Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tips & TrikDaftar Aksesoris Mobil yang Wajib Dibawa Saat Perjalanan Jauh

    Daftar Aksesoris Mobil yang Wajib Dibawa Saat Perjalanan Jauh

     Aksesoris mobil ini wajib dibawa kalau mau perjalanan aman dan nyaman!

    News.OLX – Perjalanan jarak jauh merupakan momen yang penuh tantangan sekaligus menyenangkan. Hal ini terutama saat menjelajahi jarak jauh dengan mobil atau motor kesayangan kamu. 

    Meski begitu, terdapat aksesoris wajib yang harus kamu bawa agar perjalanan berjalan lancar dan kamu dapat mengatasi segala kemungkinan situasi terburuk di jalan. Lantas, apa saja aksesoris yang harus dibawa sebelum melakukan perjalanan jauh?

    Untuk itu, artikel ini akan membahas daftar aksesoris yang tidak boleh terlewat saat perjalanan jauh dengan referensi pada informasi sebelumnya.

    1.Penutup mobil

    Penutup mobil adalah investasi cerdas untuk melindungi kendaraan kamu selama perjalanan, jika kamu menggunakan mobil. Penutup mobil bisa melindungi mobilmu dari debu, kotoran, sinar matahari, atau cuaca ekstrem. Dengan menggunakan penutup mobil, kamu dapat mempertahankan kebersihan dan keindahan kendaraan selama perjalanan yang mungkin menempuh berbagai kondisi.

    2. Pengisi udara portabel

    Penting untuk membawa pengisi udara portabel saat perjalanan jauh. Apa yang terjadi jika kamu mengalami kebocoran atau tekanan ban kurang tepat di tengah perjalanan? Pengisi udara portabel akan menjadi penyelamat. Kamu dapat dengan mudah mengatasi masalah tekanan udara tanpa harus bergantung pada bengkel atau stasiun pengisian udara.

    3. Kit pemeliharaan dan darurat

    Sebuah kit pemeliharaan dan darurat adalah perlengkapan wajib saat perjalanan jauh. Kunci roda, alat perbaikan ban, obat-obatan, plester, dan perban adalah hal-hal kecil yang dapat membuat perbedaan besar dalam situasi darurat. Kamu tentu tidak ingin terjebak tanpa persiapan di tengah jalan yang sepi.

    4. Powerbank

    Meski bukan aksesoris mobil, powerbank termasuk barang yang tidak boleh terlupakan. Saat perjalanan jauh, kamu akan mengandalkan ponsel atau perangkat elektronik untuk navigasi dan hiburan. 

    Membawa charger mobil atau powerbank memastikan kamu tetap terhubung tanpa khawatir kehabisan baterai di tengah jalan.

    5. Holder HP

    Saat perjalanan jauh, ponsel sering digunakan sebagai alat navigasi atau untuk panggilan penting. Memiliki holder hp di dalam mobil memastikan kamu dapat mengakses ponsel dengan mudah tanpa mengalihkan pandangan dari jalan, sehingga kamu bisa tetap fokus mengemudi.

    6. Organizer 

    Agar barang bawaan tetap terorganisir, penggunaan organizer mobil sangat disarankan. Kamu dapat menyimpan makanan, minuman, peta, buku, atau perlengkapan lainnya dengan rapi. 

    Dengan memiliki tempat khusus untuk setiap barang, kamu dapat menemukan apa yang kamu butuhkan tanpa mengacaukan seluruh bagian mobil.

    Perjalanan (1) (1)

    7. Kabel charger USB

    Mengisi daya perangkat elektronik seperti ponsel atau tablet saat perjalanan jauh memerlukan kabel penghubung dan adaptor yang sesuai. Pastikan kamu membawa peralatan ini agar tetap terhubung dan menghindari kehabisan daya di perangkat kamu.

    8. Kamera dashcam

    Kamera dashcam adalah tambahan yang bermanfaat untuk keamanan dan dokumentasi perjalanan. Merekam momen-momen penting dan memberikan bukti dalam situasi kecelakaan dapat memberikan keamanan tambahan saat kamu berada di jalan.

    9. Lampu senter

    Lampu senter adalah aksesoris sederhana namun penting. Dalam situasi darurat atau ketika kamu memerlukan cahaya tambahan di malam hari, lampu senter dapat menjadi sahabat kamu.

    10. 000000Kabel jumper

    Membawa kabel jumper adalah tindakan cerdas untuk mengatasi masalah aki kendaraan. Dengan kabel jumper yang tepat, kamu dapat membantu diri kamu sendiri atau orang lain yang mengalami masalah serupa.

    11. P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan)

    Kotak P3K di dalam mobil adalah persiapan yang bijaksana. Kamu tidak pernah tahu kapan kamu membutuhkannya. P3K dapat menyediakan peralatan medis dasar yang dapat digunakan dalam keadaan darurat.

    12. Cup holder

    Cup holder mungkin terlihat sepele, namun dapat membantu menjaga kebersihan dan kenyamanan kamu. Kamu tidak ingin minuman atau botol air tumpah dan mengganggu perjalanan kamu.

    13. Cadangan air minum

    Bagi para petualang sejati pasti sering melalui jalanan yang jauh dari pemukiman. Petualang sejati pun tentunya tidak akan melupakan cadangan air minum, jaga-jaga jika ada masalah di tengah perjalanan yang sepi.

    Baca juga: Tekanan Angin Ban Mobil Harus Dicek Sebelum Perjalanan Jauh, Ini Alasannya

    Dalam perjalanan jauh, persiapan adalah kunci untuk mengatasi segala kemungkinan. Dengan membawa aksesoris yang tepat, kamu dapat menikmati perjalanan dengan lebih nyaman dan aman. Untuk itu, pastikan untuk selalu memeriksa kondisi dan kelengkapan mobil kamu sebelum perjalanan dimulai!

    Temukan lebih banyak informasi dan tips lainnya di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait