi yang ditulis seperti konsep, sejarah, dan fakta atas masalah. Elicit bakal memberikan jawaban berdasar referensi ilmiah.

    Kamu bisa mengakses Elicit melalui website di https://elicit.org.

    5. Research Rabbit

    Aplikasi AI ini punya data bahan bacaan yang sangat banyak serta beragam. Pengguna dapat memakai Research Rabbit untuk cari referensi terkait topik skripsi yang diangkat.

    Research Rabbit dapat menyajikan jaringan karya ilmiah yang saling berkaitan pada topik tertentu. Fitur ini berguna bagi pengguna ketika hendak membuat bagian tinjauan pustaka di skripsi.

    Research Rabbit bisa kamu akses di https://researchrabbitapp.com.

    Berikut adalah daftar aplikasi Ai yang bisa berguna untuk membantu skripsi kamu. Tentunya, jangan menelan mentah-mentah informasi yang kamu dapatkan dari aplikasi AI ini. Lakukan crosscheck agar kamu yakin informasi yang diberikan aplikasi AI ini benar. 

    Jangan ragu untuk dapatkan informasi menarik dan bermanfaat lainnya di OLX Member of ASTRA. Tidak hanya itu, kamu juga bisa cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait