Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    InformasiJenis BBM Shell yang Dijual, Sesuaikan dengan Kompresi Mesin

    Jenis BBM Shell yang Dijual, Sesuaikan dengan Kompresi Mesin

    Inilah beberapa jenis BBM Shell yang ditawarkan oleh Shell beserta perbedaannya berdasarkan tingkat oktan dan kecocokan dengan rasio kompresi mesin.

    News.OLX – Salah satu yang mempengaruhi bahan bakar minyak (BBM) terhadap performa dan efisiensi mesin adalah kompresi. Kompresi sendiri adalah peningkatan tekanan udara di dalam ruang bakar mesin sebelum bahan bakar terbakar. 

    Maka dari itu penting untuk mengetahui kompresi mesin supaya bisa menyesuaikan dengan jenis BBM yang digunakan.

    Pada BBM Shell, ditawarkan berbagai jenis bensin dengan tingkat Research Octane Number (RON) dan peruntukan kompresi yang berbeda. Kira-kira jenis BBM Shell mana yang cocok dengan kendaraanmu. Yuk simak ulasan lengkapnya.

    1. Shell Super

    Shell Super adalah jenis BBM dengan tingkat oktan 92, yang cocok untuk mesin dengan rasio kompresi 9-10:1. Biasanya digunakan pada mobil tipe low cost green car (LCGC) dan motor di atas 125cc. 

    Baca juga: Mobil Hybrid vs Turbo, Mana yang Lebih Irit BBM?

    Jenis BBM ini mengandung formula Dynaflex pada Shell Super membantu mengurangi gesekan mesin, meningkatkan efisiensi, dan melindungi mesin dari kerusakan. Shell Super direkomendasikan untuk mereka yang ingin hemat bahan bakar.

    2. Shell V-Power

    Shell V-Power adalah pilihan ideal untuk kendaraan dengan rasio kompresi 11:1 hingga 12:1. Dengan nilai RON 95, Shell V-Power dilengkapi dengan formula Dynaflex tertinggi yang membersihkan dan mengurangi gesekan mesin. 

    Penggunaan V-Power diklaim dapat mengurangi endapan hingga 80%, meningkatkan performa dan efisiensi mesin, serta memberikan akselerasi lebih baik.

    shell 2 (1)

    3. Shell V-Power Nitro+

    Sedangkan Shell V-Power Nitro+ adalah  bahan bakar dengan nilai oktan tertinggi. RON-nya sesuai dengan mesin rasio kompresi 11,3:1 hingga 12:1. Dengan kompresi tinggi ini  V-Power Nitro+ diklaim mampu memberikan tenaga lebih kuat dan akselerasi lebih cepat.

    Baca juga: 8 Kiat Mengemudi Ini Bisa Bikin Mobil Irit BBM

    kelebihan V-Power Nitro+ lainnya adalah melindungi dan meningkatkan kinerja mesin, cocok digunakan untuk mesin fuel injection.

    4. Shell V-Power Diesel

    Khusus untuk kendaraan bermesin diesel modern, Shell V-Power Diesel memiliki angka setana 51 dan rendah kandungan sulfur 10 ppm, sesuai standar emisi Euro 5. 

    Dengan teknologi Dynaflex, V-Power Diesel membersihkan dan melindungi sistem bahan bakar dari endapan yang mengurangi performa mesin.

    5. Shell Diesel Extra

    Shell Diesel Extra adalah BBM Shell dengan kandungan bahan bakar nabati sebesar 30%. Sesuai dengan Permen ESDM Nomor 12 Tahun 2015, Diesel Extra dilengkapi teknologi Dynaflex yang melindungi mesin dari endapan, meningkatkan efisiensi mesin, dan dapat digunakan baik untuk kendaraan on-road maupun off-road.

    Baca juga: Salah Pilih Oli Bisa Bikin Mobil Boros BBM, Beneran?

    Inilah beberapa jenis BBM Shell yang ditawarkan oleh Shell beserta perbedaannya berdasarkan tingkat oktan dan kecocokan dengan rasio kompresi mesin. 

    Maka dari itu pilihlah bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan kamu untuk memastikan performa dan efisiensi yang optimal. Dengan pemilihan yang tepat, kamu dapat meningkatkan kinerja kendaraan kamu dan merawat mesin dengan baik.

    Demikian ulasan terkait jenis BBM Shell beserta nilai kompresinyal. Cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait