Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    ReviewKnalpot Racing Mobil Jarang Kena Tilang, Apa Alasannya?

    Knalpot Racing Mobil Jarang Kena Tilang, Apa Alasannya?

    Knalpot racing mobil disebut jarang terkena tilang saat ada razia kendaraan. Benarkah demikian? Apa alasannya?

    News.OLX – Knalpot racing mobil, benarkah lebih jarang terkena tilang saat ada razia kendaraan? Jika demikian, apa yang menjadi alasannya?

    Namun faktanya, tidak hanya sepeda motor saja, mobil pun menjadi sasaran razia tersebut. Aparat kepolisian tidak pandang bulu soal penertiban knalpot racing mobil. Penindakan tersebut sudah berlangsung lama.

    Aturan Knalpot Racing Mobil

    Knalpot racing mobil merupakan salah satu bentuk modifikasi yang umum dilakukan penggunaan kendaraan. Penggantian komponen ini berfungsi agar menambah performa tunggangan. Kemudian, menghasilkan suara lebih lantang ketika melaju di jalan.

    Hanya saja, agar kenyamanan dan keamanan pengendara atau pengguna jalan lainnya terjaga, ada baiknya memperhatikan ketentuan berlaku, yakni, ketentuan dan  batas kebisingan knalpot agar tidak menyalahi peraturan. 

    Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 7 tahun 2009 tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor. 

    Di dalamnya, disebutkan bahwa standar baku mutu maksimal adalah 77 desibel (dB) untuk unit roda empat penumpang. Sementara, knalpot racing mobil bisa menghasilkan bunyi lebih dari 83 desibel. 

    Kemudian, pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) Pasal 285, menyebutkan bahwa tidak semua knalpot bisa kamu gunakan. Jika melanggar, maka kamu bisa terkena sanksi. 

    Sanksi tersebut tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) Pasal 286.

    “Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor beroda empat atau lebih di jalan yang tidak memenuhi persyaratan laik jalan sebagaimana dimaksud dalam pasal 106 ayat (3) juncto pasal 48 ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp. 500.000 (lima ratus ribu rupiah).”

    Jika memang kendaraan menggunakan komponen yang tidak menyalahi ketentuan tersebut, maka jangan heran bila bebas melenggang di jalanan.

    Rekomendasi Penggunaan Knalpot Racing Mobil

    Menggunakan komponen modifikasi ini sebaiknya mengikuti desain berdasarkan ketentuan pemerintah. Terutama, berkaitan dengan bunyi yang keluar. Lebih baik, memprioritaskan fungsinya sebagai saluran untuk membuang gas sisa hasil pembakaran. 

    Oleh karenanya, jangan sampai meninggalkan fungsinya saat kamu memodifikasi komponen ini. Jangan terjebak pada sisi desain dan penampilannya saja. Pastikan komponen yang kamu pilih sesuai dengan kendaraan kamu. Mulai dari ukuran, fungsi hingga desain agar unit kamu tetap dapat beroperasi sebagaimana mestinya.

    Jadi, knalpot racing mobil jarang kena tilang? Jawabannya adalah tidak benar. Bukan jarang terkena tilang, tapi mungkin mobil racing yang selama ini kamu lihat di jalanan sudah memenuhi aturan undang-undang, sehingga tidak terkena tilang. Jika, tidak memenuhi ketentuan, maka akan terkena tilang.

    Kamu bisa mendapatkan rekomendasi komponen modifikasi terbaik hanya di di OLX. Segera download aplikasi OLX melalui Google Play Store dan App Store, sekarang juga!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait