Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikCara Melihat Google Maps Saat Mengemudi, Agar Tetap Aman di Jalan

    Cara Melihat Google Maps Saat Mengemudi, Agar Tetap Aman di Jalan

    Ini dia cara melihat Google Maps yang aman dan efektif saat mengemudi

    News.OLX – Google Maps memang sangat membantu dalam menentukan rute jalan atau sebagai petunjuk arah ketika ingin mengunjungi suatu tempat baru. Cara melihat Google Maps pun juga harus tepat agar tidak mengganggu saat sedang berkendara.

    Karena bermain ponsel saat mengemudi haram hukumnya. Alasannya karena jika cara melihat Google Maps salah akan membuat tidak fokus di jalan dan yang paling fatal dapat menyebabkan kecelakaan.

    Oleh sebab itu, sebagai pengemudi yang baik jangan sampai terlalu terpaku dengan ponsel ketika menggunakan Google Maps. Ini dia cara melihat Google Maps dengan tepat agar tetap aman saat di jalan: 

    1. Mengaktifkan petunjuk suara di Google Maps

    Cara melihat Google Maps yang paling mudah adalah mengaktifkan petunjuk suara pada ponsel. Sekarang, Google Maps sudah menyediakan petunjuk suara sebagai bantuan untuk kamu yang berkendara sendiri.

    Jadi kamu tidak perlu mengeluarkan ponsel lagi untuk melihat apakah arahnya sudah benar atau tidak. Cukup percayakan petunjuk arah dari Google Maps dan kamu bisa letakkan ponsel kamu di dalam tas atau saku.

    Ketika kamu selesai menentukan tujuan, Google Maps akan memberikan pilihan mode transportasi yang kamu gunakan. Pilihlah mode transportasi yang sedang kamu kendarai, setelah itu tekan “Mulai”.

    Google Maps akan secara otomatis mengaktifkan petunjuk suaranya untuk membantu kamu dalam berkendara nanti. Sesuaikan volume nya dengan pendengaran kamu agar tidak mengganggu saat mengemudi.

    cara melihat google maps (1)

    2. Gunakan phone holder untuk sejajarkan posisi ponsel

    Sekarang ada alat yang dapat membantu kamu meletakkan handphone sesuai dengan jarak pandang dan tidak membuat kamu repot untuk harus memegangnya terus menerus yaitu phone holder. Phone holder ini dapat diletakkan di dashboard pada mobil atau stang motor.

    Kamu hanya perlu letakkan ponsel pada bagian phone holder tersebut lalu sesuaikan dengan jarak pandang saat mengemudi. Untuk kamu yang membawa motor, disarankan untuk letakkan phone holder lebih ke tengah agar lebih menjaga keamanan ponsel.

    3. Menyambungkan Google Maps ke kendaraan

    Jika kamu memiliki mobil atau motor yang sudah bisa tersambung dengan ponsel pintar, lebih baik maksimalkan fitur tersebut dengan sambulkan ponsel kamu dengan kendaraan.

    Caranya sangat mudah, cukup masuk ke pengaturan dan pilihlah mode yang sesuai dengan ponsel kamu bisa Android Auto atau Apple CarPlay. Lalu jika sudah tersambung, otomatis Google Maps dapat kamu lihat di layar audio kamu.

    Sehingga kamu lebih mudah untuk melihat Google Maps dan juga mengatur rute perjalanan dengan nyaman. 

    4. Minta bantuan kepada penumpang untuk mengarahkan

    Saran terakhir untuk kamu jika membawa penumpang, sebaiknya janganlah fokus kepada ponsel dan sibuk sendiri. Lebih baik untuk percayakan kepada teman atau keluarga yang sebagai penumpang dalam membantu melihat arah di Google Maps.

    Cara ini mungkin lebih efektif juga untuk pengemudi agar bisa menentukan tujuan dengan baik dan lebih nyaman bisa berbicara atau berdiskusi juga dalam memilih rute yang tepat agar sampai ke tempat dengan cepat.

    Begitulah cara melihat Google Maps yang tepat agar kamu tetap selamat di jalan. Selalu ingat, sebagai pengemudi jangan sampai terlalu terpaku dengan ponsel ketika sedang berkendara. Tetaplah berhati-hati dan fokus saat di jalan agar sampai tujuan dengan aman.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga bisa cari mobil dan motor bekas impianmu dengan download aplikasi OLX di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait