Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    MobilKetika Wuling Alvez dan Panorama Pantai Slili 'Beradu Pesona'

    Ketika Wuling Alvez dan Panorama Pantai Slili ‘Beradu Pesona’

    News.OLXKembali menjejakkan kaki di Jawa Tengah dengan memulai perjalanan dari Bandara Adi Soemarmo, Boyolali untuk menguji ketangguhan mobil SUV Wuling Alvez yang mengusung tagline ‘Style and Innovation in One SUV’.

    Entah sudah berapa kali News.OLX datang menyambangi kota-kota yang ada di lingkaran Jawa Tengah yang disebut banyak orang dengan JOGLOSEMAR, singkatan dari Jogja – Solo – Semarang, karena memang selalu ada alasan untuk kembali kesana. 

    Pesona alam di Jawa Tengah memang tidak pernah bikin orang bosan untuk selalu datang kembali dan kembali. Mau cari apa disana, semua tersedia. Mulai dari keindahan alam pegunungan atau laut, cagar budaya yang mendunia, hingga ragam kuliner yang memang selalu berhasil membangkitkan selera. 

    Nah, tujuan kami kali ini bersama SUV terbaru dari Wuling Motors adalah menuju ke salah satu kawasan wisata di daerah Gunung Kidul, yakni Pantai Slili yang menawarkan pesona alam pantai yang indah dan eksotis, sehingga saat keduanya berpadu, akan menghasilkan sebuah karya foto yang ciamik.

    Test Drive Wuling Alvez

    Sebelum menceritakan bagaimana keseruan perjalanan kali ini bersama Wuling Alvez, News.OLX mau menginformasikan sedikit soal kehadiran mobil SUV ini di Indonesia.

    Bintang baru Wuling Motors ini meluncur di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta bulan Februari kemarin. Sebagai pendatang baru di segmen SUV, Wuling Alvez tebar pesona ke pengunjung pameran.      

    Yang bikin menarik karena mobil ini sudah dipersenjatai dengan berbagai teknologi paling canggih serta terkini khas Wuling Motors namun dipasarkan dengan harga yang boleh dibilang paling murah dibandingin dengan merek SUV lainnya. 

    Ini juga yang jadi alasan mengapa banyak orang yang begitu penasaran dengan Wuling Alvez sehingga sukses meraup banyak pesanan di pameran. Bahkan sampai akhir April kemarin, menurut pengakuan Dian Asmahani, Brand & Marketing Direktur Wuling Motors penjualan wholesales Alvez sudah di angka 1.700 unit. Pencapaian yang terbilang sangat lumayan tentunya untuk sebuah model baru yang dijual di Indonesia. 

    Plus – Minus Wuling Alvez Usai ‘Disiksa’ Ratusan Kilometer

    Test Drive Wuling Alvez  

    Sekarang kita ajak OLXers ikut merasakan bagaimana SUV terbaru Wuling ini diuji hingga ratusan kilometer di berbagai kondisi medan jalanan dari Bandara Adi Soemarmo di Boyolali hingga ke Bandara Yogyakarta Airport International (YAI) di 

    Perjalanan bersama Wuling Alvez dimulai saat keluar dari Bandara Adi Soemarmo, dimana rombongan media sudah disambut 5 unit Wuling Alvez tipe tertinggi, yakni tipe EX CVT. Kesempatan pertama untuk duduk dibelakang kemudi Alvez ini tidak News.OLX sia-siakan. 

    Posisi mengemudi yang ditawarkan oleh Wuling Alvez terhitung cukup nyaman, apalagi bobot tubuh kita ditopang dengan jok yang cukup empuk. Visibilitas atau jarak pandang kedepan juga sangat baik karena posisi duduk lumayan tinggi.

    Lingkar kemudi dibuat terkesan modern karena tidak berbentuk bulat full layaknya setir mobil kebanyakan. Digenggamnya pun cukup enak karena sudah dilapisi bahan kulit. Yang paling menarik perhatian tentu tuas transmisi yang didesain sedemikian rupa oleh para insinyur Wuling Alvez agar kesan futuristiknya semakin kental.

    Setengah jam merasakan impresi performa Wuling Alvez dari Bandara Adi Soemarmo menuju Pracima Tuin, sebuah restoran di lingkungan keraton Mangkunegaran, rombongan test drive melewati jalan yang kondisinya cukup padat saat itu. 

    Sedikit mengecewakan memang, karena Alvez tipe EX atau tipe tertinggi ini, kinerja transmisi CVT-nya kami rasakan cukup lemot di putaran bawah. Delay antara saat menekan pedal gas dengan dorongan mesin sangat terasa. 

    Setingan mesin seperti ini memang sengaja dilakukan Wuling demi menjaga efisiensi bahan bakar. Akan tetapi hal ini bagi kami cukup mengganggu karena berdampak pada rasa percaya diri ketika ingin berakselerasi saat kondisi putaran mesin rendah.

    Meski demikian, untuk puntiran tengah atau atas, mesin berkapasitas 1.500 cc ini cukup meyakinkan kok. Setidaknya ini bisa jadi masukan positif buat Wuling Motors saat menghadirkan Alvez generasi berikutnya.

    Test Drive Wuling Alvez

    Selepas makan siang ala-ala sultan di Pracima Tuin, rombongan bergegas berangkat menuju destinasi selanjutnya. 

    Nah, kali ini perjalanan terasa cukup menantang karena jarak tempuhnya yang lumayan jauh dan memakan waktu perjalanan hingga berjam-jam. Tujuannya ke salah satu lokasi wisata pantai di daerah Gunung Kidul, yakni Pantai Slili. 

    Medan yang disajikan saat menuju kesana memang cukup lengkap, mulai dari kondisi aspal jalanan yang halus, tanjakan dan turunan, hingga jalur bebatuan atau aspal yang banyak jebakan lubang. 

    Duduk di posisi baris kedua, News.OLX merasa cukup nyaman, apalagi head room di Wuling Alvez cukup tinggi, sehingga tidak ada kendala. Begitu juga dengan ruang kaki yang lega membuat pergerakan jadi cukup leluasa.

    Kenyamanan ini juga terasa makin lengkap karena sudah tersedia konsol AC di tengah. Posisinya persis berada di belakang antara bangku pengemudi dan penumpang depan. Tapi sayangnya, kisi-kisi dari AC belakang ini tidak bisa disetel untuk berbagi antara penumpang belakang sebelah kiri atau sebelah kanan. 

    Ini juga jadi salah satu kekurangan Wuling Alvez menurut kami, sehingga harapannya hal ini bisa menjadi perhatian. Alangkah lebih baik jika saja kisi-kisi AC bagian belakang tersebut terbagi dua, sehingga penumpang di baris kedua, baik itu yang duduk di sebelah kiri ataupun kanan bisa merasakan kesejukan yang sama.

    Menyoroti bagian kaki-kaki, Alvez ini cukup nyaman sebenarnya saat diajak berlari kencang di atas permukaan jalanan yang rata. Roda depan menggunakan McPherson strut dan roda belakang pakai suspensi torsion beam bekerja maksimal secara bergantian. Masalah muncul saat roda menghantam lubang, getarannya terasa cukup keras, khususnya bagi penumpang di baris kedua.  

    Tapi kalau bicara fitur, jika dibandingkan dengan merek SUV lain di segmennya, Alvez kami akui cukup unggul. Ini karena di Wuling Alvez sudah tersedia beberapa fitur berteknologi canggih seperti WIND (Wuling Indonesian Command) serta ADAS (Advanced Driver Assistance System).

    Cukup dengan mengucapkan sandi “Halo Wuling”, beberapa fungsi atau fitur yang ada di Wuling Alvez bisa dioperasikan hanya dengan perintah suara. Misalnya membuka kaca jendela, mendinginkan suhu kabin menyalakan radio dan masih banyak lagi fungsi lainnya, termasuk membuka dan menutup sunroof. 

    Oh iya, untuk Wuling Alvez tipe tertinggi, yakni EX CVT sudah dilengkapi dengan fitur sunroof loh, dimana fitur ini juga sangat berguna untuk pengambilan gambar saat perjalanan. Walaupun fungsi sunroof itu sendiri sebenarnya bukan untuk mengeluarkan anggota badan. 

    Sedangkan fitur ADAS yang menjadi fitur keamanan ketika berkendara bersama Alvez juga sangat membantu. Sedikitnya ada 11 fungsi yang dibenamkan di dalam fitur ADAS yang menjadikan mobil SUV harga paling terjangkau ini sangat aman dalam menemani aktivitas sehari-hari.

    Mulai dari keamanan aktif dan pasif yang nantinya mampu meminimalisir terjadinya benturan depan, membantu mengembalikan fokus pengemudi saat keluar dari lajur, dan banyak lagi fungsi lainnya, termasuk Adaptive Cruise Control, Intelligent Cruise Assistance, Traffic Jam Assistance, dan Intelligent Hydraulic Braking Assistance.

    Memang terdengar agak berisik, karena setiap kali mobil menyimpang dari garis jalan, sensor akan membacanya dan mengirimkan isyarat lewat bunyi seperti alarm. Tetapi hal ini tidak perlu terjadi jika sebelum berpindah jalur, pengemudi menyalakan lampu sein. Ini juga mengajarkan disiplin bagi setiap pengemudi untuk selalu memberikan isyarat setiap kali akan berpindah jalur.

    Test Drive Wuling Alvez

    Setelah puas menikmati keindahan Pantai Slili sambil menikmati cemilan sore, rombongan test drive bergeser sedikit untuk melakukan sesi pemotretan di spot yang sudah disiapkan oleh Wuling Motors. 

    Perjalanan pun kemudian berlanjut menuju Jogjakarta tempat rombongan menginap setelah terlebih dulu mampir di Sate Klatak Pak Pong, salah satu tempat kuliner yang cukup terkenal disana untuk makan malam.

    Hadir di acara makan malam tersebut, jajaran manajemen Wuling Motors yang diwakili oleh Dian Asmahani, Brand & Marketing Direktur Wuling Motors. Moment ini dimanfaatkan oleh rekan-rekan media peserta test drive untuk memberondong berbagai pertanyaan yang sudah disiapkan. 

    “Kami harap, dengan test drive Wuling Alvez ini, semua rekan-rekan media bisa merasakan langsung sensasi di Wuling Alvez yang punya tagline ‘Style and Innovation in One SUV’ baik sebagai pengemudi, maupun penumpang di berbagai kondisi jalanan,” ujar Dian Asmahani membuka obrolan.  

    Puas beramah-tamah, rombongan pun sudah bersiap kembali di dalam mobil masing-masing menuju Hotel Grand Ambarukmo, Jogjakarta, tempat rombongan menginap.

    Perjalanan mengeksplore Wuling Alvez ini memang terasa cukup melelahkan, akan tetapi sangat menyenangkan. 

    Kesimpulan 

    Secara keseluruhan Wuling Alvez memberikan warna tersendiri bagi persaingan di segmen SUV. Dengan harga jual tidak sampai Rp300 juta untuk varian tertingginya, mobil ini sangat kami rekomendasikan.

    Kendati demikian, memang ada beberapa hal yang perlu jadi perhatian bagi pihak Wuling Motors agar produk barunya ini bisa lebih diterima lagi di kalangan konsumen. 

    Hal paling pertama tentunya soal performa mesin di varian CVT yang kami rasa cukup lemot di tenaga bawahnya. Ini kadang bikin kagok apalagi jika harus melewati kendaraan di depan dalam kondisi awalnya dari pelan. Tapi di saat sudah melaju di speed tengah atau atas tenaganya mengalir cukup lancar.

    Mungkin juga ini dimaksudkan Wuling agar Alvez irit dalam mengkonsumsi bahan bakar.

    Hal lain yang juga terasa cukup mengganggu adalah setingan shockbreaker yang bikin bantingan terasa cukup keras saat melaju di jalan yang tidak rata. Begitu juga dengan konsol AC bagian belakang yang harusnya bisa dibagi dua untuk memberikan kesejukan merata di penumpang belakang sebelah kanan dan kiri.

    Selebihnya Wuling Alvez berhasil memberikan standar kenyamanan yang cukup tinggi di sebuah mobil SUV berkat hadirnya berbagai macam fitur-fitur keren seperti ADAS, Auto Vehicle Holding, WIND dan sunroof.

    Kapasitas bagasinya juga cukup lega untuk mengakomodasi barang-barang besar ketika melakukan perjalanan jauh. Begitu juga dengan fitur lainnya seperti wireless charging yang cukup membantu.

    Dengan harganya yang tidak sampai 300 jutaan rupiah namun full paket fitur yang selalu menjamin kenyamanan saat berkendara, Wuling Alvez sangat worth it untuk dimiliki, khususnya mereka para adventure sejati yang selalu ingin berkunjung ke tempat-tempat terbaik bersama teman ataupun keluarga.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait