Minggu, Juni 16, 2024
Lainnya
    Tips & TrikMudah, Begini Cara Melacak Lokasi Seseorang dari Google Maps

    Mudah, Begini Cara Melacak Lokasi Seseorang dari Google Maps

    Bagaimana cara melacak lokasi seseorang dari Google Maps secara akurat? Berikut langkah mudahnya.

    News.OLX – Melacak lokasi seseorang kini semakin mudah berkat kemajuan teknologi. Salah satu cara yang paling populer adalah menggunakan Google Maps. Bagaimana cara melacak lokasi seseorang dari Google Maps? Berikut langkah-langkah mudahnya.

    Cara Melacak Lokasi Seseorang dari Google Maps

    GMaps adalah layanan navigasi peta online milik Google. Di dalam aplikasi, tersimpan banyak informasi bisnis lokal, peta nyata kondisi suatu daerah, juga data lain seperti lalu lintas dan panorama 3600.

    Meski ini adalah aplikasi peta, ternyata GMaps bisa kamu manfaatkan untuk melacak posisi seseorang. Bagaimana cara melacak lokasi seseorang dari Google Maps?

    1. Link Location Sharing

    Untuk bisa melacak posisi seseorang menggunakan GMaps, kamu perlu mendapatkan location sharing dari orang yang hendak kamu lacak. Fitur “Location Sharing” atau berbagi lokasi memungkinkan pengguna membagikan lokasi terkininya secara real time ke orang lain, begitu pula sebaliknya.

    Saat seseorang berbagi lokasinya, kamu sebagai penerima akan mendapat email yang berisi tautan untuk melihat lokasinya di Google Maps.

    2. Buka Tautan untuk Tracking Posisi

    Kemudian, buka inbox email dan klik tautan tersebut. Setelahnya, sistem akan mengarahkan ke aplikasi Google Maps. Di layar, GMaps akan menunjukkan lokasi orang tersebut secara real-time. Dari sini, kamu bisa memantau apakah ia sedang berada di rumah atau di lokasi lain.

    Bahkan kamu bisa melihat pergerakan orang tersebut di peta Google Maps. Aplikasi ini juga memberikan informasi tambahan seperti estimasi waktu perjalanan jika kamu ingin menuju ke lokasi orang tersebut.

    Mudah bukan cara melacak lokasi seseorang dari Google Maps?

    Catatan Penting!

    Perlu diperhatikan, cara melacak lokasi seseorang dari Google Maps ini bisa sukses apabila ada tautan location sharing yang masih valid dan belum kadaluarsa.

    Sebab fitur “Berbagi Lokasi” bisa diatur durasinya, bisa pendek (beberapa menit) hingga panjang (hingga pengguna menonaktifkannya) tergantung pada pengaturan dari pemilik. 

    Selain itu, ada privasi dan keamanan yang perlu kamu jaga. Pastikan menggunakan fitur ini dengan bijak dan atas dasar kesepakatan bersama. Jika kamu ingin membagikannya, pastikan hanya berbagi lokasi dengan orang-orang yang kamu percayai.

    Di sisi lain, jangan lakukan cara melacak lokasi seseorang dari Google Maps di atas tanpa izin. Karena ponsel adalah hak privasi pemiliknya. Jadi, jangan terkesan stalker atau penguntit.

    Yuk cek OLX dan dapatkan info-info menarik lain. Untuk akses lebih mudah dan praktis, download aplikasinya melalui Google Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait