Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    InformasiTumbuh Signifikan, FIFGROUP Cetak Rekor Laba Bersih di Tiga Kuartal Pertama Tahun...

    Tumbuh Signifikan, FIFGROUP Cetak Rekor Laba Bersih di Tiga Kuartal Pertama Tahun Ini

    Kinerja FIFGROUP sepanjang Januari – September 2023 mencatat hasil yang positif dengan meraih laba bersih hingga Kuartal-III tahun ini sebanyak Rp3,0 triliun, naik 30,9% jika dibanding periode yang sama tahun lalu, sebanyak Rp2,3 triliun.

    News.OLX – Pertumbuhan kinerja ini didukung berbagai strategi perusahaan yang diimplementasikan dalam menghadapi dinamika bisnis yang terjadi pada bisnis perusahaan pembiayaan.

    “Dari sisi penyaluran kredit sampai dengan September tahun ini, kita sudah menyalurkan kredit sebesar Rp31,8 triliun. Dibandingkan dengan tahun lalu itu kita di angka Rp24,8 triliun,” sebut Presiden Direktur PT FIF, Margono Tanuwijaya di Restoran Cerita Rasa, Ampera, Jakarta Selatan, Selasa (7/11/2023).

    Angka penyaluran kredit tersebut, secara year-on-year naik 28,1% dengan unit yang dibiayai FIF sebanyak 2,4 juta unit atau naik sebesar 19,9% year-on-year.

    “FIF terus mengoptimalkan pengembangan teknologi dan keterhubungan bisnis di dalam maupun di luar ASTRA guna memperkuat ekosistem bisnis FIF secara internal yang didukung dengan kontrol di jaringan kami. Hal ini diharapkan dapat mempertahankan customer lifetime value yang dimiliki oleh FIF dan kolaborasi baik di ekosistem ASTRA,” lanjut Margono.

    Pembiayaan Motor Baru Honda Tumbuh 60% 

    Honda Scoopy

    FIFGROUP didukung 5 brand services, FIFASTRA, DANASTRA, SPEKTRA, FINATRA dan AMITRA. Masing-masing lini bisnis tersebut memberikan kontribusi cukup berarti untuk kinerja positif FIFGROUP. 

    Khususnya FIFASTRA, jasa pembiayaan sepeda motor baru Honda, yang berkontribusi Rp20,3 triliun terhadap penyaluran nilai pembiayaan FIFGROUP secara keseluruhan.

    Nilai tersebut naik sebesar 36,1% dibanding periode sama pada tahun 2022 senilai Rp14,9 triliun.

    “Kita tahu tahun lalu penjualan motor Honda itu mengalami kendala. Tahun ini karena sudah tidak ada kendala micro chip, Honda pun secara distribusi, suplai dan segala macam sudah jauh lebih lancar. Itulah salah satu yang mendorong pertumbuhan kita,” terang Margono. FIFASTRA dijelaskan Margono memberi kontribusi pertumbuhan hingga 60% lebih. 

    Begitu juga di sektor pembiayaan motor bekas menurutnya ada kenaikan. Namun untuk pembiayaan ini masuknya di pembiayaan multiguna (DANASTRA). 

    “Pembiayaan sepeda motor bekas masuknya ke pembiayaan multiguna. Ini juga mengalami pertumbuhan. Kalau kita kan melihat 2022 itu masih situasi Covid, sehingga kebutuhan orang akan pinjaman multiguna cukup tinggi. Sekarang setelah lepas Covid, orang sudah mulai berusaha, kebutuhan untuk dana pembiayaan pun tetap tinggi.” 

    Pencapaian profit tahun ini menjadi rekor tersendiri bagi FIFGROUP. Sepanjang Januari – Desember tahun lalu, profit perusahaan diakui Margono mencapai Rp3,1 triliun. 

    “Sekarang, kita baru sampai di September saja, profit sudah mencapai 3 triliun rupiah, sementara masih ada tiga bulan tersisa. Artinya angka tahun lalu akan terlampaui, tapi kita belum closed di angka berapa,” pungkasnya. 

    Namun Margono tidak mau menentukan target yang akan diraih oleh FIFGROUP hingga akhir tahun ini.

    Dapatkan informasi motor Honda bekas di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait