Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    Tips & TrikKeramik Menguning? Lakukan Ini untuk Membersihkannya

    Keramik Menguning? Lakukan Ini untuk Membersihkannya

    Lakukan langkah ini untuk membuat keramik kembali berkilau.

    News.OLX – Keramik adalah salah satu bahan yang populer digunakan di rumah untuk lantai, dinding, dan bahkan countertops. Keramik digunakan untuk menciptakan tampilan yang lebih estetik di area rumah.

    Namun, seiring berjalannya waktu, mungkin kamu pernah mengalami masalah yang umum terjadi pada keramik, yaitu menguning. Umumnya ini terjadi paparan sinar matahari, debu dan kotoran, hingga penggunaan cairan pembersih yang salah.

    Namun jangan khawatir. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar keramik kembali bersih dan berkilau. Penasaran? Simak artikel ini untuk menemukan solusinya.

    Gunakan hidrogen peroksida

    Hidrogen peroksida efektif menghilangkan noda kekuningan pada ubin. Rendam lap dalam larutan hidrogen peroksida, lalu tempatkan di atas noda kuning selama 1-2 jam. Gosok noda dengan lap yang telah dibasahi hingga bersih, dan akhiri dengan membersihkan ubin secara menyeluruh dengan air.

    Gunakan cuka putih

    Campurkan 120 mililiter cuka putih dengan satu galon air panas. Celupkan kain pel ke dalam larutan tersebut dan gunakan untuk mengepel lantai. Gosok noda air sadah dengan spons yang dicelupkan ke dalam larutan cuka. Hindari penggunaan cuka putih pada ubin yang terbuat dari bebatuan alam.

    Gunakan soda kue

    Campurkan baking soda dan air dengan perbandingan 3:1. Oleskan campuran pada noda menggunakan sikat gigi sekali pakai. Setelah noda hilang, bersihkan area tersebut dengan kain kering 2-3 kali untuk menghindari terbentuknya lapisan putih.

    keramik (1)

    Gunakan perasan lemon

    Perasan lemon mengandung asam yang membantu menghilangkan noda air sadar dari ubin. Rendam lap atau spons kering dalam perasan lemon, lalu gosok area yang kotor.

    Gunakan perasan lemon pada ubin keramik dan porselen, hindari penggunaannya pada ubin yang terbuat dari bebatuan alam.

    Pembersih khusus keramik

    Pertimbangkan untuk menggunakan pembersih khusus yang dirancang untuk membersihkan keramik. Produk ini seringkali mengandung bahan yang aman dan tidak merusak lapisan pelindung keramik.

    Gunakan pemutih

    Pemutih dapat digunakan sebagai opsi terakhir. Tuangkan sekitar 200 mililiter cairan pemutih ke dalam satu galon air. Basahi kain dengan larutan tersebut, dan gunakan untuk menggosok noda di ubin.

    Dengan mencoba beberapa cara di atas, Anda dapat memulihkan keindahan keramik dan menjadikannya bersih kembali. Pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk penggunaan dan hindari bahan-bahan yang dapat merusak permukaan keramik. Selamat mencoba!

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Download aplikasinya di Play Store atau App Store!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait