Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tips & TrikPerlukah Coating Mobil Dilakukan? Apa Manfaat dan Berapa Biayanya?

    Perlukah Coating Mobil Dilakukan? Apa Manfaat dan Berapa Biayanya?

     Selain bikin kinclong, coating mobil punya banyak manfaat lain!

    News. OLX – Coating mobil merupakan salah satu perawatan khusus yang masih banyak digunakan oleh masyarakat untuk melindungi cat mobil. Tetapi sayangnya, banyak dari masyarakat yang sampai saat ini belum mengerti benar apa saja manfaat dari coating.

    Selain melindungi cat mobil, dengan melakukan coating tentu tampilan mobil akan menjadi lebih bagus dan akan nampak seperti baru lagi. Sebelum kamu memutuskan untuk melakukan coating tentu kamu perlu memahami dulu konsep perawatan ini.

    Apa itu coating mobil?

    Coating mobil adalah sebuah proses penambahan lapisan khusus pada permukaan cat eksterior mobil. Dan di jaman sekarang, Nano coating atau nano ceramic cukup viral dan populer di kalangan masyarakat karena menawarkan kualitas yang lebih baik.

    Kelebihan dari coating adalah dapat membuat tampilan eksterior mobil terlihat seperti baru, mengurangi kusam pada bodi dan membuat mobil lebih syahdu buat di pandang. 

    Coating juga menjadi solusi alternatif yang biasa membuat tampilan warna cat mobil menjadi tampak selalu kilap dan terlihat cerah.

    Perawatan ini dilakukan dengan memakai bahan silikon dioksida yang menjadi bahan baku utama untuk membuat keramik atau kaca. Dengan teknik coating yang benar, maka dampak baiknya adalah mobil mendapatkan tampilan yang baru dan segar.

    coating (1) (1)

    Manfaat coating mobil

    Selain bikin tampilan mobil semakin kinclong, berikut manfaat melakukan coating.

    1. Memberikan efek kilap yang tahan lama

    Salah satu kelebihan dari coating adalah memberikan memberikan efek kilap yang tahan lama. Jasa coating sekarang sudah sangat menjamur di Indonesia dan setiap jasa memiliki penawaran yang berbeda-beda. 

    Pastikan kamu bijak dalam memilih jasa coating yang profesional dan berpengalaman. Apabila kamu salah memilih jasa, maka akan berakibat fatal juga pada tampilan mobil kedepannya.

    Pilihan pada coating yang memberikan efek kilap pun juga beragam. Jika ingin menggunakan cara lama yang menggunakan sealant atau wax, biasanya efek kilap hanya bertahan 3 bulan saja.

    Jika kamu menggunakan coating atau dengan jenis terbarunya yaitu nano ceramic, maka kilap mobil kamu bisa bertahan sampai dengan 3 tahun. 

    Dan juga, catatan tambahan untuk kamu, ketahanan kilap tergantung juga dari bagaimana cara kamu melakukan perawatan dan pemilihan jenis coating yang akan dipakai.

    2. Mencegah warna pudar

    Manfaat selanjutnya, melakukan coating mobil mampu mencegah pudarnya warna cat pada mobil. Jika kamu tepat memilih coating dengan menyesuaikan keadaan cat, pastinya akan memberikan dampak baik bagi mobil.

    Melindungi permukaan cat sekaligus warna cat dari paparan sinar ultraviolet saat terpapar sinar matahari merupakan salah satu kelebihannya. Karena sinar ultraviolet memiliki efek yang kurang bagus terhadap warna cat dan permukaan cat mobil. 

    Mobil yang terlalu sering diparkirkan di luar akan mudah terkena pancaran sinar ultraviolet, sehingga cat pada bodi akan lebih cepat kusam dan memudar.

    Anti UV merupakan sebuah istilah yang menjelaskan mengenai salah satu kemampuan dari coating mobil untuk mencegah pemudaran warna cat akibat adanya paparan sinar ultraviolet.

    3. Kuat terhadap goresan

    Coating mobil bisa membuat permukaan cat mobil menjadi lebih kuat terhadap berbagai goresan. Semakin tebal lapisan coating yang diaplikasikan dalam bodi mobil, akan membuat daya tahan cat semakin kuat. 

    Apabila mobil sudah di-coating dengan baik, maka kamu tidak perlu khawatir dengan berbagai goresan yang bisa saja muncul. 

    4. Kuat terhadap jamur dan air

    Apabila mobil kamu terlalu sering terkena air, maka permukaan bodi mobil akan sering mengalami lembab, sehingga dapat menimbulkan jamur. Kondisi ini pastinya harus segera diatasi, agar jamur tidak cepat merambat dan merusak permukaan mobil yang lainnya.

    Kegunaan coating pada mobil ini juga membantu agar bodi lebih tahan terhadap bercak air dan berbagai serangan jamur. 

    Dengan adanya water repellent effect atau yang banyak dikenal dengan efek daun talas, air dan berbagai kotoran tidak akan mudah menempel pada bodi mobil. Sehingga air tidak akan menempel dan menghindari munculnya bercak pada permukaan cat

    Selain itu, mencegah tumbuhnya jamur yang biasanya muncul akibat bercak air yang membandel pada permukaan dan pastinya dapat merusak bodi mobil. Dengan coating, jamur bisa dikendalikan dengan sangat baik.

    Biaya coating mobil

    Setelah mengetahui manfaatnya, berikut ini adalah biaya yang perlu kamu siapkan jika kamu ingin melakukan coating pada mobil kamu :

    • Small vehicle: antara 2 juta sampai 5 juta.
    • Medium vehicle: antara 3 juta sampai 6 juta.
    • Large vehicle: antara 4 juta sampai 8 juta.
    • Luxury vehicle: antara 7 juta sampai 10 juta.

    Setelah mengetahui informasi singkat mengenai coating, kamu bisa pertimbangkan dengan matang jika ingin memilih jasa untuk perawatan ini. Selain itu, coating mobil merupakan investasi jangka panjang untuk mobil kamu agar tetap selalu stylish saat di jalan.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store. (Rek/Z)

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait