Kamis, Mei 23, 2024
Lainnya
    Tips & TrikJangan Anggap Remeh, Speedometer Mobil Juga Perlu Dirawat!

    Jangan Anggap Remeh, Speedometer Mobil Juga Perlu Dirawat!

    Meski kebanyakan mobil sudah menggunakan speedometer digital, tetap harus dilakukan perawatan. Bagaimana cara merawatnya?

    News.OLX – Speedometer mobil adalah salah satu komponen yang sering kali dianggap sepele oleh pengemudi. sehingga lalai untuk dirawat. Padahal, speedometer mobil memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keselamatan dan performa kendaraan.

    Terlebih saat ini pada mobil-mobil modern, fungsi utama dari speedometer mobil tidak hanya untuk mengukur kecepatan dan ketersediaan BBM saja. Melainkan sudah banyak petunjuk fitur-fitur keselamatan yang juga terpantau pada panel speedometer.

    Lantas, mengapa merawat speedometer itu penting ?

    Karena speedometer adalah salah satu alat yang membantu pengemudi memantau dan menjaga kecepatan kendaraan dalam batas aman.

    Oleh karena itu, memastikan speedometer berfungsi dengan baik adalah langkah penting dalam menjaga keselamatan berkendara.

    Baca juga: Mengenal Perbedaan Odometer, Speedometer dan Tripmeter Mobil

    Selain itu selain memantau kecepatan, speedometer juga dapat membantu meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar. Berkendara dengan kecepatan yang konstan dan sesuai dengan batas kecepatan yang ditentukan dapat menghemat bahan bakar.

    Dengan speedometer yang tetap akurat, membantu pengemudi menjaga kecepatan yang tepat, hingga akhirnya mengurangi tekanan pada mesin, dan mengoptimalkan konsumsi bahan bakar.

    Selain itu speedometer yang terawat dengan baik juga dapat menjadi indikator kesehatan umum kendaraan. Ketika speedometer mengalami masalah atau berhenti berfungsi, ini bisa menjadi tanda ada masalah dengan sistem elektronik atau kelistrikan mobil kamu.

    Baca juga: Mengenal Dashboard Mobil, Ini Fungsi, Bagian dan Komponennya

    Speedometer mobil juga perlu dirawat supaya tetap akurat dalam mencatat jarak yang telah ditempuh oleh kendaraan.

    Cara perawatan speedometer mobil

    Merawat speedometer mobil bukanlah tugas yang sulit, dan langkah-langkah sederhana yang ini dapat membantu menjaga kinerja dan keandalan speedometer kamu:

    1. Bersihkan speedometer secara rutin

    Mengutip laman Auto2000, dikatakan saat mengelap speedometer mobil sebaiknya dilakukan dengan hati-hati. Gunakan lap microfiber yang dibasahi untuk membersihkan permukaannya, dan pastikan untuk mengeringkannya menggunakan lap bersih. 

    Baca juga: Mengenal Odometer: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Cara Membacanya

    Membersihkan speedometer secara teratur akan mencegah tumpukan debu dan kotoran yang dapat merusak tampilannya.

    2. Jauhkan speedometer dari air

    Air yang merembes ke dalam speedometer bisa menyebabkan kerusakan serius. Pastikan agar speedometer tidak terkena air berlebihan. Jika kamu menemukan tumpahan air di sekitar speedometer, segera keringkan dengan lap bersih.

    3. Lindungi dari sinar matahari langsung

    Sinar matahari langsung dapat merusak warna cat dan tampilan speedometer. Ketika memarkirkan mobil, usahakan untuk memilih lokasi yang teduh atau gunakan penutup khusus untuk melindungi speedometer dari sinar matahari.

    4. Jauhkan dari medan magnet kuat

    Medan magnet yang kuat dapat memengaruhi kinerja dan fungsi speedometer. Hindari kontak speedometer dengan medan magnet dalam jangka waktu yang lama, karena ini dapat merusak instrumen ukur di dalam speedometer.

    Baca juga: Mengenal 15 Lampu Indikator Mobil yang Wajib Diketahui agar Aman Berkendara

    Misal dengan tidak meletakan elektronik lain seperti hape di depan speedometer.

    Tidak sulit bukan langkah untuk merawat speedometer? Jadi, yuk jangan acuh lagi dengan perawatan komponen yang satu ini!

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait