Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    MobilMengulas Suzuki Splash beserta Keunggulan dan Kekurangannya

    Mengulas Suzuki Splash beserta Keunggulan dan Kekurangannya

    Suzuki Splash merupakan mobil hatchback yang diperkenalkan pada tahun 2008 dan langsung jadi perbincangan publik. Pasalnya, mobil dengan logo “S” ini memiliki ukuran yang mungil dan sangat cocok untuk digunakan di kota-kota besar.

    Selain itu, mobil mungin ini juga dilengkapi dengan fitur keselamatan yang cukup lengkap dan performa mesin yang responsif.

    Namun, seperti halnya mobil lainnya, city car besutan Suzuki ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai keunggulan dan kekurangan Suzuki Splash.

    Spesifikasi mobil Suzuki Splash

    1. Ukuran yang mungil

    Keunggulan pertama dari Suzuki Splash adalah ukuran yang mungil. Mobil ini memiliki dimensi yang kompak dengan panjang 3,7 meter, lebar 1,68 meter, dan tinggi 1,6 meter. Mobil ini sangat cocok untuk digunakan di kota-kota besar yang memiliki jalan yang sempit dan padat.

    Selain itu, ukuran yang kompak juga memudahkan dalam melakukan parkir di tempat yang sempit. Alhasi, mobil ini dianggap cukup dinamis dan praktis untuk digunakan.

    2. Interior lapang

    Meskipun memiliki ukuran yang mungil,  interior mobil ini tergolong lapang. Mobil ini memiliki kapasitas penumpang yang cukup besar yaitu 4 hingga 5 orang.

    Selain itu, area bagasi juga cukup lapang dengan kapasitas 178 liter yang dapat diperluas menjadi 573 liter apabila kursi belakang dilipat.

    3. Performa Mesin Cukup Responsif dan Irit BBM

    Dibekali dengan mesin bensin 1.2 liter 4 silinder, mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 86 hp dan torsi 114 Nm.

    Mesin tersebut cukup responsif dan mampu memberikan akselerasi yang baik pada mobil ini. Selain itu, mobil ini juga cukup irit bahan bakar dengan konsumsi bahan bakar mencapai 19 km/liter.

    4. Perawatan yang Mudah

    Suzuki Splash juga mudah dalam perawatannya. Mobil ini tidak memerlukan perawatan yang rumit dan biaya perawatannya pun tergolong murah. Selain itu, suku cadang dari mobil ini juga mudah ditemukan dan tergolong terjangkau.

    Kekurangan Suzuki Splash

    Meski memiliki banyak kelebihan, nyatanya mobil ini juga tak luput dari serangkaian kekurangan. Berikut adalah kekurangan Suzuki Splash.

    1. Minim fitur hiburan

    Minimnya fitur hiburan juga menjadi salah satu kekurangan pada mobil ini. Sistem audionya hanya dilengkapi dengan fungsi dasar dan tidak memiliki fitur-fitur hiburan lainnya seperti layar sentuh atau sistem navigasi.

    Hal ini tentu menjadi kekurangan bagi mereka yang menginginkan mobil dengan fitur hiburan yang lengkap.

    2. Fitur keselamatan yang minim

    Di Indonesia, Suzuki Splash dijual tanpa dilengkapi fitur keselamatan yang mumpuni. Remnya belum dilengkapi dengan ABS, begitu juga dengan fitur keselamatan pasifnya yang tidak memiliki fitur airbag.

    3. Desain yang tidak familiar

    Dikarenakan fokus pasar dari Suzuki Splash ini adalah untuk pasar Eropa, desainnya kurang disukai oleh masyarakat Indonesia. Bentuknya yang cenderung membulat dan pesek di bagian belakang membuatnya kurang disukai oleh selera orang Indonesia.

    Di Indonesia sendiri tentu saja mengidamkan desain yang sporti, futuristis dan tajam. Tidak heran hatchback dengan desain yang sporti dan tidak serba membulat seperti Suzuki Splash ini cenderung lebih laris di pasaran.

    Harga Suzuki Splash Bekas

    Suzuki Splash sendiri telah discontinue pada tahun 2016 silam. Buat kamu yang tertarik dengan Suzuki Splash. Kamu bisa mendapatkan Suzuki Splash bekas mulai dari Rp 60-100 juta tergantung kondisi dan tahun.

    Pada dasarnya, setiap mobil memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, soal pilihan, pastikan kamu telah mempertimbangkan apa yang menjadi kebutuhan kamu, ya.

    Kunjungi mobbi dan temukan mobil idamanmu atau informasi serta tips-tips otomotif menarik lainnya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di  Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait