Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    Tips & TrikIni Alasan Rumah Tetap Berdebu Meski Sering Dibersihkan

    Ini Alasan Rumah Tetap Berdebu Meski Sering Dibersihkan

    Debu bersarang di rumah meski sering dibersihkan? Ini 5 alasan dan solusinya.

    News.OLX – Rumah adalah tempat untuk berlindung sekaligus menghabiskan sebagian besar waktu dan beristirahat. Oleh karena itu, menjaga rumah tetap bersih dan nyaman sangat diperlukan untuk menunjang hal tersebut.

    Namun, terkadang rumah selalu saja berdebu meski sudah sering dibersihkan. Jika kamu merasa demikian, maka kamu tidak sendirian.

    Lantas, apa penyebab rumah selalu berdebu meski sudah sering dibersihkan? Untuk mengetahuinya, mari simak ulasan berikut.

    Alasan rumah tetap berdebu meski sering dibersihkan

    Ternyata ini yang bikin rumah tetap berdebu meski sering dibersihkan!

    1. Sumber debu yang tidak terkendali

    Debu berasal dari berbagai sumber, termasuk partikel-partikel halus dari tanah, pasir, dan batu. Selain itu, polusi udara juga menjadi penyumbang debu dengan partikel-partikel halusnya.

    Sumber debu lainnya mencakup partikel halus dari kulit mati, rambut, dan bulu hewan peliharaan. Bahkan, furnitur, pakaian, dan berbagai barang lainnya juga dapat menghasilkan partikel-partikel halus yang berkontribusi terhadap keberadaan debu di lingkungan.

    Jika sumber debu tidak terkendali, maka debu akan terus masuk ke dalam rumah, bahkan meski kamu sudah sering membersihkannya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui sumber-sumber debu di rumah kamu dan mencari cara untuk mengendalikannya. 

    2. Sirkulasi udara yang buruk

    Sirkulasi udara yang buruk dapat menyebabkan debu menumpuk di dalam rumah. Hal ini karena debu akan lebih mudah mengendap di permukaan yang tidak terkena angin.

    Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa meningkatkan sirkulasi udara di rumah dengan membuka jendela dan pintu secara rutin. Kamu juga bisa menggunakan kipas angin atau AC untuk membantu sirkulasi udara.

    3. Cara membersihkan yang kurang tepat 

    Cara membersihkan yang kurang tepat juga bisa menjadi penyebab rumah tetap berdebu meski sering dibersihkan. Misalnya, jika kamu hanya menyapu debu, maka debu hanya akan berpindah tempat, bukan hilang sama sekali.

    Untuk membersihkan debu dengan benar, kamu harus menggunakan penyedot debu untuk menghisap debu dari permukaan. Kamu juga bisa menggunakan pembersih uap untuk membunuh tungau dan alergen yang ada di debu.

    4. Peralatan rumah tangga yang sering digunakan 

    Peralatan rumah tangga yang sering digunakan juga bisa menjadi sumber debu. Misalnya, gorden, karpet, dan sofa. 

    Peralatan seperti ini sering menangkap debu yang bisa menjadi sumber bersarangnya debu. Ketika rumah dibersihkan, debu masih bersarang di peralatan-peralatan tersebut.

    Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa membersihkan gorden secara rutin, setidaknya sebulan sekali. Kamu juga bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan karpet dan sofa secara rutin.

    5. Rumah baru saja direnovasi 

    Rumah yang baru saja direnovasi akan memiliki banyak debu konstruksi. Debu ini sulit untuk dihilangkan karena terus mengambang di udara.

    Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa menggunakan pembersih udara atau air purifier untuk membantu menghilangkan debu konstruksi. Kamu juga bisa menggunakan vacuum cleaner khusus untuk debu konstruksi.

    rumah (3)

    Tips untuk menjaga rumah tetap bersih dari debu 

    Selain mengetahui alasan mengapa rumah tetap berdebu meski sering dibersihkan, ada beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk menjaga rumah tetap bersih dari debu. Mulai dari membersihkan rumah secara rutin, setidaknya seminggu sekali.

    Kamu juga dapat mulai membersihkan sumber-sumber debu seperti gorden, karpet, dan sofa. Gunakan penyedot debu untuk menghisap debu dari permukaan dan manfaatkan pembersih uap untuk membunuh tungau dan alergen yang terdapat dalam debu.

    Ada juga langkah sederhana yang bisa kamu lakukan dengan membuka jendela dan pintu secara rutin untuk meningkatkan sirkulasi udara di dalam rumah, dan gunakan pembersih udara atau air purifier untuk membantu menghilangkan debu. Dengan menerapkan tips-tips ini, kamu bisa menjaga rumah tetap bersih dari debu dan menciptakan lingkungan yang lebih nyaman untuk dihuni.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya di OLX. Kamu juga bisa menemukan berbagai barang bekas seperti mobil atau motor bekas impianmu dengan download aplikasi OLX di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait