Kamis, Juni 13, 2024
Lainnya
    Tips & TrikCara Mengeluarkan Air dari HP, Susah Nggak Sih?

    Cara Mengeluarkan Air dari HP, Susah Nggak Sih?

    Cara mengeluarkan air dari HP ternyata nggak susah. Coba salah satu dari empat trik ini.

    OLX News – Sampai saat ini, belum ada HP yang 100% kedap air, mau itu HP mahal sekalipun. Meski mayoritas desainnya waterproof, tidak ada yang bisa bertahan begitu terendam cairan dalam waktu lama. Sebelum kerusakan makin parah, segera ambil tindakan cepat dengan mencoba cara mengeluarkan air dari HP berikut ini.

    1. Gunakan Gel Silika

    Punya gel silika? Itu lho, sachet berisikan manik-manik kecil yang biasanya ada di dalam kotak sepatu atau tas baru. Kalau kamu kebetulan menyimpan beberapa di rumah, kamu bisa memanfaatkannya sebagai cara mengeluarkan air dari HP yang pertama.

    Gel silika bersifat menyerap kelembaban. Jadi, secara teori, bisa juga diterapkan untuk menyerap air. Caranya, taruh beberapa sachet gel silika di bawah dan atas HP yang sudah mengering. Gel silika sendiri bisa kamu beli secara online. Ada bagusnya menyimpan beberapa sebagai stok untuk berjaga-jaga.

    2. Gunakan Isopropil Alkohol

    Ada kalanya HP terkena air yang “tidak biasa”. Seperti air laut, contohnya. Saat ini kamu sedang cari cara mengeluarkan air dari HP setelah tercebur di laut? Pertama-tama, jangan panik. Kedua, cepat cari isopropil alkohol.

    Isopropil alkohol dengan kadar 90% lebih dapat mencegah korosi pada komponen HP akibat air laut. Bahan ini dapat larut dengan air. Jadi, isopropil alkohol dapat bercampur dengan air laut dan memindahkannya keluar dari celah-celah kecil di dalam HP.

    Namun, pastikan HP sudah benar-benar kering setelah menggunakan alkohol ini ya.

    3. Jemur di Bawah Sinar Matahari

    Cara mengeluarkan air dari HP yang satu ini tentunya lebih praktis dan ekonomis daripada dua trik sebelumnya. Pasalnya, kamu tidak perlu merogoh kocek untuk membeli gel silika ataupun isopropil alkohol.

    Selain gratis, sinar matahari juga efektif menguapkan kelembaban yang sekiranya terperangkap di dalam HP. Setelah membuang semua tetesan air dari HP, taruh di tempat yang terkena sinar matahari tidak langsung. Misalnya, di dekat jendela.

    Kemudian, biarkan HP mengering selama beberapa jam. Jangan lupa terus awasi HP supaya tidak terpapar langsung ke sinar matahari.

    4. Gunakan Kipas Angin

    Adapun cara mengeluarkan air dari HP lainnya yang juga murah meriah yaitu menggunakan kipas angin. Trik ini juga lebih aman lantaran tidak memasukkan partikel asing ke dalam HP.

    Untuk memaksimalkan efek pengeringan, letakkan HP di ruangan yang sedikit hangat. Kalau memungkinkan, angkat HP sedikit dari permukaan agar udara bisa mengenai bagian bawahnya juga.

    Contohnya, kamu bisa memakai tutup botol atau rak kawat untuk mengangkat HP. Triknya adalah untuk mengangin-anginkan HP selama satu sampai dua hari untuk memastikan bagian dalam HP dan semua komponennya benar-benar kering.

    Nggak tahan dengan was-was apakah HP benar-benar kering? Kalau begitu, sebaiknya segera bawa HP ke tukang servis untuk mendapat pemeriksaan lanjut setelah kamu mencoba empat cara mengeluarkan air dari HP tadi.

    HP rusak? Atau, butuh HP kedua untuk urusan niaga dan keperluan lain? Cek HP bekas dengan kondisi mulus di OLX. Di aplikasi OLX, kamu bisa browsing iklan dan transaksi super gampang. Yuk, download aplikasinya dari Google Play Store atau App Store!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait