Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Panduan PembeliToyota Calya Sering Diisukan Gak Kuat Nanjak, Begini Faktanya

    Toyota Calya Sering Diisukan Gak Kuat Nanjak, Begini Faktanya

    Pahami momentum torsi, supaya mobil Toyota Calya lebih lincah bermanuver.

    News.OLX – Mungkin kamu ingin berencana membeli mobil Calya, tapi ragu apakah mobil besutan Toyota tersebut kuat nanjak atau tidak?

    Pertanyaan ini wajar, karena mobil Calya adalah MPV 7 seater yang biasanya dipakai berkendara untuk satu keluarga penuh. Jadi agak-agak ngeri memang jika kemampuan menanjak mobil Toyota Calya tidak sesuai yang kita harapkan.

    Tapi kamu nggak perlu khawatir, Toyota sendiri dalam laman resmi Auto2000 telah menjanjikan jika mobil Calya memiliki kemampuan menanjak.

    Menurut Auto2000, hal ini karena Toyota Calya sendiri memang dirancang dari kombinasi mesin bertenaga dan kapasitas penumpang yang luas.

    Meski begitu, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan untuk memastikan performa optimalnya mobil Calya di tanjakan.

    Pahami momentum torsi

    Pertama, memahami momentum torsi yang tepat sebelum menghadapi tanjakan menjadi faktor kunci dalam mengatasi situasi ini. 

    Mesin Calya telah dirancang untuk memberikan torsi yang cukup pada putaran mesin rendah, memungkinkan mobil ini melewati tanjakan dengan lancar. 

    Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kecepatan dan pemilihan gigi yang tepat agar mesin dapat memberikan torsi yang cukup saat melewati tanjakan.

    mobil calya (1)

    Perhatikan batas muatan maksimal kendaraan

    Kedua, muatan kendaraan dan penumpang juga berpengaruh pada kemampuan Toyota Calya di tanjakan. 

    Pastikan bahwa beban yang diangkut tidak melebihi kapasitas yang telah ditetapkan. Membawa muatan berlebihan dapat membebani mesin dan mengurangi kemampuan mobil dalam mengatasi tanjakan.

    Pilih rute yang tepat

    Selanjutnya, pemilihan rute adalah faktor penting lainnya. Selalu berusaha memilih jalur yang memiliki kemiringan lebih landai jika memungkinkan atau carilah alternatif lain yang tidak memiliki tanjakan terlalu curam.

    Dalam situasi tertentu, pengemudi dapat memanfaatkan teknik pengereman dan akselerasi yang tepat untuk menjaga stabilitas dan menghindari kemungkinan mundur saat di tanjakan curam.

    Toyota Calya sendiri dilengkapi dengan mesin 1.197 cc yang dilengkapi teknologi Dual VVT-i. Mesin ini mampu menghasilkan hingga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi mencapai 11 kgm pada 4.200 rpm.

    Jadi, sudah tidak perlu diragukan lagi ya kemampuan Toyota Calya melibas jalan menanjak!

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait