Minggu, Mei 26, 2024
Lainnya
    Tips & TrikJangan Panik! Ini Cara Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan

    Jangan Panik! Ini Cara Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan

    JAKARTA – Mengendarai mobil manual, memang cukup sulit bagi para pemula. Pasalnya saat memulai untuk mengendarai mobil ini, pengemudi harus bisa mengendalikan pedal kopling dan gas secara selaras.

    Kalau belum bisa melepas dan menginjak pedal kopling, terkadang kondisi mobil akan berhenti mendadak. Maka dari itu banyak orang cenderung memilih mobil matik yang lebih praktis. 

    Namun tidak sedikit pula yang rela belajar hingga jalani kursus menyetir agar bisa mengendarai mobil manual. Kenyamanan dan sensasi berkendara antara mobil matik dan manual memang memiliki perbedaan saat memindah posisi gigi persneling.

    Tidak sedikit yang fanatik terhadap mobil bertransmisi manual karena dirasa lebih responsif saat hendak menyalip kendaraan lain. Namun bagi pemula tentu harus belajar terlebih dahulu sebelum ahli dalam mengendarainya.

    Apalagi dalam mengendarai mobil manual di tanjakan. Terkadang yang belum ahli akan merasa panik saat tenaga dari mesin mobil akan habis padahal tanjakan belum selesai dilewati.

    Dalam kondisi seperti ini diperlukan pikiran yang tenang dan dapat mengendalikan kendaraan agar bisa tetap melaju dengan selamat.

    Mengenal komponen penting dalam mobil

    Sebelum mengendarai mobil manual di tanjakan, alangkah lebih baik untuk mengenali kondisi dari mobil yang digunakan terlebih dahulu. Membiasakan dan mengenali dari mobil yang digunakan akan sangat membantu dalam mengendarai mobil di jalanan.

    Kenali komponen penting dalam mobil sebelum berkendara

    Tidak perlu harus sampai tahu komponen detail mobil yang digunakan saat berkendara. Namun alangkah baiknya mengenali dan mengetahui fungsi dari komponen penting yang sangat menunjang saat berkendara.

    Komponen penting ini adalah pedal gas, pedal rem, pedal kopling, dan tuas persneling. Selain itu juga harus mengetahui cara penggunaan tombol sein, hazard, dan menyalakan lampu.

    Pahami cara menyalakan mesin

    Bagi seorang pemula yang tengah belajar menyetir mobil manual, sudah jadi hal yang lumrah apabila mobil tiba-tiba mati karena kondisi kopling tidak diinjak saat gigi persneling masuk. Maka dari itu pengemudi yang belajar ini harus tahu cara menyalakan mesin mobil. 

    Bisa memindahkan gigi

    Salah satu bagian penting dalam mengendarai mobil manual adalah bisa memindahkan gigi persneling. Pasalnya dalam memindahkan gigi mobil bertransmisi manual ini pengemudi harus sudah paham dengan menginjak pedal kopling terlebih dahulu sebelum memasukan gigi.

    Selain itu saat memasukan gigi, tuas gas pun harus dilepas. Pastikan bahwa saat memindahkan gigi persneling, tangan yang memegang kemudi tetap dalam kondisi stabil, atau tidak goyah.

    Terkadang bagi seorang pemula, saat memindahkan gigi persneling dengan tangan kiri, tangan kanannya yang memegang kemudi malah goyang sehingga laju kendaraan berubah.

    Ketahui cara berbelok dan berpindah jalur

    Pengetahuan yang tidak kalah penting adalah sudah tahu cara berbelok dengan benar dan berpindah jalur saat melalui ruas jalan besar. Pasalnya, apabila belum bisa melakukan belok tentu akan menyulitkan pengguna jalan lain atau bisa menyebabkan macet.

    Maka dari itu sebelum menggunakan mobil bertransmisi manual alangkah lebih baik untuk belajar terlebih dahulu di tanah lapang sebelum menggunakannya di jalan raya. 

    Cara mengemudi mobil manual di tanjakan

    Setelah memiliki pengetahuan dasar saat menyetir mobil bertransmisi manual, perlu berlatih untuk melewati tanjakan. Melewati tanjakan sebenarnya cukup mudah dan tidak menakutkan.

    Gunakan gigi 1 dan 2

    Dalam mengendarai mobil mabil manual di tanjakan yang harus diperhatikan ialah penggunakan gigi persneling. Gunakan gigi persneling 1 dan 2 saat akan melewati tanjakan. 

    Pemilihan gigi ini adalah menggunakan gigi 2 terlebih dahulu saat akan melewati tanjakan, namun bisa di tengah tanjakan ini kondisi tenaga mesin mau habis, bisa dipindah dengan menggunakan gigi 1. 

    Jangan sampai saat sedang menanjak namun sudah tidak ada gigi lebih rendah yang bisa dioper pada saat mesin mobil kehabisan tenaga.

    Harus berhenti di tanjakan

    Selain menginjak pedal rem, alangkah baiknya juga menarik tuas rem tangan. Hal ini dimaksudkan agar kondisi mobil tidak mundur kebelakang saat kaki tidak menginjak rem dengan benar. 

    Saat digunakan untuk menanjak lagi, bisa lepas tuas rem tangan dengan perlahan sambil menambah pijakan pada pedal gas.

    Injak pedal rem pada tanjakan yang menyerupai gundukan

    Di jalanan Indonesia masih banyak ditemui tanjakan kecil yang seperti sebuah gundukan yang melintang di jalanan. Bila tidak mengurangi kecepatan saat melewati tanjakan kecil ini, mobil yang Anda kendarai terasa seperti meloncat.

    Maka dari itu saat melewati tanjakan yang menyerupai gundukan bisa dilakukan sambil mengurangi kecepatan dan menginjak rem secara perlahan tanpa harus berhenti. Gundukan yang biasanya kerap ditemui adalah polisi tidur, atau jalanan yang dibawahnya ada saluran irigasi hingga parit.

    Injak pedal gas dan kopling secara bersamaan

    Menginjak pedal gas dan kopling secara bersamaan atau kondisi setengah kopling memang terkadang tidak bisa dihindari. Namun dengan melakukan ini kondisi mobil akan berhenti pada sebuah tanjakan dengan posisi mesin menyala dan siap untuk melaju saat pedal kopling dilepas perlahan.

    Memang melakukan kondisi setengah kopling sangat tidak dianjurkan bila dilakukan terlalu sering. Pasalnya kompas kopling akan cepat panas dan habis bila terlalu sering melakukan aksi ini. 

    Setelah mengetahui cara mengemudikan mobil manual di tanjakan, hal ini bisa Anda praktekan terlebih dahulu di sebuah tanah lapang. Setelah mahir baru bisa dicoba pada jalanan yang sepi.

    Nah, sebelum setelah belajar menyetir, Anda bisa membeli mobil impian Anda di dealer terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik dan garansi pada unit yang Anda beli seperti OLX Autos.

    Membeli mobil bekas yang aman digunakan di jalan tentu harus fokus pada Kualitasnya. #PilihYangPasti untung di OLX Autos. Kamu bisa pilih ribuan unit mobil dengan kualitas terbaik dan sudah melalui inspeksi. Sehingga bergaransi dan dijamin aman dan nyaman untuk berkendara bersama keluarga tercinta!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait