Jumat, Mei 31, 2024
Lainnya
    ReviewPahami 4 Perbedaan Ninja R dan Ninja SS Sebelum Membeli

    Pahami 4 Perbedaan Ninja R dan Ninja SS Sebelum Membeli

    Meski sekilas terlihat serupa, Ninja R dan Ninja SS memiliki perbedaan yang cukup signifikan, mulai dari performa mesin, desain, hingga fitur-fiturnya. Yuk, simak perbedaannya di sini!

    News.OLX – Kawasaki Ninja, ikon motor sport di Indonesia, tak lekang oleh waktu. Terutama varian 150cc 2-taknya, yang masih diburu para pecinta kecepatan hingga saat ini. Di balik kepopulerannya, Kawasaki Ninja hadir dalam beberapa varian, yaitu Ninja R dan Ninja SS.

    Bagi para calon pembeli, memahami perbedaan mendasar antara kedua motor ini sangatlah penting. Artikel ini akan menjadi panduan lengkap dalam memahami perbedaan Kawasaki Ninja R dan Ninja SS, sehingga kamu dapat memilih motor yang tepat sesuai kebutuhan dan preferensi.

    Menelusuri Sejarah Singkat Kawasaki Ninja

    Sebelum menyelami perbedaan kedua motor tersebut, mari kita telusuri sekilas sejarah singkat Kawasaki Ninja. Lahir di tahun 1984, Kawasaki Ninja 150R langsung mencuri perhatian dengan desainnya yang sporty dan performa mesinnya yang bertenaga. Motor ini menjadi primadona di masanya, dan mengantarkan Kawasaki sebagai salah satu penguasa pasar motor sport di Indonesia.

    Di tahun 1996, Kawasaki memperkenalkan varian baru yaitu Ninja 150RR. Varian ini hadir dengan perubahan desain dan mesin yang lebih disempurnakan, semakin memperkuat dominasi Kawasaki di kelas motor sport 150cc.

    Perbedaan Ninja R vs Ninja SS

    Memasuki era 2000-an, Kawasaki meluncurkan dua varian baru yaitu Ninja R dan Ninja SS. Meski sekilas terlihat serupa, kedua motor ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan, mulai dari performa mesin, desain, hingga fitur-fiturnya.

    1. Performa Mesin: Kekuatan Berbeda untuk Kebutuhan Berbeda

    Ninja R: Didesain untuk performa tinggi, Ninja R dibekali mesin yang lebih bertenaga dengan karburator Keihin PWL 26. Mesin ini menghasilkan tenaga 30.1 PS pada 10.500 rpm dan torsi 21.0 Nm pada 9.000 rpm. Performa ini menjadikan Ninja R pilihan tepat bagi pecinta kecepatan dan adrenalin.

    Ninja SS: Jika kamu mencari motor yang irit bahan bakar dan efisien untuk perjalanan singkat, Ninja SS adalah pilihan yang tepat. Dilengkapi karburator Mikuni VM 28, mesin Ninja SS menghasilkan tenaga 26.3 PS pada 10.000 rpm dan torsi 20.1 Nm pada 8.500 rpm.

    2. Desain: Gaya dan Karakter yang Unik

    Ninja R
    Ninja R (Istimewa)

    Ninja R: Mengusung desain agresif dan sporty dengan garis-garis aerodinamis yang tajam, Ninja R tampil gagah dan siap melibas jalanan. Desain headlampnya yang mirip dengan Suzuki Satria FU memberikan kesan sporty yang kental.

    Ninja SS
    Ninja SS (Istimewa)

    Ninja SS: Berbeda dengan Ninja R, Ninja SS memiliki desain yang lebih sederhana dan bergaya santai. Headlampnya yang berbentuk bulat memberikan kesan klasik dan elegan. Bagi kamu yang mencari motor dengan tampilan kalem dan stylish, Ninja SS adalah pilihan yang tepat.

    3. Fitur dan Teknologi: Kenyamanan dan Keamanan yang Berbeda Tingkat

    Ninja R: Didesain untuk performa maksimal, Ninja R dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, seperti panel instrumen yang lengkap, sistem rem cakram depan dan belakang, suspensi yang dapat diatur, dan masih banyak lagi. Fitur-fitur ini memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan aman.

    Ninja SS: Ninja SS memangkas beberapa fitur canggih yang ada di Ninja R untuk menekan biaya produksi. Hal ini membuat Ninja SS memiliki harga yang lebih terjangkau. Meski demikian, Ninja SS tetap dilengkapi dengan fitur-fitur dasar yang menunjang keselamatan dan kenyamanan berkendara.

    4. Harga Jual: Menyesuaikan dengan Kemampuan dan Kebutuhan

    Ninja R: Perpaduan performa tinggi, desain sporty, dan fitur canggih membuat Ninja R dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan Ninja SS. Ninja R dibanderol dengan harga Rp27.800.000 dengan harga yang lebih mahal daripada Ninja SS. Motor ini tersedia dengan berbagai varian warna.

    Ninja SS: Bagi kamu yang mencari motor dengan harga terjangkau dan performa yang cukup untuk penggunaan sehari-hari, Ninja SS adalah pilihan yang ideal. Ninja SS di pasaran motor bekas sekitar Rp 27.600.000 dan terdapat 2 pilihan warna yaitu merah dan hijau.

    Berikut perbedaan Ninja R dan Ninja SS secara singkat:

    Fitur Ninja R Ninja SS
    Tipe Mesin 2-Tak, Crankcase Reed Valve, Super Kips HSAS 2-Tak, Crankcase Reed Valve, Super Kips HSAS
    Kapasitas Mesin 148cc 148cc
    Diameter x Langkah 59,0 mm x 54,4 mm 59,0 mm x 54,4 mm
    Pendinginan Pendingin Udara Pendingin Udara
    Sistem Pembakaran Karburator Keihin PWL 26 Karburator Mikuni VM 28
    Tenaga Maksimum 30.1 PS pada 10.500 rpm 26.3 PS pada 10.000 rpm
    Torsi Maksimum 21.0 Nm pada 9.000 rpm 20.1 Nm pada 8.500 rpm
    Sistem Starter Kick Starter Kick Starter
    Transmisi Manual 6 Percepatan Manual 6 Percepatan
    Kapasitas Tangki BBM 10.8 Liter 10.8 Liter
    Konsumsi BBM Sekitar 20-25 km/liter Sekitar 25-30 km/liter

    Memilih antara Kawasaki Ninja R dan Ninja SS tergantung pada kebutuhan dan preferensi.

    Jika kamu mencari motor dengan performa tinggi, desain sporty, dan fitur canggih untuk memuaskan hasrat balap, Ninja R adalah pilihan yang tepat.

    Namun, jika kamu menginginkan motor yang irit bahan bakar, nyaman untuk penggunaan sehari-hari, dan memiliki desain yang stylish dengan harga terjangkau, Ninja SS adalah pilihan yang ideal.

    Selain informasi di atas, kamu juga bisa dapatkan informasi menarik lainnya di OLXDownload juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    GIIAS 2023
    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait