Rifat Sungkar menjelaskan bahwa tombol DS (Drive Sport) di Mitsubishi XForce ini bekerja untuk memanipulasi transmisi agar bereaksi lebih cepat.
News.OLX – Model SUV terbaru dari Mitsubishi Motors kini semakin ramai terlihat di jalanan. Populasi Mitsubishi XForce dari bulan ke bulan semakin bertambah seiring peningkatan produksinya yang terus digenjot untuk mengejar angka pesanan konsumen.
Sebagai sebuah SUV, XForce memang memiliki banyak sekali keunggulan jika dibandingkan model sejenisnya. Selain desainnya yang futuristik, mobil ini juga hadir dengan keunggulan di sektor audio system-nya yang didevelop langsung oleh Yamaha.
Namun yang paling menarik adalah drive mode yang cukup beragam didalamnya. Dimana drive mode ini bisa disesuaikan dengan kondisi permukaan jalan serta kebutuhan akan tenaga mobil yang diinginkan pengendara.
Drive mode tersebut terdiri dari Normal, Gravel, Wet dan terakhir Mud. Bahkan ada juga mode Drive Sport (DS) yang sebenarnya kurang mendapat sorotan. Malah dengan menggunakan mode drive ini, pengendara bisa merasakan kemampuan lebih dari Mitsubishi XForce dalam melahap berbagai medan jalan.
“Jadi sebenarnya di mobil ini ada total delapan mode berkendara. Ada mode berkendara biasa sama DS drive mode. Untuk turunan ada satu lagi yakni Low,” jelas Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia di acara media test drive Mitsubishi XForce yang berlangsung di Yogyakarta, (4/12/2023).
Menurut Rifat, 4 mode berkendara yang ditawarkan di XForce tidak ada hubungannya dengan transmisi. Melainkan berhubungan dengan steering throttle control, AYC dan sistem pengereman.
“Empat mode tersebut, semuanya akan terkalibrasi untuk tindakan preventif yang kita lewati di jalan mana pun. Seperti kalau pas lagi hujan, kita pakai yang Wet mode, nanti throttle control-nya itu untuk gas pasti akan lebih lambat dan rem akan bereaksi,” sambungnya.
Lalu apa bedanya dengan mode DS? Kembali Rifat menjelaskan bahwa Drive Sport ini bekerja untuk memanipulasi transmisi agar bereaksi lebih cepat.
“Jadi kalau pakai DS ini, bukan ECO yang dikejar, karena orang biasanya ada kebutuhan untuk buru-buru bisa sampai tujuan, dan ada juga kebutuhan untuk menjaga fuel consumption. Di transmisi DS, semuanya akan jadi lebih cepat, semua akan ditahan lebih lama. Jadi kalau satu gigi belum sampai di RPM atas, dia gak akan oper ke gigi berikutnya. Begitu juga saat di turunan, gigi akan nahan, tidak hanya di tanjakan saja. Jadi disini ada otak pintar yang memanipulasi gearbox untuk bereaksi lebih cepat. More power dan more energy di DS ini,” sebut Rifat Sungkar.
Dan penjelasan dari Rifat ini memang tidak mengada-ada. News.OLX sempat mencobanya langsung. Fitur transmisi ini cukup mudah untuk diaktifkan. Tinggal menekan tombol DS yang ada di tuas transmisi, nanti di layar MID akan terlihat tulisan DS, itu artinya mode sport ini sudah aktif.
Benar saja, ketika berakselerasi, tarikan mesin terasa lebih lepas, pijakan di pedal gas lebih enteng dibanding menggunakan mode drive normal.
Nah, bagi pemilik XForce yang menginginkan sensasi tenaga yang lebih besar saat mengendarainya, coba deh pakai transmisi DS ini, dijamin transmisi rahasia ini bakal bikin ketagihan. Oh iya, fitur transmisi ini sebenarnya juga ada di model Mitsubishi Motors lainnya seperti Xpander dan Xpander Cross.
Dapatkan informasi menarik lainnya di OLX Member of Astra. Download aplikasinya di di Play Store atau App Store.