Minggu, Mei 26, 2024
Lainnya
    ReviewMengenal Jenis Material Kayu untuk Perabotan Rumah

    Mengenal Jenis Material Kayu untuk Perabotan Rumah

    Kayu adalah bahan ramah lingkungan untuk perabotan rumah. Ketahui jenis material kayu yang cocok furnitur kamu!

    News.OLX – Kayu adalah materi yang umum digunakan untuk furnitur atau desain interior rumah kamu. Bahan ini memiliki gaya alami dan nuansa kehangatan yang memberikan kesan nyaman.

    Saat membeli perabotan atau menggunakan interior dengan unsur ini, penting untuk memahami berbagai jenis material kayu beserta karakteristiknya. Sehingga, kamu bisa menentukan bagian terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya interior pilihan.

    Jenis Material Kayu

    Kayu memiliki banyak kegunaan praktis dalam sebuah rumah, mulai dari lantai, lemari hingga furnitur. Jadi, jika kamu berencana untuk memulai proyek renovasi atau desain berkaitan dengan unsur ini, maka sebaiknya penting untuk memeriksa jenis material kayu berikut untuk memastikan kualitas pilihan kamu.

    1. Pinus

    Pinus adalah kayu ringan dan murah berwarna kekuningan atau keputihan dengan simpul coklat. Ini sering menjadi bahan seperti meja atau hunian bergaya pedesaan.

    Kelebihannya, jenis ini mampu menyerap cat dengan baik. Kemudian menghasilkan corak yang bagus seiring bertambahnya penggunaan, serta tahan terhadap penyusutan dan pembengkakan.

    2. Maple

    Ini adalah salah satu jenis yang ideal, dan tahan lama untuk kamu jadikan materi furnitur. Warnanya cerah dan memiliki serat bercorak menarik. Teksturnya juga halus dan dapat kamu gunakan untuk membuat lantai hingga pelapis tembok. 

    kayu (3)

    3. Ek

    Ek adalah jenis yang tahan lama yang sering kamu gunakan untuk lantai dan perabot dapur. Jenis ini juga terlihat menarik dan harganya relatif murah, namun memiliki ketahanan yang baik. Sehingga menjadi opsi yang baik untuk furnitur. Cocok untuk menjadi materi penopang bangunan. 

    4. Cherry

    Salah satu karakteristik jenis ini yang paling menarik adalah warnanya menjadi gelap seiring berjalannya waktu. Sehingga memberikan tampilan cerah seiring bertambahnya waktu. Jenis ini juga relatif padat dan tahan terhadap goresan. Cocok untuk materi lemari atau pintu. 

    5. Medium Density Fibreboard (MDF)

    Meskipun banyak dari kamu menyukai nuansa mewah dari furnitur solid, ada beberapa alternatif penting yang perlu kamu pertimbangkan. Medium Density Fibreboard (MDF) adalah jenis materi produksi yang padat dan berat. 

    Jenis ini meniru tampilan butiran kayu solid. Kemudian, bisa menjadi unsur pembuatan rak buku, lemari dan masih banyak lagi. Harganya pun lebih terjangkau, fleksibel dan ramah lingkungan. 

    6. Kayu Lapis

    Ini adalah jenis tahan lama yang sering digunakan untuk menopang kursi berlapis kain, sofa, lemari, lemari pakaian, dan rangka tempat tidur. Jenis ini mampu menahan beban seperti lemari pakaian, meja rias dengan lebih efisien ketimbang materi keras dan padat.

    Itulah beberapa kayu yang bisa kamu pilih untuk komponen di hunian kamu. Kamu bisa mendapatkannya secara mudah lewat situs online. Salah satunya di OLX. Yuk download aplikasi OLX lewat Google Play Store dan App Store, dapatkan produk-produk terbaik untuk rumah kamu.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait