Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    Tips & TrikCek Bagian Ini Bila Gigi Persneling Tidak Bisa Dipindah

    Cek Bagian Ini Bila Gigi Persneling Tidak Bisa Dipindah

    Kanvas kopling tipis bisa jadi penyebab gigi persneling tidak bisa dipindah!

    News.OLX – Mengalami masalah saat hendak mengganti gigi persneling mobil bisa jadi pengalaman yang kurang menyenangkan. Apalagi jika kondisi jalanan curam atau ketika kendaraan bergerak cepat dan kamu benar-benar harus mengganti persneling dengan cepat.

    Namun, tahukah kamu bahwa tantangan ini dapat diatasi dengan rutin memperhatikan beberapa faktor tertentu pada mobilmu? Mengetahui penyebab masalah ini akan membantu kita mengatasi permasalahan dengan lebih efektif.

    Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan tujuh alasan umum mengapa gigi persneling mobil bisa sulit dipindahkan dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Berikut penjelasannya.

    gigi persneling (1)

    1. Kanvas kopling tipis

    Salah satu alasan utama mobil kesulitan pindah gigi adalah kanvas kopling yang sudah menipis. Jika mobil membutuhkan tekanan gas lebih dalam atau mesin harus berputar pada tingkat yang lebih tinggi, kemungkinan besar kanvas kopling perlu diganti.

    Jangan menunda penggantian ini agar perjalanan kamu tetap nyaman dan aman. Harga satu set kanvas kopling berbeda-beda.

    Kamu bisa menemukan di bengkel dengan kisaran harga Rp 700 ribuan untuk transmisi manual dan Rp 1,3 jutaan untuk transmisi otomatis.

    2. Kebocoran fluida pada master kopling

    Jika fluida pada master kopling bocor, tekanan hidrolik yang dihasilkan tidak akan maksimal, membuat sulit saat hendak mengganti gigi. Segera perbaiki kebocoran atau dapatkan saran ahli. Menunda perbaikan hanya akan membuat masalah semakin rumit.

    3. Kabel tuas persneling pecah

    Kabel tuas persneling yang patah, terutama pada mobil yang sudah ‘berusia’, bisa menjadi akar masalah perpindahan gigi. Lakukan pengecekan berkala, dan jika ditemukan kerusakan, gantilah dengan yang baru. Harga komponen ini biasanya sekitar Rp 370 ribuan.

    4. Free play kopling terlalu besar

    Free play yang terlalu besar pada kopling, terutama pada mobil bertransmisi manual, dapat menyebabkan masalah perpindahan gigi. Penyetelan ulang pada baut adjuster dapat membantu mengurangi free play dan memperbaiki masalah ini.

    5. Shift fork aus

    Shift fork aus juga bisa menjadi penyebab masalah perpindahan gigi. Komponen ini bertugas menyambungkan pergeseran gigi pada transmisi. Jika sudah aus, segera ganti dengan yang baru agar perpindahan gigi tetap lancar. Harga shift fork biasanya sekitar Rp 450 ribuan.

    6. Setelan pedal tidak tepat

    Setelan pedal yang tidak pas bisa membuat gigi sulit dipindahkan, meskipun kopling sudah diinjak sampai penuh. Lakukan penyetelan ulang pada setelan pedal agar perpindahan gigi menjadi lebih mudah.

    7. Jalur pipa master kopling kotor

    Jalur pipa master kopling yang kotor dapat menyebabkan sirkulasi udara yang tidak stabil. Ganti minyak kopling dengan yang baru dan pastikan untuk melakukan proses bleeding agar udara dalam saluran dapat keluar.

    Dengan menjaga kondisi komponen-komponen ini dan melakukan perawatan secara rutin, kita dapat mencegah masalah perpindahan gigi. Tindaklanjuti permasalahan secepatnya agar pengalaman berkendara tetap menyenangkan, aman, dan nyaman.

    Dapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait