Senin, Juni 24, 2024
Lainnya
    BeritaOknum Komunitas Arogan di Jalan, Ini Kata Sony Susmana

    Oknum Komunitas Arogan di Jalan, Ini Kata Sony Susmana

    Terjadi lagi, oknum komunitas mobil bertindak arogan kepada pengguna jalan lainnya dan aksinya viral. Oknum tersebut berasal dari komunitas mobil Avanza Xenia Club Indonesia (AXCI), bukan Avanza Xenia Indonesia Club (AXIC). 

    News.OLX – Baru-baru ini ada kejadian viral lagi soal keributan antar pengguna jalan yang melibatkan oknum anggota komunitas mobil Avanza dan Xenia dengan pemilik mobil  Fortuner.

    Perselisihan ini terjadi pada hari Minggu, 10 Desember 2023 di daerah Pangandaran, Jawa Barat. 

    Video viral ini diunggah di akun @infojawabarat, memperlihatkan salah satu mobil komunitas yang sedang konvoi memotong laju mobil Fortuner kemudian berhenti. Terlihat di video tersebut pengemudi Avanza turun dengan penuh emosi menghampiri mobil Fortuner. 

    Informasi yang beredar, awal dari perselisihan ini bermula saat mobil oknum komunitas yang belakangan nama komunitasnya adalah Avanza – Xenia Club Indonesia (AXCI), tengah mencoba menyusul rombongan mobil lainnya karena tertinggal di belakang.

    Saat hendak menyalip, pengendara Fortuner tidak memberikan jalan. 

    Tak terima, oknum komunitas tersebut marah dan ketika mendapat kesempatan untuk mendahului Fortuner, mobil tersebut pun langsung memotong jalan lalu turun dengan penuh emosi.

    Bahkan oknum tersebut di dalam video terlihat hampir saja memukul pengendara Fortuner. 

    Ini pendapat pakar keselamatan, Sony Susmana dari SDCI

    Sony Susmana dari SDCI pada acara Cars and Coffee Powered by OLX Autos
    Sony Susmana dari SDCI memberikan tips mengemudi yang aman dan nyaman saat mudik lebaran 2022 pada acara Cars and Coffee Powered by OLX

    Melihat kejadian ini, Sony Susmana selaku Direktur Pelatihan dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) ikut memberikan komentarnya.

    “Jadi jika ditelusuri, masalah yang terjadi saat konvoi komunitas ini berlangsung, ada dua, yang pertama oknum yang tertinggal dari rombongan dan yang kedua adalah aksi ugal-ugalan,” terangnya. 

    Menurut Sony, ketinggalan rombongan karena alasan apapun, sangat tidak dibenarkan untuk tancap gas menyusul rombongan yang sudah ada di depan. 

    “Bahwa yang namanya lalu lintas kan gak bisa diprediksi juga. Macet atau lancar ya harus terima kondisi tersebut dengan cara antisipasi. Solusinya adalah bikin check point dalam setiap perjalanan untuk menyatukan kembali rangkaian. Karena kalau memaksakan diri sama dengan menjemput bahaya atau mendatangkan konflik dengan pengguna jalan yang lain, seperti yang terjadi di video tersebut,” lanjut Sony Susmana..

    Sedangkan persoalan yang kedua, dijelaskan Sony Susmana adalah aksi ugal-ugalan.   

    “Mungkin memang oknum tidak merasa berkendara dengan ugal-ugalan. Sebenarnya sih mereka mungkin mau agar terlihat menarik atau melakukan euforia yang berlebihan kepada masyarakat, ini loh kami….Tetapi karena caranya yang kurang elegan atau mungkin tidak adanya bekal pengetahuan bersosialisasi yang benar di jalan raya, maka jadi terlihat arogan. Apalagi anggotanya sendiri kan juga mulai dari usia muda sampai tua semua nyampur. Komunitas otomotif apapun, setahu saya punya prinsip yang sama,” tegasnya.

    Dari kejadian viral ini, Sony Susmana mengambil kesimpulan bahwa murni ini merupakan kesalahan oknum komunitas mobil. 

    “Pertama, oknum memaksakan diri untuk nyusul rombongan mungkin dengan cara-cara yang kurang sopan, sehingga membuat orang lain tidak simpatik, yang akhirnya berujung konflik. Gak heran sih kalau sampai viral,” lanjut Sony.

    “Hal kedua, harusnya oknum komunitas tersebut gak boleh menjudge atau berasumsi salah terhadap tindakan pengemudi lain. Apalagi kalau sampai harus menegur dengan cara memotong dan mendatangi, itu cara yang salah! Pasti akan timbul misscom kok.”

    “Terakhir, kalau pun alasannya karena ketinggalan rangkaian, ya fokus aja ngejar. Karena dengan kelakuannya itu, justru makin jauh ketinggalan,” pungkasnya.

    Oknum komunitas arogan bukan dari AXIC

    Sementara itu, komunitas Avanza Xenia Indonesia Club atau AXIC memberikan klarifikasi lewat surat edaran resmi dan akun Instagram resmi @avanzaxenia_indonesiaclub, bahwa kejadian yang viral ini tidak ada kaitannya dengan komunitas AXIC.

    “Arogansi yang dilakukan bukan dari anggota club Avanza Xenia Club Indonesia, dan kami bersimpati kepada korban atas kejadian yang dialaminya bersama keluarga,” tulis AXIC dalam akun resminya.

    Awalnya memang korban mengira kejadian ini melibatkan oknum dari komunitas AXIC, namun ternyata berbeda. 

    Nama komunitasnya memang nyaris sama antara Avanza Xenia Club Indonesia (AXCI) dengan Avanza Xenia Indonesia Club (AXIC). Namun AXIC bukan AXCI dan tidak ada kaitannya sama sekali.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga bisa cari mobil dan motor bekas impianmu dengan download aplikasinya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait