Jumat, Juni 14, 2024
Lainnya
    Tips & TrikModel Tangga Minimalis dan Estimasi Bujet Pembuatannya

    Model Tangga Minimalis dan Estimasi Bujet Pembuatannya

    Model tangga minimalis bermacam-macam, begitu pula dengan bujet yang harus kamu siapkan untuk membuatnya.

    News.OLX – Memiliki rumah minimalis modern tak lengkap tanpa tangga yang senada. Tangga, selain berfungsi sebagai penghubung antar lantai, juga berperan penting dalam estetika ruangan. 

    Di tengah tren desain minimalis yang kian digemari, memilih model tangga minimalis yang tepat rasa-rasanya bisa menjadi tantangan tersendiri.

    5 Rekomendasi Model Tangga Minimalis Hemat Ruang dan Aesthetic

    Untuk kamu yang memiliki rumah bertingkat dan sedang mencari model tangga minimalis yang pas, ini dia beberapa rekomendasinya:

    1. Tangga Model U

    Di antara berbagai model tangga minimalis yang populer, tangga model U tampil mencolok lantaran desainnya yang unik. Sesuai namanya, tangga ini berbentuk seperti huruf U, dengan dua landasan lurus dan terhubung pada sudut 180 derajat.

    Bentuk U yang unik ini memberikan sentuhan modern dan elegan pada ruangan. Selain itu, karena terdapat pegangan tangan di kedua sisi tangga, model tangga minimalis ini sudah pasti aman digunakan.

    Sayangnya, tangga model U butuh desain dan pembuatan yang lebih rumit. Di samping itu, biaya pembuatannya relatif mahal, sekitar Rp5 juta sampai Rp15 juta rupiah.

    2. Tangga Spiral

    Mau tangga yang unik? Tangga spiral bisa jadi pilihan tepat. Berbentuk melingkar dengan jalur landasan yang berputar ke atas, model tangga minimalis ini menghadirkan sentuhan artistik pada ruangan tanpa mengorbankan fungsionalitasnya.

    Selain itu, tangga ini membutuhkan ruang lantai yang sedikit dan bisa kamu sesuaikan dengan berbagai ketinggian dan desain ruangan. Namun, karena desainnya yang unik, pembuatan tangga spiral jelas lebih rumit. Tidak hanya itu, lebar pijakannya yang lebih sempit membatasi mobilitas.

    Untuk membuat tangga spiral, kamu sebaiknya siap-siap budget antara Rp7 juta sampai Rp20 juta.

    3. Tangga Tanpa Hand Railing

    Tangga tanpa pegangan tangan makin populer di kalangan pecinta desain minimalis modern. Desainnya yang simpel namun elegan memberikan nuansa estetika yang unik. Namun, penting untuk mempertimbangkan aspek keamanan sebelum memilih model tangga minimalis ini.

    Hal ini lantaran risiko terjatuh lebih tinggi, apalagi untuk anak-anak, lansia, dan orang dengan mobilitas terbatas. Terlebih lagi, membawa barang besar ke atas atau ke bawah tangga juga lebih sulit dan berisiko.

    Meski begitu, tidak bisa dipungkiri kalau ruangan terasa lebih terbuka dan bebas tanpa hand railing. Kalau kamu pada akhirnya menjatuhkan hati pada model tangga ini, sebelumnya wajib punya dulu modal antara Rp4 juta sampai Rp12 juta.

    4. Tangga Terapung

    Floating stairs atau tangga terapung termasuk salah satu tren desain interior modern yang tengah digandrungi. Tangga ini seolah-olah melayang di udara tanpa terlihat penyangga dari bawah sehingga menciptakan ilusi visual yang menarik.

    Kelebihan utama model tangga minimalis yang satu ini adalah hemat ruang. Alhasil, ruangan terasa lebih terbuka dan luas.

    Akan tetapi, instalasinya memerlukan keahlian dan ketelitian khusus. Selain itu, desainnya yang tampak melayang tidak jarang bikin was-was apalagi jika ada anak-anak atau lansia di rumah.

    Sementara itu, konstruksi tangga ini akan merogoh kocek sekitar Rp9 juta sampai Rp25 juta rupiah.

    5. Tangga dengan Hand Railing Kaca

    Rekomendasi model tangga minimalis yang terakhir yakni tangga dengan hand railing kaca. Kombinasi material kaca dan logam atau kayu menciptakan tampilan yang clean dan sleek, sekaligus memberikan kesan luas pada ruangan.

    Namun, faktor keamanan harus kamu pertimbangkan masak-masak. Meski kaca yang dipakai biasanya adalah tempered glass yang lebih tahan pecah, namun risiko pecah masih ada, terutama kalau terkena benturan keras.

    Sebagai gambaran, perkiraan biaya pembuatan hand railing kaca dengan panjang 1 meter adalah sekitar Rp1.500.000 hingga Rp5.000.000. Makin panjang pegangan tangannya, makin mahal pula biayanya.

    Bingung cari jasa renovasi rumah tepercaya di dekatmu? Tenang, ada OLX! Di OLX, cari tukang renovasi tinggal klik-klik aja. Kamu juga bisa membandingkan harga dari berbagai tukang untuk mendapatkan yang terbaik. Yuk, download aplikasi OLX di Google Play Store atau App Store dan wujudkan rumah impianmu sekarang juga!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait