Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    LainnyaMasih Banyak Peminat, Intip Berapa Harga Suzuki Jimny Katana Bekas?

    Masih Banyak Peminat, Intip Berapa Harga Suzuki Jimny Katana Bekas?

    Para penggemar mobil offroad tentu sudah akrab dengan jenis mobil yang satu ini. Mobil mungil berbentuk kotak ini merupakan salah satu kendaraan yang cukup banyak dicari-cari untuk dijadikan kendaraan nostalgia. Pada masanya, banyak yang menyebut mobil ini ‘Jeep’ karena penampilannya yang nyaris serupa. Padahal, Suzuki Jimny Katana berbeda dengan Jeep. Selain beda merk, berbeda pula dari segi performa.

    Memang harus diakui, jika Suzuki Jimny Katana memiliki alasan tersendiri yang membuatnya menjadi magnet bagi banyak orang. Pertama, dari ukurannya yang compact, sederhana, kemudahan mendapatkan sparepart, dan biaya perawatan mobil yang murah. Jimny Katana lahir dalam dua varian, yaitu DX dan GX. 

    Spesifikasi Jimny Katana

    Mesin Suzuki Jimny Katana
    Mesin Suzuki Jimny Katana (olxautos.co.id)

    Secara umum, Jimny Katana memiliki dimensi panjang 3.430 mm, lebar 1.460 mm, tinggi 1.825 mm, dan wheelbase 2.030 mm. Bisa dilihat dari dimensinya, mobil ini tergolong kecil, tetapi memiliki bodi yang cukup tinggi. Hal ini menunjukkan ground clearance yang juga tinggi, yaitu 2.300 mm. Selain itu, dibandingkan dengan varian Jimny yang lain, pada bagian atap Jimny Katana terbuat dari material yang lebih tebal, sehingga terlihat lebih tinggi.

    Performa mesinnya cukup baik, meski kapasitasnya cukup kecil, 1.000 cc. Mesin dengan kode F10A 4 silinder segaris SOHC 8 katup ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 50 PS pada 5.500 rpm dan torsi maksimal mencapai 7,5 Kgm pada 3.500 rpm. Kapasitas mesinnya memang terlihat kecil, tetapi hal ini sebanding dengan bodinya yang juga kecil, sehingga tidak ada masalah. Jimny Katana bisa dijadikan kendaraan untuk mobilitas harian. Dengan sedikit modifikasi, mobil ini juga bisa dijadikan mobil offroad.

    Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Terbaru Suzuki Jimny

    Jimny Katana menawarkan dua varian sistem penggerak, yaitu 4WD dan RWD. Namun, pada masanya, penjualan tipe RWD lebih diminati. Pada akhir produksinya, Jimny Katana hanya menyediakan varian RWD. Jika Anda mencari mobil Jimny Katana varian 4WD, mungkin sedikit perlu usaha.

    Interior

    Interior Suzuki Jimny Katana
    Interior Suzuki Jimny Katana (olxautos.co.id)

    Mobil yang dapat memuat 5 sampai 6 penumpang ini memiliki 3 pintu masuk. Lokasinya ada pada dua sisi depan dan satu pintu di belakang. Masuk ke bagian interiornya, di dalam Anda akan menemui desain yang cukup jadul dengan segala kesederhanaannya. Namun, untuk mobil sekelas 2000-an, sebetulnya tidak bisa dikatakan terlalu jadul.

    Terdapat dua pilihan desain jok Jimny Katana. Pertama, desain jok dengan bagian belakang yang berhadapan pada tipe DX. Versi ini merupakan awal kemunculan Jimny Katana. Dengan konfigurasi ini, maka penumpang masih bisa masuk hingga 6 orang maksimal. Sedangkan, pada tipe GX, jok belakang Suzuki Jimny Katana menghadap ke depan dengan penumpang maksimal 5 orang.

    Kabin Suzuki Jimny Katana
    Kabin Suzuki Jimny Katana (olxautos.co.id)

    Sedikit catatan, bagian kabin belakang Jimny Katana cukup sempit, terutama pada bagian ruang kaki dan kepala. Sehingga, bagi mereka yang berpostur tinggi di atas 180 cm mungkin akan merasakan ketidaknyamanan di dalam kabin. Anda yang berpostur tinggi sebaiknya duduk di bagian depan.

    Eksterior

    Suzuki Jimny Katana
    Suzuki Jimny Katana (olxautos.co.id)

    Begitu melihat mobil ini, kesan pertama yang muncul mungkin adalah jadul. Ya, secara eksterior memang mobil ini memiliki kesan ‘mobil jadul’ yang cukup kuat dari segi desain dan bentuknya yang boxy. Pada sisi samping mobil, tepatnya pada bagian pintu depan, terdapat livery atau sticker bodi yang dipasang sebagai tampilan standar mobil ini. Livery ini sekaligus menjadi ciri khas mobil Jimny Katana.

    Material bodi Suzuki Jimny Katana terbuat dari kaleng. Jika terjadi benturan, kemungkinan mobil mengalami retak sangat minim, paling tidak hanya penyok. Bisa dikatakan, mobil dengan material ini lebih kuat, meski beban kendaraan jadi bertambah.

    Baca juga: Suzuki Jimny, Dilema Sang Legenda

    Fitur

    Fitur sederhana Suzuki Jimny Katana
    Fitur sederhana Suzuki Jimny Katana (olxautos.co.id)

    Menyoal fitur, Suzuki Jimny Katana memang tidak memiliki fitur mewah layaknya mobil masa kini. Namun, untuk mobil keluaran lama, fitur pada Jimny Katana sudah bisa dikatakan cukup. Misalnya, mobil ini sudah dibekali sistem power steering yang mampu meringankan beban kemudi. Sehingga, setir tidak terasa berat.

    Jimny Katana juga sudah dilengkapi dengan HVAC system yang bisa berfungsi sebagai pendingin suhu kabin sekaligus ventilasi mobil. Untuk sekelas mobil lama, fitur ini termasuk jarang dimiliki. Fitur-fitur lainnya merupakan fitur standar, seperti radio dan audio mobil standar tipe mobil lama.

    Harga Baru dan Bekas

    Harga mobil Jimny Katana bekas kini sangat murah di pasaran. Untuk tipe lamanya, DX dibanderol mulai Rp 30 jutaan saja. Sementara, untuk tipe GX dibanderol mulai Rp 40 jutaan. Variasi harga tergantung dari kondisi dan performa. Namun, ada juga yang menjual Jimny Katana hingga Rp 100 jutaan. Mobil Suzuki Jimny Katana yang dibanderol harga tinggi biasanya yang memiliki kualitas masih orisinil. Misalnya, cat masih orisinil, tidak ada banyak modifikasi, jarak tempuh rendah, dan kondisi lainnya masih baik dan laik guna.

    Faktor lainnya yang menyebabkan Jimny Katana bekas bernilai tinggi adalah dari segi orisinalitas. Sebab, rerata mobil Jimny Katana sudah melalui tahap modifikasi oleh pemilik sebelumnya. Misalnya, mengganti atap, interior, upgrade mesin, warna cat, dan lain sebagainya. Modifikasi inilah yang mempengaruhi harga jual kembali Jimny Katana karena keasliannya semakin berkurang. Padahal, banyak orang mencari Jimny Katana dengan alasan orisinalitasnya sebagai mobil jaman dulu dan ingin bernostalgia.

    Baca juga: Suzuki Katana 150 cc Bakal Masuk Indonesia?

    Bagaimana? Anda tertarik membeli Suzuki Jimny Katana bekas? Mobil ini sangat cocok bagi pengendara urban yang menggunakan kendaraan untuk mobilitas santai atau sekadar menikmati offroad sesekali. Bonusnya, Anda bisa bernostalgia, serta irit bahan bakar pula. Ditambah lagi, biaya servis mobil ini tergolong murah dan mudah.

    Jika tertarik membeli Jimny Katana bekas, pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dengan harga paling reasonable hanya di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, semua kebutuhan Anda bisa terpenuhi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait