Senin, Juni 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikMau Renovasi Rumah? Ini Tipsnya Biar Kamu Lebih Hemat!

    Mau Renovasi Rumah? Ini Tipsnya Biar Kamu Lebih Hemat!

    Renovasi rumah kalau tidak perhitungan bisa bikin boros, lho. Lihat tips hemat yang bisa kamu ikuti di sini!

    News.OLX – Ketika orang melakukan renovasi rumah, banyak yang ternyata tidak melakukan perhitungan yang tepat, lho. Alhasil, uang yang mereka keluarkan lama-kelamaan melebihi budget yang sudah mereka siapkan di awal.

    Nah, kalau kamu juga ingin merenovasi rumah, seharusnya ada banyak hal yang harus kamu perhatikan supaya tidak boncos. Agar lebih jelas, kamu bisa simak beberapa tips berikut ini.

    1. Ketahui Kondisi Rumah secara Keseluruhan

    Sebelum melakukan proses perombakan, kamu harus paham betul dulu tentang kondisi rumah kamu sendiri. Jangan hanya merombak rumah karena ingin mempercantik tampilan.

    Tetapi, lihatlah juga bagian mana yang harus kamu perbaiki atau ubah agar rumah jadi lebih nyaman untuk kamu tempati. Catat dan tandai setiap bagian yang ingin kamu ubah atau perbaiki.

    Jangan lupa juga untuk berikan catatan apa yang kamu inginkan dari perubahan tersebut. Ini karena akan berkaitan dengan desain nantinya.

    2. Lakukan Riset Desain, Kontraktor dan Harga

    Bila kamu sudah tahu pasti bagian mana saja yang ingin kamu rombak atau perbaiki, sekarang saatnya melakukan riset. Mulai dari desain, kontraktor, menggunakan jasa desain interior atau tidak sampai harganya.

    Semua ini harus kamu riset lebih dulu agar tidak bingung nantinya ketika sudah eksekusi. Nah, untuk desain interior ini tidak harus selalu kamu gunakan, ya. Kamu bisa, kok, mencontek interior dari internet.

    Yang penting adalah kamu memilih kontraktor atau tukang yang tepat yang dapat merealisasikan ide dan keinginan kamu.

    renovasi rumah (1)

    3. Susun Anggaran Renovasi Rumah Sesuai Kantong

    Sekarang kamu sudah punya list nih terkait desain dan kontraktor yang ingin kamu gunakan. Selanjutnya, susunlah anggaran untuk renovasi rumah kamu dengan memasukkan harga-harga yang sudah kamu riset.

    Jangan hanya kontraktor, ya, tetapi juga masukkan anggaran untuk material dan sebagainya. Termasuk makanan untuk para tukang, ini wajib, ya!

    Nah, soal material, kamu bisa diskusikan dengan kontraktor yang kamu pilih atau bisa juga tanyakan ke toko bangunan. Pastikan anggaran yang kamu susun ini sesuai dengan kantong, ya. 

    4. Cari dan Beli Material Sendiri

    Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan agar lebih hemat saat merenovasi rumah adalah dengan mencari dan membeli materialnya sendiri. Mungkin ini tampaknya sepele, tetapi ini bisa sangat menghemat pengeluaran, lho.

    Jika kamu menyerahkan uang ke tukang atau kontraktor untuk membeli material, terkadang dana yang kamu keluarkan lebih dari yang dibutuhkan. Hal ini karena ada biaya untuk tukangnya sendiri untuk mereka membeli.

    Sedangkan, kalau kamu membelinya sendiri langsung, kamu bisa mencari mana yang sesuai budget dan keinginan.

    5. Pilih Material yang High-Quality

    Nah, tips selanjutnya ini seringkali tidak dihiraukan oleh orang-orang. Meskipun material yang high-quality ini harganya lebih tinggi, tetapi ini bisa membantu kamu lebih berhemat, lho.

    Mengapa demikian? Dengan menggunakan material berkualitas tinggi, rumah akan awet dalam jangka waktu yang lama. Tidak ada material yang akan cepat rusak meski baru kamu tinggali selama beberapa bulan.

    Sedangkan, material dengan kualitas seadanya bisa membuat pengeluaran jadi lebih boros karena lebih cepat rusak. 

    6. Cari Waktu Renovasi Rumah yang Tepat

    Terakhir, hal yang perlu kamu perhatikan saat ingin merombak rumah adalah mencari waktu yang tepat. Alih-alih memilih sembarang waktu, sebaiknya kamu membangun rumah saat sedang tidak musim hujan.

    Karena kalau sudah musim hujan, semen dan cat akan lebih lama untuk kering. Kualitas bangunan pun akhirnya bisa saja terpengaruh. Sehingga, kamu membutuhkan waktu lebih lama untuk proses pembangunan.

    Yang mana, artinya uang yang kamu keluarkan akan lebih banyak. Karena itu, sebaiknya hindari membangun rumah saat musim hujan.

    Sekian beberapa tips renovasi rumah yang bisa kamu perhatikan dan ikuti agar di kemudian hari kamu bisa lebih berhemat.

    Nah, kalau ingin mencari kontraktor atau jasa desain interior untuk rumah, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait