Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tips & TrikCara Pilih Kursi dan Meja yang Sesuai dengan Tinggi Badan

    Cara Pilih Kursi dan Meja yang Sesuai dengan Tinggi Badan

    Ini dia tips dan trik cara mudah memilih kursi dan meja agar sesuai tinggi badan.

    News.OLX – Pemilihan kursi dan meja yang sesuai dengan tinggi badan sangat penting untuk kenyamanan dan menjaga postur tubuh kamu. Terutama untuk kamu yang sering menghadap layar untuk yang lama.

    Selain alasan mengutamakan kenyamanan dan menjaga postur tubuh, memilih kursi dan meja sesuai tinggi badan dapat menjaga tulang kamu agar  terhindar dari penyakit seperti kifosis, lordosis atau skoliosis.

    Berikut ini adalah panduan untuk memilih kursi dan meja yang sesuai dengan tinggi badan:

    Cara memilih kursi

    1. Memiliki pengaturan tinggi duduk

    Pastikan kursi memiliki tinggi yang dapat disesuaikan. Kursi yang dapat diatur tingginya memungkinkan kamu dapat menyesuaikan ketinggian duduk agar sesuai dengan meja dan tidak membuat kamu pegal jika duduk untuk waktu yang lama. Pilih kursi yang memungkinkan kaki nyaman bersentuhan dengan lantai tanpa kesulitan.

    2. Mendukung posisi punggung

    Pilih kursi yang memberikan dukungan pada bagian bawah punggung untuk menjaga postur tulang belakang. Sesuaikan kursi yang memiliki sandaran punggung dan pastikan dapat diatur agar bisa menyesuaikan dengan bentuk tubuh.

    3. Pilihlah bantalan duduk yang nyaman

    Pastikan bantalan duduk pada kursi cukup lebar dan memiliki tekstur yang lembut agar dalam menopang seluruh bagian pantat dan paha dapat memberikan kenyamanan jika ingin duduk untuk waktu yang lama.

    tinggi badan (1)

    Cara memilih meja

    1. Sesuaikan tinggi meja dengan posisi tubuh

    Pilihlah tinggi meja yang sesuai dengan tinggi siku saat lengan berada pada posisi lurus di samping tubuh. Atau kamu dapat memilih meja yang modern dan memiliki pengaturan tinggi meja yang fleksibel.

    DIsarankan pilih meja yang memungkinkan tangan dan lengan kamu berada pada posisi yang nyaman ketika mengetik, menulis atau sedang menggunakan mouse.

    2. Memiliki ruang yang luas untuk kaki

    Pastikan meja memberikan cukup ruang di bawahnya agar kamu dapat duduk dengan nyaman tanpa kesulitan membengkokkan atau merapatkan kaki.

    3. Pilihlah bahan permukaan yang halus

    Lebih baik pilih meja dengan permukaan yang dapat dibersihkan dan tahan lama. Lalu memiliki tekstur yang halus dan nyaman disentuh oleh kulit. Hindari meja yang terlalu licin atau terlalu kasar untuk menghindari kejadian seperti lecet atau tersayat pada kulit.

    Cara mengkombinasi kursi dengan meja

    1. Lakukan pengukuran sebelum membeli

    Sebelum membeli, lakukan pengukuran tubuh kamu terlebih dahulu untuk mendapatkan gambaran yang akurat tentang tinggi duduk dan tinggi meja yang dibutuhkan. Lalu jangan lupa juga menghitung ruang pada kamar yang tersedia untuk peletakan meja dan kursi ini.

    2. Sesuaikan dengan anggaran

    Pastikan kursi dan meja sesuai dengan anggaran yang kamu punya. Jika memungkinkan untuk mendapatkan meja dan kursi yang dapat diatur atau disesuaikan, sediakan anggaran yang lebih besar lagi demi kenyamanan yang sesuai dengan tinggi dan postur tubuh kamu.

    3. Ergonomi

    Pilih perabot yang dirancang dengan prinsip ergonomi untuk mendukung kesehatan dan kenyamanan postur tubuh selama penggunaan jangka panjang.

    Penting untuk diingat bahwa preferensi individu dapat bervariasi. Jadi penyesuaian kursi dan meja dapat kamu pikirkan secara matang untuk menemukan kombinasi yang paling nyaman. Jika memungkinkan, cobalah kursi dan meja tersebut secara langsung sebelum membeli.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya di OLX. Kamu juga bisa menemukan berbagai barang bekas seperti mobil atau motor bekas impianmu dengan download aplikasi OLX di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait