Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    MobilReviewInfinix Hot 30i dan Redmi 13c, Mana yang Lebih Baik Dibeli?

    Infinix Hot 30i dan Redmi 13c, Mana yang Lebih Baik Dibeli?

    Punya harga yang mirip, Infinix Hot 30i dan Redmi 13c seringkali menjadi pilihan dalam segmen smartphone entry level. Di antara keduanya, mana yang sebaiknya dibeli?

    News.OLX – Dalam era digital yang serba cepat ini, memiliki smartphone canggih merupakan kebutuhan esensial. Namun, dengan banyaknya pilihan di pasaran, memilih smartphone yang tepat bisa menjadi hal yang membingungkan, terutama bagi pengguna dengan budget terbatas.

    Di segmen entry-level, Infinix Hot 30i dan Redmi 13C muncul sebagai dua pilihan menarik dengan harga yang bersahabat. Kedua smartphone ini menawarkan berbagai fitur dan spesifikasi yang mumpuni untuk penggunaan sehari-hari.

    Namun, pertanyaannya, manakah yang lebih unggul dan layak untuk dibeli? Mari kita telusuri lebih dalam perbandingan Infinix Hot 30i dan Redmi 13C dalam berbagai aspek berikut.

    Perbandingan Infinix Hot30i dan Redmi 13C dari Berbagai Aspek

    Infinix Hot 30i vs Redmi 13c

    Desain dan Layar

    Infinix Hot 30i menawarkan pengalaman visual yang mengagumkan dengan layar berukuran 6,56 inci yang memberikan tampilan yang luas dan imersif. Resolusi HD+ pada layar ini menampilkan detail yang cukup baik untuk kegiatan sehari-hari seperti menonton video, menjelajahi internet, dan bermain game. Refresh rate 90Hz memastikan responsifitas yang lebih baik, sehingga gerakan dan transisi antar aplikasi terasa lebih halus. Desainnya yang dilengkapi dengan notch waterdrop menambah sentuhan modern pada tampilan, memaksimalkan luasnya layar tanpa mengganggu pengalaman pengguna.

    Di sisi lain, Redmi 13c menampilkan layar yang sedikit lebih besar, yakni 6,74 inci, yang memberikan lebih banyak ruang untuk menikmati konten multimedia. Resolusi yang sama dengan Infinix Hot 30i tetap memberikan tingkat ketajaman yang baik pada gambar dan teks. Desain minimalis dengan layar Dot Drop memberikan kesan yang elegan dan bersih. Perlindungan Corning® Gorilla® Glass memberikan keamanan ekstra terhadap goresan dan benturan, menambah daya tahan ponsel terhadap penggunaan sehari-hari.

    Jika kamu menginginkan pengalaman visual yang imersif dengan desain modern, serta lebih suka ukuran layar yang sedikit lebih kecil, Infinix Hot 30i mungkin menjadi pilihan yang tepat. Sementara itu, bagi kamu yang mengutamakan ukuran layar yang lebih besar dan perlindungan layar yang lebih kuat, Redmi 13c bisa menjadi pilihan yang lebih cocok. 

    Performa

    Infinix Hot 30i vs Redmi 13c

    Infinix Hot 30i dibekali dengan chipset Helio G37 yang dipadukan dengan GPU Mali-G57, sedangkan Redmi 13c menggunakan chipset Helio G85. Chipset Helio G85 yang digunakan pada Redmi 13c menawarkan sedikit lebih banyak daya pemrosesan dibandingkan dengan Helio G37 milik Infinix Hot 30i. Hal ini bisa menghasilkan performa yang lebih cepat dan responsif dalam menjalankan aplikasi dan tugas sehari-hari. Selain itu, GPU yang lebih kuat pada Helio G85 dapat memberikan pengalaman gaming yang lebih lancar dan lebih baik dalam memproses grafis.

    Namun, perbedaan performa antara keduanya mungkin tidak terlalu signifikan dalam penggunaan sehari-hari. Infinix Hot 30i masih mampu memberikan performa yang memadai untuk kebutuhan dasar penggunaan smartphone. Sedangkan Redmi 13c dengan chipset Helio G85 lebih cocok bagi pengguna yang membutuhkan performa lebih tinggi dan aktivitas yang lebih berat seperti gaming atau multitasking intensif.

    Memori

    Infinix Hot 30i menawarkan kapasitas memori yang besar dengan RAM 8 GB, dan memiliki opsi Extended RAM hingga 8 GB untuk meningkatkan performa multitasking. Selain itu, penyimpanan internal yang luas sebesar 128 GB memberikan ruang yang cukup untuk menyimpan berbagai jenis file, mulai dari aplikasi hingga media.

    Sementara itu, Redmi 13c memiliki pilihan RAM yang lebih fleksibel, dengan opsi 6 GB atau 8 GB. Meskipun demikian, perlu dicatat bahwa Redmi 13c tidak menawarkan opsi Extended RAM seperti yang dimiliki oleh Infinix Hot 30i. Namun, opsi kapasitas penyimpanan internal hingga 256 GB memberikan fleksibilitas tambahan bagi pengguna yang membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar.

    Jika kamu mengutamakan kinerja multitasking yang optimal, Infinix Hot 30i dengan RAM 8 GB dan opsi Extended RAM mungkin menjadi pilihan yang lebih baik. Namun, bagi kamu yang memiliki kebutuhan untuk menyimpan banyak data, Redmi 13c dengan kapasitas penyimpanan yang dapat diperluas mungkin lebih cocok.

    Kamera

    Kedua smartphone ini menawarkan kemampuan fotografi yang solid dengan kamera utama 50 MP. Namun, perbedaan terletak pada tambahan fitur kamera yang dimiliki oleh masing-masing.

    Infinix Hot 30i dilengkapi dengan tambahan kamera depth 0.08 MP, yang memungkinkan untuk menghasilkan efek bokeh yang lebih baik dan kesan kedalaman yang lebih nyata pada foto potret. Sementara itu, Redmi 13c hadir dengan kamera makro 2 MP, yang memungkinkan pengguna mendekati objek yang sangat kecil dan menangkap detail-detailnya dengan jelas.

    Ketika mempertimbangkan kamera depan, Infinix Hot 30i memiliki kamera 5 MP, sementara Redmi 13c memiliki kamera 8 MP. Dengan kamera depan yang lebih tinggi resolusinya, Redmi 13c mungkin memberikan hasil yang lebih tajam dan detail pada foto selfie dan panggilan video.

    Dalam hal kamera, pilihan tergantung pada preferensi fotografi individu. Apabila kamu lebih sering mengambil foto potret dan menginginkan efek bokeh yang lebih baik, maka Infinix Hot 30i lebih baik. Namun, bagi kamu yang lebih memerlukan kualitas foto selfie yang lebih tinggi, Redmi 13c dengan kamera makro dan kamera depan 8 MP bisa menjadi pilihan yang lebih cocok.

    Baterai

    Kedua smartphone ini memiliki kapasitas baterai yang sama, yakni 5000 mAh, dimiliki oleh kedua ponsel, Infinix Hot 30i dan Redmi 13c, menawarkan daya tahan baterai yang cukup untuk penggunaan sehari-hari yang intens. Kemampuan ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan smartphone tanpa perlu khawatir tentang kehabisan daya selama periode yang cukup lama. Selain itu, keduanya juga dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat 18W, yang memungkinkan pengisian daya baterai secara lebih efisien dalam waktu yang lebih singkat.

    Sistem Operasi

    Infinix Hot 30i hadir dengan Android 12 yang dilapisi oleh XOS 10.6. XOS 10.6 menawarkan beberapa fitur menarik seperti Blokada (ad blocker), Freezer (membekukan aplikasi), dan XClone (kloning aplikasi).

    Redmi 13C selangkah lebih maju dengan MIUI 14 berbasis Android 13. MIUI 14 menghadirkan berbagai fitur baru dan peningkatan, termasuk desain antarmuka yang lebih segar, privasi dan keamanan yang lebih baik, serta peningkatan performa.

    Fitur Lainnya

    Infinix Hot 30i menyediakan fitur pendukung yang mencakup Dual SIM, USB Type-C, audio jack 3,5 mm, dan slot kartu microSD. Fitur-fitur ini memberikan fleksibilitas dalam penggunaan ponsel, seperti kemampuan untuk menggunakan dua kartu SIM secara bersamaan, konektivitas yang cepat melalui port USB Type-C, dukungan untuk headphone dengan jack 3,5 mm, dan opsi untuk memperluas penyimpanan dengan kartu microSD. 

    Di sisi lain, Redmi 13c menambahkan fitur NFC ke dalam paketnya, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai tugas dengan cepat dan mudah, seperti pembayaran nirkontak dan transfer data antar perangkat yang kompatibel. Selain itu, Redmi 13c juga menyediakan fitur konektivitas standar seperti Wi-Fi dan Bluetooth, serta radio FM untuk mendengarkan musik dan siaran berita tanpa perlu menggunakan data seluler.

    Harga

    Dalam hal harga, Infinix Hot 30i ditawarkan dengan harga Rp1.499.000, sementara Redmi 13c memiliki dua opsi harga yang berbeda. Untuk varian dengan RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB, Redmi 13c dijual dengan harga yang sama dengan Infinix Hot 30i, yaitu Rp1.499.000. Namun, untuk varian dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 256GB, harganya sedikit lebih tinggi, yaitu Rp1.799.000.

    Kesimpulan

    Pilihan antara Infinix Hot 30i dan Redmi 13c tergantung pada preferensi dan kebutuhan individu. Jika pengguna mengutamakan layar yang besar dan dukungan RAM yang luas, serta kebutuhan akan fleksibilitas dalam penggunaan kartu SIM dan penyimpanan eksternal, Infinix Hot 30i bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, bagi mereka yang memprioritaskan desain yang elegan, fitur NFC, dan sistem operasi yang lebih mutakhir, Redmi 13c bisa menjadi pilihan yang lebih sesuai. Sehingga, pemilihan antara kedua ponsel ini bergantung pada preferensi dan kebutuhan pengguna masing-masing.

    Cari tau info HP baru dan bekas di OLX dan download aplikasinya melalui Google Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait