Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    Tips & TrikIni Cara Memilih PK AC yang Pas dan Sesuai Kebutuhan

    Ini Cara Memilih PK AC yang Pas dan Sesuai Kebutuhan

    Sebelum beli AC, ketahui dulu rumus menghitung PK-nya!

    News.OLX – Udara belakangan ini terlebih sejak musim kemarau yang tidak kunjung mendatangkan hujan menjadi cukup panas.

    Kamu pastinya sudah terpikir untuk membeli AC (Air Conditioner) supaya rumah terasa lebih sejuk bukan? Sebelum membeli AC, pastikan kamu tahu dan paham terkait PK AC. Memang apa itu PK AC?

    PK AC

    PK AC atau Paard Kracht merupakan satuan daya kuda. Pada AC sendiri, PK merujuk pada besaran tenaga yang dimiliki AC untuk mendinginkan ruangan. Nah besaran PK AC ini harus disesuaikan dengan tempat kamu pakai AC ini.

    AC

    Menentukan PK AC dalam sebuah ruangan

    Ketika memilih AC pertimbangan paling utama adalah ukurannya yang cocok diletakkan di dalam ruangan. Ketika berbicara tentang ukuran dalam kaitannya dengan kondisi udara, ini tidak mengacu pada dimensi fisik dari AC itu sendiri.

    Sebaliknya, ini berarti mengacu pada kapasitas pendinginan yang diukur dalam satuan BTU (British Thermal Units). BTU ini merupakan hitungan berapa PK AC yang harus dipilih dengan rumus luas ruangan dalam meter persegi x 500, berikut ini adalah hitungannya. 

    • AC 1/2 PK= 5000 BTU untuk ukuran ruangan 10 meter persegi.
    • AC 3/4 PK= 7000 BTU ukuran 14 meter persegi.
    • AC 1 PK= 9000 BTU ukuran 18 meter persegi.
    • AC 1 1/2 PK= 12.000 BTU ukuran 24 m2.
    • AC 2 PK= 18.000 BTU ukuran ruangan 36 meter persegi.

    Beberapa orang menganggap jika AC yang lebih besar lebih baik serta dapat mendinginkan ruangan dengan cepat. Namun, sebenarnya hal tersebut kurang tepat.

    Pasalnya, selain mendinginkan udara, AC juga mengeluarkan kelembapan dari udara. Sehingga, seringkali membuat kita semua terasa panas dan lengket.

    Meskipun udaranya mungkin lebih dingin, jika unit tidak beroperasi cukup lama, kelembapan tidak dapat dikeluarkan dari udara dengan benar.

    Selain itu, AC yang terlalu besar akan sering mengalami siklus hidup dan mati serta memiliki tagihan listrik yang lebih besar. Hal lain yang perlu diketahui adalah biasanya AC akan dipasang pada ketinggian 2,5 hingga 3 meter di dinding.

    Hal tersebut dikarenakan semakin tinggi peletakan AC, maka penyebaran udara dingin ke seluruh ruangan pun akan lebih merata.

    Jadi, mulai sekarang coba ukur ruangan yang akan kamu gunakan AC dan ukur ketinggiannya. Pastikan PK AC yang akan kamu pilih sesuai kebutuhan ruangan dan dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

    Yuk, dapatkan informasi menarik dan bermanfaat lainnya di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait