Rabu, Juli 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikCara Aman Memarkirkan Mobil Matic di Jalanan Menanjak

    Cara Aman Memarkirkan Mobil Matic di Jalanan Menanjak

    Ini empat tips mudah memarkirkan mobil matic di jalanan menanjak.

    News.OLX – Mobil matic menjadi pilihan banyak orang untuk kenyamanan berkendara. Sebab, mobil matic seringkali menjadi pilihan karena transmisi otomatis yang membuat perpindahan gigi lebih mudah.

    Namun, ketika kamu harus memarkir mobil matic di jalanan menanjak, tantangan baru muncul. Bagaimana agar mobil tetap aman dan tidak bergeser saat diparkir?

    Tidak seperti mobil manual yang bisa memanfaatkan transmisi dan kopling untuk memutus hubungan antar transmisi dengan roda, mobil matic hanya mengandalkan rem untuk menahan mobil agar tidak meluncur.

    Lantas, siasat apa yang harus dilakukan dalam memarkirkan mobil matic di tanjakan? Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu memarkir mobil matic dengan aman di jalanan menanjak.

    mobil matic (1) (1)

    1. Pilih tempat parkir yang tepat

    Memilih tempat parkir yang datar atau memiliki kemiringan sedikit adalah langkah pertama yang penting. Jika memungkinkan, pilih lahan parkir yang memang dirancang khusus untuk jalanan menanjak. Hindari tempat parkir yang terlalu curam, karena hal ini dapat meningkatkan risiko mobil meluncur.

    2. Gunakan rem tangan dengan benar

    Rem tangan atau handbrake menjadi alat yang sangat penting ketika memarkir mobil matic di jalanan menanjak. Pastikan untuk menggunakannya dengan benar dan hingga maksimal. Jika rem tangan tidak ditarik secara penuh, mobil matic bisa bergerak dan menyebabkan masalah.

    3. Posisikan roda depan terhadap trotoar

    Ketika memarkir di jalanan menanjak, posisikan roda depan mobil dengan benar. Jika posisi mobil menghadap tanjakan, belokkan ban depan kearah lawan trotoar. Misal, mobil diparkir menghadap tanjakan dan terdapat trotoar di sebelah kiri mobil, belokkan ban depan kearah kanan. 

    Hal ini berguna jika rem tiba-tiba tidak berfungsi, ban depan akan segera tertahan trotoar sebelum mobil meluncur lebih jauh. Sebaliknya jika mobil diparkir menghadap turunan, posisikan ban depan belok ke arah trotoar.

    4. Jangan hanya mengandalkan gigi ‘P’

    Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan gigi P pada mobil matic. Pertama, gigi P hanya boleh digunakan saat mobil dalam keadaan diam. 

    Kedua, gigi P tidak boleh digunakan untuk menahan mobil di jalan yang menurun atau menanjak. Jika digunakan untuk menahan mobil di jalan yang menurun atau menanjak, maka pawl lock bisa rusak.

    Untuk alasan keamanan, sebaiknya mobil matic yang diparkir di jalan yang menurun atau menanjak juga dilengkapi dengan rem tangan dan menahan roda dengan balok tambahan. Rem tangan dan balok akan membantu menahan mobil dan mengurangi beban pada pawl lock.

    Mengapa hal ini penting?

    Mobil matic memiliki kecenderungan untuk bergerak lebih mudah ketika di jalanan menanjak, terutama jika tidak diparkir dengan benar. 

    Posisi roda yang tepat, penggunaan rem tangan yang baik, dan penambahan rem parkir atau balok tambahan dapat membantu mengatasi tantangan ini.

    Selain itu, pemilik mobil matic juga perlu memahami bahwa parkir di jalanan menanjak membutuhkan kehati-hatian ekstra. Kesalahan kecil seperti tidak menarik rem tangan dengan benar atau hanya mengandalkan gigi P dapat menyebabkan masalah yang serius.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Download aplikasinya di Play Store atau App Store!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait