OLX News – Yamaha R15 merupakan salah satu motor yang banyak didambakan anak muda. Meski masuk kelas entry level motor sport, tetapi memiliki popularitas tinggi.
Yamaha R15 ini ditawarkan dalam dua tipe yaitu All New R15 Connected dan Yamaha R15 Connected-ABS. Masing-masing dijual seharga Rp 40,9 juta dan Rp 45,7 jutaan OTR di DKI Jakarta.
Kehadirannya berhasil menarik perhatian para pecinta sepeda motor full fairing. Bahkan, varian yang paling mahal ini diakui sebagai motor sport entry level dengan teknologi paling canggih.
Bagi kamu yang berminat untuk memilikinya, berikut adalah lima kelebihan Yamaha R15, diantaranya adalah:
1. Desain Dinamis
Yamaha R15 memiliki desain yang dinamis dan telah banyak mengalami pembaruan fitur modern. Generasi terbaru ini mencerminkan DNA balap dengan sebutan “The True Supersport 155 cc Engine”.
Garis desainnya menyerupai model Yamaha YZF-R7, YZF-R1, dan YZR-R1M. Hasilnya adalah penampilan supersport yang sejati, aerodinamis, dan menyerupai big bike.
Untuk desain saluran masuk udara berbentuk M yang dilengkapi dengan lampu proyektor LED. Selain itu, ada juga lampu DRL ganda yang menyatu dengan body depan sebagai identitas generasi R Series.
Sedangkan fairing kini tampil lebih menarik. Lubang pada bodi samping juga berfungsi untuk mengurangi gaya angin (downforce), sehingga membuat motor lebih stabil pada kecepatan tinggi.
2. Konstruksi yang Kuat
Yamaha R15 tetap mempertahankan penggunaan rangka deltabox. Struktur ini terbuat dari aluminium yang ringan namun kokoh.
Untuk distribusi berat dari sasis ini diklaim seimbang antara bagian depan dan belakang dengan rasio 50:50. Dengan dimensi panjang 1.990 mm, lebar 725 mm, dan tinggi 1.135 mm.
Sementara itu, jarak sumbu rodanya adalah 1.325 mm, jarak ke tanah 170 mm, dan ketinggian jok mencapai 815 mm.
3. Mesin Berkualitas Tinggi
Ditenagai oleh mesin berkapasitas 155 cc, satu silinder SOHC, 4-Tak, 4 Katup, serta didinginkan dengan cairan dan dilengkapi teknologi Variable Valve Actuation (VVA).
Berkat teknologi ini, torsi tersebar secara merata di seluruh putaran mesin. Tenaga maksimumnya mencapai 19,3 Hp pada 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 8.500 rpm.
Daya disalurkan melalui sistem transmisi manual dengan enam percepatan. Bagian dalamnya juga dilengkapi teknologi canggih. Menggunakan Pistons Tempa dan Silinder Diasil (die aluminum silicon).

4. Fitur Modern
Pada varian yang paling mahal Yamaha R15 memiliki fitur Traction Control System. Fungsinya untuk meminimalkan risiko terjadinya spinning pada roda belakang saat melewati permukaan jalan yang licin.
Selanjutnya, ada Assist & Slipper Clutch. Dengan fitur assist pada kopling, tekanan untuk menariknya menjadi lebih ringan, sehingga tangan tidak cepat lelah saat terjebak dalam kemacetan.
Kemudian ada Quick Shifter Up. Biasanya, fitur ini hanya ada di motor sport dengan fairing penuh berkapasitas 250 cc ke atas.
Teknologi ini memungkinkan pengendara untuk mengganti gigi tanpa perlu menarik tuas kopling. Meski begitu, fitur Quick Shifter hanya berfungsi untuk meningkatkan gigi atau up-shift.
Selanjutnya, terdapat Big Bike Engine Switch Off. Tombol untuk memulai mesin menyatu dengan tombol pemutus mesin. Ada juga Triple Clamp & Blue Fork Caps yang terinspirasi oleh YZR-M1.
Komponen ini dirancang untuk memberikan keseimbangan antara kekuatan dan stabilitas secara optimal. Bagian atas atau fork caps diberi warna biru, lengkap dengan logo R15M.
Yamaha Indonesia kembali menjadi pelopor dalam teknologi konektivitas. Fitur Y-Connect juga dapat diakses oleh pengguna sepeda motor sport fairing penuh di segmen 150-155 cc.
Dengan berkat fitur Y-Connect, pengendara dapat memantau kondisi sepeda motor melalui smartphone yang terhubung dengan aplikasi melalui Bluetooth.
Informasi yang bisa didapat termasuk; notifikasi telepon dan pesan masuk pada dasbor motor, informasi konsumsi bahan bakar, lokasi parkir terakhir, rekomendasi pemeliharaan yang menunjukkan kondisi aki dan oli, serta notifikasi kerusakan sampai dengan Revs Dashboard.
5. Kaki-kaki
Pada Yamaha R15 suspensi bagian depan sudah menggunakan model upside down dengan diameter yang cukup besar, yaitu 37 mm.
Penggunaan komponen ini tidak hanya menghindari suara jedug atau bottoming, tetapi juga meningkatkan penyerapan getaran.
Bagian belakang menggunakan swing arm aluminium dengan desain model banana. Lengan ayun ini dipadukan dengan monoshock yang memiliki sistem link.
Getaran dari permukaan jalan yang tidak rata dapat dikurangi secara maksimal. Kedua komponen ini memberikan nuansa seperti motor gede.
Dengan tambahan ban yang lebih lebar. Ban depan berukuran 100/80-17 dan ban belakang 140/70-17. Ban tersebut dipasangkan pada pelek dengan lebar 2.50 di bagian depan dan 4.00 di bagian belakang.
Untuk memudahkan pengendalian kecepatan, motor ini dilengkapi dengan rem cakram di bagian depan dan belakang.
Rem depan menggunakan Wide Front Disc Brake dengan diameter 282 mm dan kaliper 2 piston, sedangkan di belakang berukuran 220 mm dengan 1 kaliper piston.
Itulah 5 kelebihan dari Yamaha R15 yang menjadi motor sport entry level dengan fitur yang lengkap sehingga memberikan pengalaman saat berkendara.