Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    ReviewKelebihan dan Kekurangan Pakai Genteng Metal

    Kelebihan dan Kekurangan Pakai Genteng Metal

    Meskipun genteng metal punya banyak kelebihan, terdapat pula beberapa kekurangan yang perlu dikaji sebelum memilihnya untuk atap rumahmu.

    News.OLX – Atap merupakan salah satu elemen terpenting dalam sebuah bangunan. Atap yang kokoh dan tahan lama akan melindungi penghuni dari berbagai cuaca ekstrem, seperti hujan deras, angin kencang, dan panas matahari. Saat ini, terdapat berbagai jenis atap yang tersedia di pasaran, salah satunya adalah genteng metal.

    Genteng metal merupakan salah satu jenis bahan atap yang terbuat dari material logam seperti baja ringan, aluminium, atau zincalume. Genteng ini umumnya memiliki bentuk lembaran tipis dengan permukaan yang dilapisi dengan bahan anti karat dan tahan cuaca. Genteng metal sering digunakan sebagai alternatif untuk atap rumah karena keunggulannya dalam hal daya tahan, kepraktisan, dan estetika.

    Meskipun genteng metal menawarkan sejumlah keunggulan yang menarik, tetapi ada juga beberapa kelemahannya yang perlu dipertimbangkan dengan cermat sebelum kamu memutuskan untuk menggunakannya di rumah. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi kelebihan dan kekurangan penggunaan genteng metal. Yuk disimak!

    Kelebihan Genteng Metal

    Berikut merupakan sejumlah kelebihan genteng metal dibandingkan genteng dengan material lainnya.

    1. Ringan dan Tahan Lama

    Salah satu kelebihan genteng metal dibandingkan dengan genteng tradisional seperti tanah liat atau beton adalah bobotnya yang lebih ringan. Bobot genteng metal 3-5 kali lebih ringan dibandingkan genteng tanah liat atau beton. Hal ini meringankan beban struktur bangunan, sehingga ideal untuk bangunan bertingkat atau yang memiliki struktur atap lemah. Bobotnya yang ringan dan lembaran yang besar juga mempermudah proses pemasangan, sehingga menghemat waktu dan biaya tukang. Selain itu, genteng metal juga lebih tahan lama dan tidak mudah pecah atau retak.

    2. Tahan Terhadap Cuaca Ekstrem

    Genteng metal dikenal karena ketahanannya terhadap cuaca ekstrem, seperti hujan deras, angin kencang, dan paparan sinar matahari. Saat hujan deras, genteng metal memiliki sistem sambungan yang rapat dan lapisan anti air, sehingga mencegah kebocoran dan memastikan aliran air yang lancar. Ketika ada angin kencang, genteng metal yang ringan namun kuat memiliki penyambungan yang kokoh, sehingga membuatnya tetap bertahan dan tidak mudah terlepas. 

    Paparan sinar matahari juga tak menjadi masalah untuk genteng metal karena kemampuannya memantulkan panas, menjaga warna yang tahan lama, dan melindungi dari korosi. Kelebihan genteng metal yang mampu beradaptasi dengan berbagai iklim dan kondisi cuaca ekstrem ini membuatnya menjadi pilihan yang ideal untuk atap bangunan di berbagai wilayah.

    3. Anti Karat dan Anti Rayap

    Kelebihan genteng metal yang signifikan terletak pada ketahanannya terhadap karat dan serangan rayap. Melalui lapisan pelindung seperti galvalume, zincalume, dan stone chip, genteng metal mampu menghadapi korosi dan karat dengan efektif, bahkan di daerah dengan tingkat kelembapan tinggi.

    Kemampuan ini tidak hanya memperpanjang usia genteng metal hingga puluhan tahun tanpa memerlukan perawatan khusus, tetapi juga memberikan perlindungan yang maksimal terhadap serangan karat dan rayap. Di daerah dengan curah hujan tinggi atau di lingkungan pesisir pantai yang rentan terhadap udara garam, genteng metal tetap kokoh dan bebas dari kerusakan yang disebabkan oleh karat dan serangan rayap.

    4. Desain Estetis dan Modern

    Penggunaan genteng metal sebagai atap akan meningkatkan estetika bangunan rumah. Sebab, genteng metal tersedia pilihan warna dan desain yang beragam, dari yang minimalis hingga yang klasik, sesuai dengan preferensi arsitektur bangunan. Tampilan yang rapi dan modern dari genteng metal juga cocok untuk rumah kekinian, dan bisa membuat rumah menjadi semakin cantik nan indah!

    5. Lebih Ramah Lingkungan

    Genteng metal tidak hanya menawarkan ketahanan dan estetika, tetapi juga ramah lingkungan. Terbuat dari bahan yang dapat didaur ulang, genteng metal membantu mengurangi limbah dan melestarikan sumber daya alam dengan memungkinkan untuk didaur ulang menjadi produk baru setelah tidak terpakai. Selain itu, proses pembuatan genteng metal lebih hemat energi dibandingkan dengan genteng tanah liat, yang membantu mengurangi emisi gas rumah kaca dan berkontribusi dalam memerangi perubahan iklim.

    genteng metal

    Kekurangan Genteng Metal

    Meskipun memiliki banyak kelebihan, ada beberapa kekurangan genteng metal yang perlu kamu pertimbangkan. 

    1. Harga Lebih Mahal

    Salah satu kekurangan utama dari penggunaan genteng metal adalah harga yang cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan genteng tanah liat atau beton. Hal ini menjadi pertimbangan penting terutama jika kamu memiliki anggaran terbatas. Selain itu, penggunaan aksesoris tambahan seperti sealant dan flashing juga dapat meningkatkan biaya pemasangan secara signifikan. Penting untuk memperhitungkan secara menyeluruh biaya total, termasuk biaya genteng, aksesoris, dan biaya pemasangan. 

    2. Menghasilkan Suara Bising

    Kekurangan genteng metal lainnya adalah suara bising yang dihasilkan saat hujan deras. Suara tersebut dapat mengganggu kenyamanan, terutama saat beristirahat. Untuk mengatasi masalah ini, penggunaan peredam suara di bawah atap bisa menjadi solusi yang efektif. Peredam suara seperti glasswool atau rockwool dapat membantu meredam suara hujan dan meningkatkan kenyamanan di dalam ruangan. 

    3. Memantulkan Panas

    Genteng metal memiliki kecenderungan untuk memantulkan panas matahari, sehingga dapat membuat ruangan di bawahnya terasa lebih panas, terutama di daerah dengan iklim panas. Namun, untuk mengatasi masalah tersebut, penggunaan insulasi atap menjadi solusi yang efektif. Insulasi atap seperti fiberglass atau aluminium foil dapat membantu menjaga ruangan tetap sejuk dengan meredam panas matahari dan menjaga suhu ruangan tetap stabil. 

    4. Risiko Terjadi Kebocoran

    Dalam memasang genteng metal, dibutuhkan tukang yang ahli dan berpengalaman. Sebab, proses pemasangannya cukup sulit dan kebocoran dapat terjadi jika genteng metal tidak dipasang dengan benar. Untuk itu, pastikan menggunakan jasa tukang yang berpengalaman dalam memasang genteng metal.

    Tukang yang berpengalaman akan memastikan genteng dipasang dengan benar dan terhindar dari kebocoran.

    Nah, jika kamu ingin mencari jasa tukang bagunan kamu dapat temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    GIIAS 2023
    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait