Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    Tips & TrikCara Membersihkan Sofa Ruang Tamu Berbahan Bludru Biar Lebih Awet

    Cara Membersihkan Sofa Ruang Tamu Berbahan Bludru Biar Lebih Awet

    Ini dia cara mudah merawat sofa ruang tamu berbahan bludru agar tahan lama.

    News.OLX – Menjaga kebersihan sofa ruang tamu memang susah-susah gampang karena sering digunakan untuk menyambut teman atau kerabat yang datang ke rumah.

    Karena sering digunakan, membersihkan dan menjaga sofa ruang tamu terutama yang berbahan bludru mungkin sedikit lebih menantang dibandingkan dengan sofa berbahan lain. Namun, memang banyak dari masyarakat lebih memilih bahan ini karena kelembutannya.

    Karena membersihkan sofa berbahan bludru memerlukan perhatian khusus agar tetap awet dan terlihat bersih, berikut adalah langkah-langkah mudah untuk membersihkan sofa bludru di ruang tamu:

    sofa ruang tamu (1)

    1. Vakum sofa secara teratur

    Karena sering digunakan untuk menyambut tamu, otomatis sofa ruang tamu pasti mudah kotor dan menyimpan banyak debu. Maka dari itu, usahakan untuk vakum sofa ruang tamu secara teratur minimal sebulan sekali.

    Gunakan penyedot debu dengan tekanan rendah pada vakum untuk menghilangkan debu dan kotoran dari permukaan bludru secara teratur. Ini membantu mencegah debu menempel dan menghindari serat bludru yang mudah rusak.

    2. Hindari penggunaan bahan kimia keras

    Jika ingin membersihkan noda atau kotoran pada sofa ruang tamu yang berbahan bludru, hindari menggunakan bahan pembersih yang mengandung bahan kimia keras atau abrasif, karena dapat merusak serat bludru dan mengurangi keawetan sofa.

    Sebaiknya jika ingin membersihkan sofa, gunakan sikat lembut atau sikat khusus untuk bahan bludru dapat digunakan untuk mengangkat noda ringan atau rambut hewan peliharaan. Sikat dengan lembut dapat menghindari kerusakan pada serat bludru.

    Untuk noda ringan, kamu juga dapat menggunakan kain yang lembut dan bersih yang telah dibasahi dengan campuran air hangat dan sedikit sabun ringan. Usap noda dengan lembut dan segera keringkan dengan kain bersih.

    3. Gunakan semprotan pembersih khusus bludru

    Untuk menjaga kebersihan sofa ruang tamu yang berbahan bludru, disarankan untuk kamu memiliki semprotan pembersih khusus yang dirancang untuk membersihkan bahan bludru. Sehingga, sofa kamu juga dapat awet untuk jangka waktu yang panjang.

    4. Perhatikan petunjuk perawatan

    Saat pembelian sofa ruang tamu, pasti penjual akan memberikan beberapa saran kepada konsumen bagaimana cara merawat dan membersihkan perabotan ini serta diberikan buku manual dari produsen sofa nya.

    Maka dari itu, selalu ingat dan perhatikan petunjuk perawatan yang disediakan oleh produsen sofa dan yang sudah disarankan oleh penjual. Ini dapat memberikan informasi spesifik tentang cara terbaik untuk merawat sofa bludru tertentu.

    5. Jauhi cairan dari sofa

    Karena sofa ruang tamu berbahan bludru rentan terhadap cairan dan kotoran yang menempel susah dihilangkan jika terkena noda membandel seperti cairan yang kental, disarankan untuk hindari cairan dari sofa.

    Jika terjadi tumpahan, segera basahi dengan air hangat dan gosok perlahan untuk hilangkan noda. Lalu segera keringkan dengan kain bersih dan hindari menggosoknya terlalu keras agar tidak merusak serat bludru.

    Jika sofa basah setelah membersihkannya, pastikan untuk memberikan waktu yang cukup untuk pengeringan alami. Hindari sinar matahari langsung atau sumber panas langsung, karena ini dapat merusak dan memudarkan warna bludru.

    Begitulah tips dan trik menjaga sofa ruang tamu yang berbahan bludru. Dengan merawat sofa bludru dengan hati-hati, kamu dapat memastikan bahwa sofa tetap bersih, awet, dan tampak bagus dalam jangka waktu yang lama.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya di OLX. Selain itu, kamu juga bisa cari berbagai barang bekas dengan download aplikasi OLX di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait