Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    ReviewMengenal Midjourney, AI yang Mengolah Teks Jadi Gambar

    Mengenal Midjourney, AI yang Mengolah Teks Jadi Gambar

    Tenang, untuk menggunakan Midjourney kamu nggak perlu melakukan instalasi!

    News.OLX – Midjourney sedang menjadi perbincangan publik dalam lingkup kecerdasan buatan (AI). Sebab, Midjourney dapat dianggap sebagai pesaing serius dari Dall-E yang merupakan salah satu andalan AI Art Generator.

    Hal ini bukan tanpa alasan. Midjourney dianggap lebih praktis ketika digunakan ketimbang pesaingnya itu.

    Lantas, apa saja kelebihan dari Midjourney? Untuk mengetahui lebih banyak tentang Midjourney, mari ikuti pembahasan rinci di sini.

    Apa itu Midjourney?

    Pertama-tama, mari telaah identitas Midjourney ini. Midjourney bukan hanya sebatas nama platform, melainkan juga merujuk pada nama tim pengembangnya.

    Mereka menyebut diri sebagai laboratorium riset independen dengan tim yang sederhana namun sangat berkompeten.

    Tim ini didukung oleh beberapa tokoh terkemuka, seperti Nat Friedman, yang menjabat sebagai CEO di GitHub, dan Jim Keller, yang menjabat sebagai CTO di Tenstorrent.

    David Holz, pendiri Leap Motion, memimpin Midjourney. Secara tegas, dapat dikatakan bahwa ini bukanlah tim sembarangan.

    Dalam konteks kemampuan, Midjourney memiliki potensi yang sebanding dengan Dall-E. Cara kerjanya mirip. Pengguna memberikan perintah dalam bentuk teks atau gambar, dan Midjourney akan menganalisis serta menghasilkan gambar baru berdasarkan perintah tersebut.

    Proses ini sejalan dengan Dall-E, yang telah menjadi perbincangan utama dalam dunia Pembuat Seni AI.

    midjourney (1)

    Cara menggunakan Midjourney

    Untuk mencoba Midjourney, langkah-langkahnya sangat mudah. Tidak diperlukan instalasi berbagai perangkat lunak, karena Midjourney beroperasi melalui Discord.

    Pertama-tama, pengguna perlu mengunduh dan menginstal Discord, idealnya pada desktop untuk kenyamanan maksimal. Setelah itu, masuklah ke akun Discord.

    Setelah berhasil login, buka tautan https://discord.com/invite/midjourney. Sebuah ruangan baru dengan nama Midjourney akan muncul di akun Discord pengguna.

    Di dalam Discord, terdapat ruangan yang disebut “Newcomer”. Pengguna dapat masuk ke dalam ruangan tersebut, dan di sana mereka dapat mulai memberikan perintah untuk membuat gambar.

    Prosesnya sangat sederhana: ketik “/imagine” tanpa tanda kutip, kemudian masukkan teks perintah, contohnya “seorang astronot di luar angkasa”. Setelah mengirim teks, pengguna hanya perlu menunggu beberapa detik.

    Midjourney akan memproses perintah pengguna, dan dalam sekejap, hasilnya akan muncul di Discord. Pengguna akan menerima empat variasi gambar dari satu perintah.

    Di sini, pengguna dapat memodifikasi gambar-gambar tersebut menggunakan tombol U dan V yang tersedia. Tombol U digunakan untuk meningkatkan resolusi gambar, sementara tombol V digunakan untuk menciptakan variasi gambar.

    Bagaimana cara mengakses gambar yang telah jadi?

    Caranya pun cukup sederhana. Pengguna hanya perlu mengklik gambar yang disukai, lalu memilih opsi “Open in Browser” untuk menyimpan gambar yang telah dibuat.

    Prosesnya pada dasarnya tidak terlalu rumit, namun perlu diingat bahwa karena banyak pengguna lain yang mencobanya, perintah dan hasil gambar di Midjourney dapat segera menumpuk.

    Oleh karena itu, disarankan untuk terus memantau proses agar pengguna tidak kehilangan urutan di tengah jalan.

    Selain itu, bagi yang sudah ketagihan dan ingin mendapatkan lebih banyak akses, Midjourney menawarkan opsi berlangganan dengan harga yang terjangkau, yaitu hanya 10 dolar AS per bulan, atau sekitar Rp 150.000. Pertanyaannya, apakah ini sepadan untuk hasil gambar yang luar biasa?

    Itulah cara mengakses dan memanfaatkan Midjourney, yang pada dasarnya tidak memiliki platform sendiri, melainkan terintegrasi sebagai bot di Discord.

    Meskipun demikian, prosesnya relatif sederhana. Mari segera mencobanya! Siapa tahu, kita bisa menjadi ahli di dunia Pembuat Seni AI.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait