Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tips & TrikLakukan Cara ini untuk Perbaiki Speaker HP Kemasukan Air

    Lakukan Cara ini untuk Perbaiki Speaker HP Kemasukan Air

    Speaker HP kemasukan air memang bikin panik. Pasalnya, biaya perbaikannya nggak sedikit! Tapi tenang, kamu bisa lakukan ini untuk mengatasinya.

    News.OLX – Speaker HP kemasukan air memang bikin panik. Selain mengganggu, speaker HP kemasukan air umumnya juga membutuhkan biaya perbaikan yang tidak sedikit, apalagi jika kerusakan sudah merembet ke komponen lain.

    Tapi tenang, sebelum membawanya ke service center dan mengeluarkan uang untuk memperbaikinya, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini untuk memperbaikinya sendiri.

    1. Matikan HP

    Salah satu langkah yang bisa kamu lakukan apabila speaker HP kemasukan air adalah mematikan perangkat secepat mungkin setelah terkena air. Ini membantu mencegah kerusakan lebih lanjut karena dapat menghindari arus listrik yang dapat merusak komponen.

    2. Cabut baterai (jika mungkin)

    Jika baterai HP kamu dapat dilepas, lebih baik cabut baterai dari perangkat untuk mematikan sumber listrik secara menyeluruh dan biarkan perangkat terbuka dulu sementara agar tidak lembab pada bagian dalam komponennya.

    3. Bongkar HP (jika kamu nyaman melakukannya)

    Jika kamu yakin dapat membuka dan memasang HP dengan benar, lebih baik lepaskan casing HP dan bongkar ponsel kamu untuk melihat apakah ada air yang dapat dibersihkan. Pastikan untuk mematikan perangkat terlebih dahulu.

    4. Jangan buru-buru hidupkan HP

    Apabila speaker HP kemasukan air, hindari menghidupkannya sebelum yakin bahwa semua bagian di dalamnya benar-benar kering. Menghidupkan perangkat ketika masih basah dapat menyebabkan korsleting dan kerusakan permanen.

    5. Gunakan media yang bisa menyerap air

    Untuk mengatasi speaker HP kemasukan air, kamu bisa letakkan HP di atas kertas tisu atau handuk dengan daya penyerapan yang baik. Kamu juga dapat membuka casing dan meletakkan bagian-bagian terpisah untuk membantu proses pengeringan.

    Selain itu, kamu juga bisa letakkan HP dalam wadah yang berisi silika gel atau beras. Bahan-bahan ini dapat membantu menyerap kelembaban. Pastikan untuk menutup rapat wadahnya agar benda asing tidak masuk.

    6. Gunakan speaker cleaner

    Sekarang, baik di platform sosial media atau aplikasi sudah mempunyai speaker cleaner yang membantu mengeluarkan air dengan cara menggunakan suara dengan frekuensi tertentu.

    7. Jangan mengeringkan HP dengan panas ekstrem

    Hindari menggunakan sumber panas seperti pengering rambut atau sinar matahari langsung. Karena panas yang ekstrim dapat merusak komponen internal HP.

    8. Tunggu pengeringan untuk waktu yang lama

    Sebaiknya untuk biarkan HP mengering sepenuhnya sebelum mencoba menghidupkannya kembali. Proses pengeringan dapat memakan waktu beberapa jam bahkan berhari-hari. Hal ini lebih baik untuk mencegah adanya kelembaban dalam perangkat.

    Setelah HP benar-benar kering, uji fungsinya dengan menyalakan perangkat. Periksa semua fitur, termasuk speaker, untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

    Jika setelah langkah-langkah ini masalah speaker HP kemasukan air masih belum teratasi dengan baik, sebaiknya HP dibawa ke bantuan profesional seperti tukang servis HP atau service center yang sesuai dengan merek ponsel kamu. 

    Dapatkan informasi menarik lainnya di OLX Member of Astra. Download aplikasinya di  di  Play Store atau App Store!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait