Kamis, Mei 23, 2024
Lainnya
    InformasiKemenhub Adakan Mudik Gratis 2024, Catat Jadwal Pendaftarannya

    Kemenhub Adakan Mudik Gratis 2024, Catat Jadwal Pendaftarannya

    Cek kuota hingga jadwal mudik gratis lebaran 2024 dari Kemenhub pada artikel di bawah!

    News.OLX – Menjelang bulan puasa, salah satu informasi yang banyak penduduk Indonesia cari adalah mudik gratis. Bukan hanya masalah irit biaya, mengikuti mudik lebaran 2024 gratis yang merupakan buatan Kemenhub banyak mendapat peminat karena terasa lebih aman dan nyaman di perjalanan.

    Kesulitan mendapatkan tiket transportasi umum terkadang juga menjadi alasan penduduk ikut mudik yang menjadi program pemerintah, swasta, maupun perorangan.

    Kemenhub Siap Melangsungkan Mudik Gratis 2024 Lagi

    Sama dengan puasa dan idul fitri terdahulu, Kementerian Perhubungan siap memberikan opsi mudik gratis untuk para perantau yang berencana kembali ke kampung tercinta agar dapat berkumpul bersama orang terkasih. 

    Opsi kendaraan yang tersedia pun bervariasi, mulai dari kereta api, laut, dan transportasi darat lainnya.

    Tujuan penyelenggaraan mudik bersama tersebut adalah sebagai upaya mencegah terjadinya peningkatan penggunaan kendaraan pribadi oleh pengendara, khususnya sepeda motor.

    Dilansir dari Kompas, Adita Irawati selaku Jubir Kementerian Perhubungan juga menyatakan bahwa pemerintah tetap terus mengajak setiap orang supaya menghindari penggunaan motor untuk mudik. Alasan utamanya adalah tingkat kecelakaan ketika musim mudik lumayan tinggi.

    Adita juga menambahkan bahwa bukan hanya para penumpang yang tidak perlu membayar ongkos atau tiket, tapi motor juga. Jadi, kamu bisa tetap membawa motor ke kampung halaman untuk digunakan di sana.

    Hal tersebut tentu membawa ketenangan bagi calon pemudik, yang kebanyakan memang hendak membawa kendaraan agar bisa dipakai di kampung.

    Pada jalur darat, sepeda motor milik penumpang akan diangkut memakai truk maupun bus.

    mudik gratis (1) (1)

    Kuota dan Jadwal Pendaftaran

    Pendaftaran program pulang kampung ketika lebaran 2024 alan berlangsung awal Maret sampai April 2024 mendatang. Setiap calon pemudik yang berminat, bisa mendaftarkan diri menggunakan aplikasi Mitra Darat. Aplikasi Mitra Darat dapat kamu unduh di Google Play store dan App Store.

    1. Bus

    Bagi pemudik yang hendak memakai bus, dapat mendaftarkan diri mulai 5 Maret sampai 3 April 2024.

    Tahun 2024 total armada yang dipersiapkan cukup banyak. Bagi penumpang terdapat bus sebanyak 722 unit yang bisa mengangkut 30.088 penumpang, sedangkan truk sebanyak 30 yang dapat mengangkut 900 unit sepeda motor.

    Keberangkatannya mulai berlangsung pada 5 sampai 7 April 2024, sedangkan arus balik ke perantauan mulai 14 hingga 15 April 2024.

    2. Kereta Api

    Jumlah kuota penumpang kereta adalah sekitar 28.196 dengan unit motor sebanyak 12.180. Pendaftaran tiket bisa kamu lakukan pada 4 Maret sampai 18 April 2024.

    Jadwal berangkat memakai kereta api ini akan berlangsung tanggal 2 hingga 8 April 2024. Sementara arus balik menuju perantauan pada tanggal 13 sampai 19 April 2024.

    3. Kapal Laut

    Untuk perjalanan pulang kampung dengan laut, kamu bisa mendaftar menggunakan aplikasi Mitra Darat dengan kapal laut. Berbeda dengan kedua transportasi di atas, jadwal hingga ketentuan pendaftaran memakai kapal laut masih belum diumumkan kepada public.

    Akan tetapi, Kementerian Perhubungan sudah mempersiapkan kuota khusus. Di mana kuota penumpang lebaran 2024 sekitar 9.800 orang dan mampu menampung 4.800 unit.

    Adita juga sempat menyatakan bahwa apabila semakin banyak program pulang kampung gratis yang diberlangsungkan, maka pengendara motor bisa berkurang. Akhirnya hal ini bisa mengurangi kepadatan dan kecelakaan di jalanan.

    Oleh karena itu, tentu semakin besar harapan agar pihak kementerian lain, BUMN, serta swasta ikut serta melakukan program mudik gratis serupa. Nah, selain informasi di atas, kamu juga bisa cek info lain di OLX. Unduh juga aplikasinya di Google Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait