Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    ReviewMirip ChatGPT, Apa Saja Keunggulan Claude AI?

    Mirip ChatGPT, Apa Saja Keunggulan Claude AI?

    Claude AI bisa jadi alternatif lain selain ChatGPT!

    News.OLX – ChatGPT sepertinya punya saingan baru, nih. Itu adalah Claude AI versi 2.1 yang baru saja diluncurkan Anthropic pada Juli 2023 lalu. Chatbot ini diklaim didukung teknologi model bahasa yang lebih canggih dari kompetitornya, seperti ChatGPT, Bing AI, juga Bard Google.

    Anthropic sendiri merupakan perusahaan keamanan dan riset AI yang berpusat di San Francisco, Amerika Serikat (AS). Sementara Claude AI adalah chatbot berbasis artificial intelligence (AI) sebagai tenaga utamanya. 

    Berikut ini beberapa keunggulan Claude AI dari ChatGPT seperti mengutip dari berbagai sumber.

    1. Performanya lebih mumpuni

    Dibandingkan chatbot AI ChatGPT atau lainnya, performa Claude AI lebih baik. Chatbot Anthropic ini mampu memberi respons yang lebih panjang hingga 200.000 obrolan, serta memiliki kemampuan pemrograman juga kemampuan matematika, coding dan penalaran. 

    2. Mampu memproses dokumen

    Keunggulan lain Claude AI dari ChatGPT, chatbot ini sanggup menulis dokumen panjang, seperti surat, cerita, juga buku. 

    Penggunanya juga bisa mengunggah hingga lima file dalam berbagai format dengan batasan ukuran masing-masing maksimal mencapai 10 megabita. Penggunanya pun bisa merangkum dokumen yang sangat-sangat panjang hanya dalam hitungan detik saja.

    Sebagai perbandingan, Claude AI dibekali 100 ribu unit teks, sementara ChatGPT hanya 8.000 unit teks saja. Claude AI juga mampu menerima sampai 75 ribu kata dalam setiap perintah, sedangkan ChatGPT cuma bisa menerima sekitar 3 ribu kata saja. 

    Setelah dokumen terunggah, Claude AI langsung mengolah data dan memahami konteksnya. Pengguna juga bisa mengajukan pertanyaan tambahan terkait isi dokumen yang diunggahnya.

    3. Bisa merangkum isi tautan

    Claude AI mampu menerima tautan dan menyajikan ringkasan dari isi tautan tersebut, sampai pada informasi yang spesifik, plus dengan bahasa yang lebih alami (friendly).

    Dalam perjalanannya, memang ada beberapa pengguna yang mengeluh terkait ketidakakuratan informasi rangkuman chatbot gratis ini. Tapi itu sepertinya tidak mengurangi keunggulan Claude AI dalam menyediakan ringkasan dibandingkan ChatGPT dan chatbot AI gratis lainnya.

    4. Berpengetahuan tinggi

    Claude AI memiliki pemahaman data hingga awal 2023, berbeda dengan ChatGPT yang pemahaman datanya hanya sampai di September 2021. Dengan kata lain, Claude AI lebih unggul dalam menyajikan informasi-informasi terkini.

    chatgpt

    5. Keamanan terjamin

    Keamanan pada Claude AI juga terjamin dibandingkan dengan chatbot lain. Claude AI diklaim lebih sulit diretas dan dimanipulasi, sehingga lebih aman bagi semua penggunanya.

    6. Menggunakan Claude AI mudah 

    Untuk sementara ini chatbot Claude AI baru bisa digunakan di AS dan Inggris. Jika kamu tertarik menggunakan layanan chatbot gratis ini, kamu bisa mengandalkan bantuan aplikasi VPN. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu terapkan:

    • Masuk ke website Claude AI dan login. Masukkan alamat email untuk bisa menggunakan Claude AI. Ikuti langkah verifikasi (kode dikirim ke email).
    • Setelah login, kamu sudah bisa mengajukan pertanyaan atau perintah pertamamu.
    • Ulangi pertanyaan atau perintah yang lebih spesifik jika kamu merasa jawaban kurang memuaskan.
    • Untuk mengkopi jawaban Claude AI, kamu bisa mengklik tombol ‘Copy’ yang terletak di sebelah kiri bawah jawaban.

    Itulah sejumlah keunggulan Claude AI dan cara menggunakannya. Chatbot ini bisa kamu gunakan sebagai alternatif selain ChatGPT.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya di OLX. Selain itu, kamu juga bisa cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait