Sabtu, Mei 25, 2024
Lainnya
    Tips & TrikMau Pakai Plat Nomor Cantik? Segini Biayanya!

    Mau Pakai Plat Nomor Cantik? Segini Biayanya!

    Siapin segini kalau kamu mau punya plat nomor cantik!

    News.OLX – Ketika membeli atau memiliki mobil, memilih plat nomor cantik menjadi salah satu hal yang sering kali menjadi pertimbangan. 

    Plat nomor sering dianggap identitas kendaraan, tetapi bagi beberapa orang, plat nomor adalah lebih dari sekadar identitas; itu adalah cara untuk mengekspresikan diri.

    Plat nomor cantik adalah plat nomor kendaraan yang memiliki kombinasi huruf dan angka yang unik, sering kali dipilih oleh pemilik kendaraan agar tampilan mobilnya lebih istimewa. Namun, memilih plat nomor tidak bisa sembarangan saja. Ada aturan dan biaya yang menyertainya.

    Lantas pertanyaan yang sering muncul adalah, berapa biaya yang harus pemilik kendaraan keluarkan untuk memiliki plat nomor cantik ini? Berikut penjelasannya.

    Peraturan pajak pelat nomor cantik mobil

    Untuk mengetahui berapa biaya yang harus kamu bayarkan untuk memiliki plat nomor cantik, pertama-tama kita harus melihat peraturan yang berlaku. 

    Baca juga: Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Secara Online, Lewat HP!

    Peraturan mengenai pajak tahunan plat nomor cantik mobil di Indonesia tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) yang berlaku pada Polri dan Keputusan Kakorlantas Polri Nomor: Kep/166/VII1/2019 tentang NRKB Pilihan.

    Pada dasarnya, plat nomor cantik bisa digunakan untuk mobil baru atau sebagai pengganti Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) biasa yang sudah kamu miliki. Namun, perbedaan utama terletak pada biaya yang harus kamu bayarkan.

    plat nomor cantik

    Biaya pajak tahunan plat nomor cantik

    Biaya pajak tahunan plat nomor cantik tergantung pada kombinasi huruf dan angka yang kamu pilih. Berikut adalah besaran biaya pajak untuk plat nomor cantik.

    NRKB dengan 1 angka

    1. Tanpa huruf di belakang: Rp20.000.000.
    2. Dengan huruf di belakang: Rp15.000.000.

    NRKB dengan 2 angka

    1. Tanpa huruf di belakang: Rp15.000.000.
    2. Dengan huruf di belakang: Rp10.000.000.

    NRKB dengan 3 angka

    1. Tanpa huruf di belakang: Rp10.000.000.
    2. Dengan huruf di belakang: Rp7.500.000.

    NRKB dengan 4 angka

    1. Tanpa huruf di belakang: Rp7.500.000.
    2. Dengan huruf di belakang: Rp5.000.000.

    Jadi, biaya pajak tahunan plat nomor cantik akan bervariasi tergantung pada kombinasi angka dan huruf yang kamu pilih. 

    Baca juga: Ketemu Lane Hogger di Jalan Tol, Begini Cara Menghadapinya

    Semakin singkat atau khas kombinasi tersebut, semakin tinggi biaya yang harus kamu bayarkan. Biaya ini mungkin tampak cukup besar, tetapi bagi beberapa orang, ini adalah investasi untuk membuat tampilan mobil mereka semakin unik.

    Aturan penggunaan plat nomor cantik

    Selain biaya, ada juga beberapa aturan yang harus diikuti ketika kamu menggunakan plat nomor cantik untuk kendaraan kamu. Berikut adalah beberapa aturan tersebut:

    1. Masa berlaku

    Plat nomor cantik berlaku selama lima tahun dan bisa diperpanjang selama lima tahun lagi jika kamu ingin mempertahankannya. Ini berlaku asalkan kamu tetap berada dalam wilayah yang sama.

    2. Pindah tangan kendaraan

    Plat nomor cantik tidak berlaku jika kendaraan bermotor kamu pindah tangan ke orang lain atau bermutasi ke luar wilayah yang sama. Ini berarti jika kamu menjual kendaraan kepada orang lain, plat nomor cantik tidak dapat digunakan oleh pembeli yang baru.

    3. Perubahan alamat atau kendaraan

    Jika kamu mengubah alamat tempat tinggal kamuatau melakukan perubahan pada kendaraan seperti mesin atau warna, kamu masih dapat mempertahankan plat nomor cantik, asalkan kamu tetap berada dalam wilayah yang sama.

    4. Masa berlaku

    Masa berlaku plat nomor cantik kamu akan tercantum dalam surat keterangan NRKB pilihan yang dikeluarkan oleh Ditlantas Polda atau Satlantas Polres/Ta/Tabes.

    5. Perpanjangan

    Perpanjangan masa berlaku plat nomor cantik dilakukan bersamaan dengan perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) kamu, dan jatuh tempo masa berlaku plat nomor cantik disamakan dengan masa berlaku STNK.

    6. Pindah tangan sebelum masa berlaku habis

    Jika kamu menjual kendaraan sebelum masa berlaku plat nomor cantik kamu habis, maka sisa masa berlaku tersebut akan habis juga. Pembeli yang baru akan perlu menerbitkan STNK yang baru dan memilih plat nomor cantik baru pula dengan masa berlaku lima tahun.

    Keuntungan dan pertimbangan

    Menggunakan plat nomor cantik untuk mobil memiliki beberapa keuntungan dan pertimbangan yang harus kamu pertimbangkan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

    Pembeda diri

    Plat nomor cantik adalah cara yang baik untuk membuat mobil lebih unik dan berbeda dari kendaraan lainnya di jalan. Ini adalah peluang untuk mengekspresikan diri dan gaya kamu.

    Investasi

    Meskipun biaya awalnya mungkin cukup besar, plat nomor cantik dapat menjadi investasi. Jika kamu memilih kombinasi yang sangat unik atau memiliki arti khusus, plat nomor cantik tersebut mungkin memiliki nilai lebih di pasar.

    Pertimbangan

    Biaya

    Biaya plat nomor cantik dapat cukup tinggi tergantung pada kombinasi yang kamu pilih. Ini adalah pertimbangan utama yang harus kamu pikirkan.

    Resiko kehilangan atau pencurian

    Seperti plat nomor biasa, plat nomor cantik juga dapat hilang atau dicuri. Jika itu terjadi, kamu mungkin perlu mengurus penggantian plat nomor cantik tersebut, yang bisa menjadi tambahan biaya dan proses administratif.

    Nilai depresiasi

    Meskipun plat nomor cantik dapat memiliki nilai lebih, nilainya juga dapat mengalami depresiasi seiring berjalannya waktu. Artinya, nilai investasi plat nomor cantik mungkin tidak selalu meningkat.

    Baca juga: Perbedaan Transmisi CVT dan AT

    Bagi sebagian orang, plat nomor cantik adalah cara yang bagus untuk menunjukkan gaya dan kepribadian mereka. Mereka siap membayar biaya ekstra untuk tampil beda di jalan raya. 

    Namun, bagi yang lain, biaya tersebut mungkin terlalu mahal atau tidak berarti begitu banyak. Lantas, bagaimana denganmu? Apapun yang menjadi pilihan kamu, pastikan sudah dipertimbangkan dengan baik, ya.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait