Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    Tips & TrikLakukan 4 Cara Ini untuk Cek Kerusakan Shockbreaker Motor

    Lakukan 4 Cara Ini untuk Cek Kerusakan Shockbreaker Motor

    Jangan buru-buru ganti! Lakukan 4 cara cek shockbreaker motor untuk tahu tanda kerusakannya.

    News.OLX Shockbreaker adalah elemen penting dalam sistem suspensi kendaraan bermotor yang memiliki tanggung jawab untuk menyerap setiap goncangan sewaktu kendaraan berakselerasi di jalan.

    Shockbreaker juga menjadi titik nyaman seseorang saat berkendara. Oleh karena itu, memasukkan shockbreaker motor dalam keadaan sehat adalah hal penting.

    4 Cara Cek Kondisi Shockbreaker Motor 

    Apa yang harus dilakukan untuk memeriksa kerusakan pada shockbreaker motor?

    1. Berikan Tekanan 

    Cara cek kerusakan shockbreaker motor yang pertama, berikan tekanan pada suspensi. Kemudian, cermati respons yang suspensi hasilkan. Jika shockbreaker motor memantul, artinya ia tidak lagi mampu menyerap hentakan yang kendaraan hasilkan saat melaju dan menanggung beban pengendara.

    Karena kerusakan ini, pengendara akan merasakan adanya hentakan tidak enak saat motor melewati jalan dengan kondisi berlubang, berbatu, atau tidak rata. Jika sudah demikian, satu-satunya jalan adalah menggantinya dengan yang baru.

    2. Lepas Shockbreaker

    Cara kedua, lepaskan shockbreaker dari motor. Copot per-nya, kemudian tekan kompresi pada masing-masing putaran. Jika kamu merasa makin keras artinya suspensi sudah mulai kurang bagus.

    3. Periksa Pelumas

    Kemudian, cek apakah ada kebocoran oli secara visual. Kamu bisa mencermati visual shockbreaker motor. Apakah di sekitarnya terdapat rembesan pelumas. Saat ada rembesan oli, inilah waktu yang ideal untuk mengganti suspensi.

    Perlu kamu pahami juga bahwa pelumas yang bocor bisa berakibat fatal. Karena oli yang menetes hingga kampas rem bisa memicu rem blong.

    4. Berkendara di Medan Sulit

    Selain itu, kamu bisa mencoba mengendarai kendaraanmu di jalan yang sulit. Seperti berbatu, berlubang, atau tidak rata alias bergelombang. Kamu bisa mengendarainya sambil membonceng seseorang, setelahnya tanyakan apa yang dirasakannya.

    Apabila orang yang kamu bonceng merasakan hentakan kasar dan terdapat suara, maka shockbreaker motor sudah tidak sehat lagi.

    shockbreaker motor (3)

    Kapan Harus Ganti Shockbreaker Motor?

    Sama seperti sparepart kendaraan lain, shockbreaker motor memiliki usia pemakaian. Nah, untuk shockbreaker motor sendiri, umumnya bisa kamu gunakan hingga 2 sampai 3 tahun. Jika sudah melewati usia pakai tersebut, lakukan uji responsivitas atau poin kesatu dan kedua. Jika respons dari suspensi masih bagus, shockbreaker masih bisa kamu gunakan.

    Namun, jika kamu ragu, kamu bisa langsung menggantinya dengan yang baru.

    Kamu bisa membelinya di bengkel resmi brand motor yang kamu kendarai atau beli di e-commerce. Salah satunya di OLX.

    Di OLX kamu bisa mendapatkan berbagai produk shockbreaker motor ori dari berbagai brand. Enaknya, sudah ada aplikasi OLX yang bisa kamu unduh via Google Play Store atau App Store untuk akses pencarian dan pembelian produk lebih gampang.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait