Sabtu, Juni 22, 2024
Lainnya
    Tips & TrikCV Adalah Daftar Riwayat Hidup, Ini Tips Memulainya

    CV Adalah Daftar Riwayat Hidup, Ini Tips Memulainya

    CV adalah daftar riwayat hidup yang dapat membantumu menemukan pekerjaan. Cek tips membuatnya!

    OLX News – Curriculum Vitae atau CV adalah daftar riwayat hidup yang akan membantu kamu untuk mendapatkan pekerjaan impian. 

    Dokumen ini akan mengandung sejumlah informasi penting mengenai riwayat hidup pelamar kerja yang dibuat berurutan sesuai kronologis kejadiannya. Agar CV milikmu lebih bagus dan menarik perhatian HRD, maka ikutilah beberapa tips memulainya di bawah:

    1. Persiapkan Data Diri

    Pertama, silahkan tulis identitas dirimu yang sesuai dengan keadaan, mulai dari nama, alamat, nomor HP, email, media sosial, atau lainnya. Pastikan hanya memasukkan data diri seperlunya, jangan terlalu detail, seperti alamat lengkap.

    Dari data ini, nantinya perekrut akan lebih mudah menghubungi untuk menginformasikan apakah kamu lanjut ke tahapan berikutnya atau tidak.

    2. Menuliskan Riwayat Pendidikan

    Selanjutnya, cantumkan riwayat pendidikan terakhir kamu dengan data yang benar. Silakan tuliskan pendidikan terakhir saja, atau minimal dari SMA sampai kuliah. 

    Riwayat TK hingga SMP, sebenarnya tidak relevan dengan pengalaman untuk keperluan kerja, sehingga dapat kamu lewatkan saja.

    Selain itu, tidak perlu terlalu detail memasukkan alamatnya, cukup namanya saja. Jika kamu seorang fresh graduate, silakan masukkan juga IPK (Indeks Prestasi Kumulatif).

    3. Masukkan Pengalaman Kerja

    Pengalaman kerja wajib dicantumkan, khususnya jika kamu sudah berpengalaman kerja sebelumnya. Tidak semua pengalaman yang perlu dimasukkan, kamu cukup memasukkan pengalaman yang relevan dengan keperluan perusahaan.

    Bukan hanya menjelaskan mengenai posisi dan tempat kerja sebelumnya, di dalam bagian ini kamu perlu menjelaskan secara detail mengenai tugas dan pencapaian yang berhasil diraih selama kamu menjabat  dalam role tersebut.

    4. Usahakan Buat Sesingkat Mungkin

    Dalam mendeskripsikan apapun, pastikan untuk membuat penjelasannya sesingkat mungkin atau langsung ke inti poinnya. Selain menghemat ruang, ini juga akan mempermudah perekrut untuk menemukan inti informasi yang kamu sampaikan.

    5. Tonjolkan Pencapaianmu

    Seperti sempat dibahas sebelumnya, silakan berfokus pada inti yang ingin kamu sampaikan. Daripada sekadar menjelaskan mengenai pekerjaanmu secara umum, silakan langsung saja merinci berbagai prestasi atau pencapaian selama menjabat jabatan tersebut.

    Agar bukti kontribusimu lebih mudah diukur, masukkan jugalah fakta atau angka mengenai pencapaian tersebut.

    6. Tuliskan Keterampilanmu

    Selain keterampilan inti yang menjadi nilai jualmu untuk melamar posisi, maka mencantumkan keterampilan tambahan pada CV adalah salah satu tips yang juga bisa kamu pertimbangkan lagi.

    Dari keterampilan atau hobi yang kamu lampirkan, nanti akan terlihat mengenai kemampuan kamu mengenai aspek lain, seperti komunikasi dan kepribadian. Namun, pastikan juga untuk mencantumkan yang relevan saja dengan kebutuhan posisi yang kamu lamar, ya.

    7. Pergunakan Headline dengan Benar

    Untuk mempermudah dalam penataan dan membuat recruiter lebih cepat paham kualifikasimu, maka pastikanlah untuk membuat headline yang sesuai. Pisahkan setiap headline sesuai dengan isi kontennya, seperti pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, dan sebagainya.

    8. Jujur

    Jujur adalah kunci penting dalam menyusun CV. Karena jika kamu berbohong seperti melebih-lebihkan kualifikasi atau kemampuan, maka ketika ketahuan, citramu akan langsung merosot. Hal ini bisa berdampak ke masa depan, di mana orang lain akan susah percaya dengan kamu.

    Pada akhirnya kredibilitas dan integritas kamu dipertanyakan.

    Selain beberapa tips di atas, kamu juga bisa menyesuaikan lagi CV tersebut agar semakin menarik lagi, seperti desain yang profesional, mencantumkan LinkedIn, dan lainnya.

    Nah, setelah tahu bahwa tips-tips menyusun CV adalah hal yang bisa dipraktikan sendiri, maka segeralah susun CV milikmu sekarang. Apabila kamu kebetulan sedang mencari barang bekas, cek ke OLX, ya. Unduh juga aplikasi OLX melalui Google Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait